Belajar Membuat Rencana Hidup Dari Buku “Awe Inspiring Me”


Belajar Membuat Rencana Hidup Dari Buku "Awe Inspiring Me" 1

Sering kali saya mendengar keluh kesah perempuan mengenai kemampuannya, fisiknya, dan segala sesuatu yang membuat peluang insecure muncul. Sepanjang hari waktunya dihabiskan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat dan akhirnya tidak memiliki lagi tujuan hidup. Padahal dengan adanya insecure tersebut kamu bisa mulai membenahi masa depan kamu dengan menata kembali ke arah mana kamu akan menuju. 

Buku setebal 226 halaman ini dapat mengajak kamu menyelami mimpi dan merealisasikan mimpi tersebut untuk membenahi tujuan hidupmu. Slogan yang digaungkan di buku ini adalah “Dear Perempuan, Jadilah Luar Biasa.”

Meski buku ini khusus di tulis untuk kalangan perempuan, tetapi menurut saya ada beberapa bagian yang dapat dibaca oleh kalangan laki-laki juga. Salah satu yang dapat dibaca dan di pelajari oleh kalangan perempuan ataupun laki-laki adalah pada bab membuat rencana hidup. 

Menurut Mba Dewi Nur Aisyah sebagai penulis buku ini, untuk dapat membuat rencana hidup, ada 7 tahapan yang harus kamu lakukan. Sebelum mulai menuliskan target pencapaian hidupmu, jangan lupa siapkan kertas dan alat tulismu atau kamu bisa tulis menggunakan aplikasi apapun.

1. Tulislah target pencapaian hidupmu hingga usiamu 60 tahun (Tulis Dalam Form 1)

Dalam form ini kamu dapat menuliskan apa saja target pencapaianmu di usia tertentu. Contoh, di usia 22 tahun kamu sudah menjelajahi seluruh indonesia, di usia 23 tahun kamu berkuliah di luar negeri, di usi 25 kamu menikah, di usia 35 kamu membuat sekolah gratis, di usia 40 kamu naik haji, di usia 45 kamu menjadi bos di perusahaan yang kamu buat dan lain-lain. 

Meskipun ini hanya bayangan, tapi dalam menyusun ini kamu harus memperhitungkan dengan matang waktu yang diperlukan untuk bisa merealisasikan target yang sudah kamu tulis. 

2. Tulislah target jangka menengah (5 tahun pertama) dengan lebih detail (Tulis Dalam Form 2)

Dalam form ini kamu diminta fokus pada target 5 tahun kedepan. Kenapa? Karena yang 5 tahun ini sudah jelas arahnya akan kemana. Pada titik ini kamu sudah bisa memprediksi capaian yang kamu ingin raih. Contoh, jika kamu seorang mahasiswa semester 1 jurusan Teknik Elektro, kamu tentu sudah bisa membayangkan apa yang ingin kamu raih 5 tahun kedepan. Tentang IPK kamu, menjuarai kompetisi, lulus di tahun keberapa, magang dimana, bekerja dimana, dan lainnya. 

3. Tulislah target jangka pendek dalam waktu I tahun (Tulis Dalam Form 3)

Dalam form ini, kamu tulis target yang ingin kamu raih setiap bulannya, mulai bulan Januari hingga bulan Desember. Jika kamu seorang mahasiswa, kamu sudah bisa menjelaskan dengan lebih detail karena kamu tentü sudah memiliki bayangan kapan Akan menerima laporon İPS (İndeks Prestasi Semester), kapan akan diadakan kompetisi yang berhubungan dengan jurusan yang dipilih, kapan akan dilaksanakan magang, kapan akan dilaksanakan konferensi ilmiah yang ingin kamu ikuti. Kamu tidak  perlu takut, komu bisa menambahkan list yang kamu buat di tengah berjalannya tahun itu.

4. Buatlah target detail per 6 bulan (Tulis Dalam Form 4)

Sekarang kamu harus menuliskan rencana dengan lebih detail lagi. Dalam  form ini, penulis biasa menuliskan target  dalam menghafal Alquran setiap bulannya, target buku yang harus dibaca, serta hal-hal yang perlu di kejor 6 bulan kedepan.

5. Buatlah evaluasi pencapaian tengah tahun dan akhir tahun (tulis dalam form 5)

Ini adalah poin penting setelah kamu (berusaha) menulis rencana-rencana dan target kamu. Yaaps, evaluasi! penulis biasa melakukan evaluasi pencapaian per enam bulan. Ini akan menjadi titik refleksi terhadap apa yang kurang dan mungkin akan lebih, yang sudah Allah berikan. Disini, kamu bisa belajar memahami kelemahan dan apa yang masih bisa dikejar. Dengan melihat evaluasi ini, kamu bisa belajar untuk lebih optimis mengejar masa depan dengan perencanaan yang lebih matang.

6. Buatlah detail aktivitas penunjang setiap harinya (tulis dalam form 6) 

Dengan menggunakan form ini, kamu bisa menuliskan agenda harian yang akan kamu jalani dalam tentang waktu 1 bulan. Ini bermanfaat banget looh, karena kamu bisa mengecek jika ada jadwal bentrok atau mengecek ulang jika kamu memiliki waktu luang.

7. Buatlah peta amanah (tugas, jabatan, atau tanggungjawab) per tahun (bersifat opsional, tulis dalam form 7) 

Kalau ini sifatnya pilihan, artinya boleh buat boleh tidak. Penulis biasa menuliskan tanggungjawab yang harus di emban tiap tahunnya, kemudian di pecah dalam bentuk hal apa saja yang harus dikerjakan untuk menunaikan amanah tersebut. Melihat peta amanah ini, membuat penulis semakin bersemangat untuk menunaikan apa yang sudah dipercayakan kepada penulis, melihat kembali aktivitas diri, apakah setiap harinya sudah bercengkrama dengan kebaikan atau kesia-siaan.

Itu dia tahapan untuk membuat tujuan hidup yang kamu akan dapatkan ketika membaca buku Awe Inspiring Me. Selamat merealisasikan dan jadilah luar biasa!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurul Hidayah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap