Belajar Menulis Karakter Bahasa Mandarin dengan Metode “Radikal”

Belajar Menulis Karakter Bahasa Mandarin dengan Metode "Radikal" 1

Ketika belajar menulis karakter Bahasa Mandarin pasti ditemukan kesulitan karena harus mengingat goresan yang digunakan dalam menulis karakter tersebut. Selain itu, metode yang digunakan akan mempengaruhi bagaimana cara seseorang untuk memahami maksud dari materi yang disampaikan dalam proses belajar mengajar. Pada penulisan sebelumnya penulis telah menjelaskan 2 (dua) metode pembelajaran yang easy and fun dengan tujuan mengubah pola pikir bahwa menulis karakter Bahasa Mandarin itu mudah, yaitu metode “Piktogram” dan “Asosiatif”. Apa maksud dari kedua metode tersebut, Anda dapat melihat di link https://digstraksi.com/belajar-menulis-karakter-bahasa-mandarin-dengan-metode-piktogram-dan-asosiatif/ . Pada penulisan kali ini penulis akan menjelaskan metode pembelajaran penulisan karakter Bahasa Mandarin lainnya, yaitu metode “Radikal” atau disebut 部首 dibaca bu4 shou3, apa itu metode radikal dan bagaimana cara menggunakan dalam menulis karakter Bahasa Mandarin? Semua akan dibahas secara tuntas di artikel ini. Selamat membaca!

Metode “Radikal” atau yang disebut dengan istilah “Pictophonetic” merupakan suatu metode pembelajaran yang disajikan dalam bentuk simbol, sehingga memudahkan untuk memahami makna suatu kata. Berikut ini penulis akan memberikan contoh karakter Bahasa Mandarin dengan menggunakan metode ini:

“其” dibaca dapat diterjemahkan sebagai -nya. Jika ditambahkan radikal  氵yang memiliki arti yang berhubungan dengan air, maka kata tersebut menjadi “淇” dibaca dapat diterjemahkan sebagai nama danau, yaitu Qi He River yang terletak di Provinsi Henan, China.

Belajar Menulis Karakter Bahasa Mandarin dengan Metode "Radikal" 3
Radikal 氵ditambahkan dalam kata “其”, sehingga menciptakan arti baru, yaitu nama danau di China.Sumber: Dokumentasi Penulis

“其” dibaca  dapat diterjemahkan sebagai -nya. Jika ditambahkan radikal 土 yang memiliki arti yang berhubungan dengan tanah, maka kata tersebut menjadi “基” dibaca dapat diterjemahkan sebagai basic atau fondasi. Mengapa kata tersebut dapat diartikan sebagai fondasi? Kata “其” diilustrasikan adalah sebagai bangunan, bagaimana suatu bangunan bisa kokoh jika tidak ada 土 yang dijadikan sebagai dasar, sehingga bangunan tersebut dapat menjadi kokoh.

Belajar Menulis Karakter Bahasa Mandarin dengan Metode "Radikal" 4
Radikal 土 ditambahkan dalam kata “其”, sehingga menciptakan arti baru, yaitu dasar atau fondasi.Sumber: Dokumentasi Penulis  

“胡” dibaca  dapat diterjemahkan sebagai sebuah marga etnis Tionghoa, yaitu marga Hu. Jika ditambahkan radikal 虫 yang memiliki arti yang berhubungan dengan serangga, maka kata tersebut menjadi “蝴” dibaca Hú dapat diterjemahkan sebagai kupu – kupu.

Belajar Menulis Karakter Bahasa Mandarin dengan Metode "Radikal" 5
Radikal 虫 ditambahkan dalam kata “胡”, sehingga menciptakan arti baru, yaitu kupu – kupu.Sumber: Dokumentasi Penulis   

“下” dibaca Xià dapat diterjemahkan sebagai berada di posisi bawah.  Jika ditambahkan radikal 虫 yang memiliki arti yang berhubungan dengan unsur serangga, maka kata tersebut menjadi “虾” dibaca Xiā dapat diterjemahkan sebagai udang.

Belajar Menulis Karakter Bahasa Mandarin dengan Metode "Radikal" 6
Radikal 虫 ditambahkan dalam kata “下”, sehingga menciptakan arti baru, yaitu udang.Sumber: Dokumentasi Penulis   

Contoh diatas menunjukkan penggunaan radikal dalam menulis karakter Bahasa Mandarin. Berikut ini ditampilkan beberapa contoh radikal yang sering digunakan dalam menuliskan karakter Bahasa Mandarin, sehingga dengan adanya radikal dapat membantu pengguna untuk menebak arti dari sebuah karakter tersebut.

Beberapa contoh radikal yang sering digunakan dalam menulis karakter Bahasa Mandarin.
Beberapa contoh radikal yang sering digunakan dalam menulis karakter Bahasa Mandarin.

Demikianlah penulisan artikel hari ini semoga dapat memudahkan Anda dalam mempelajari Bahasa Mandarin. Jika ada yang masih belum paham Anda dapat mengirimkan komentar melalui kolom komentar. Jika ada kritik dan saran dapat juga dibagikan melalui kolom komentar. Jika ada kesalahan yang dilakukan oleh penulis baik secara sengaja maupun tak sengaja, maka penulis mohon maaf sebesar – besarnya. Terima kasih dan selamat beraktivitas!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ho_erik_hosan