Beli sepatu online tapi kekecilan? Kamu bisa mengatasinya dengan 5 tips ini

Beli sepatu online tapi kekecilan? Kamu bisa mengatasinya dengan 5 tips ini 1

Bagi kamu yang suka belanja online, mungkin kamu pernah mengalami, membeli sepatu sudah sesuai dengan nomor kaki kamu, tapi setelah barang datang dan kamu coba, sepatunya kekecilan. Kecewa kan? Pasti!

Yap, kebanyakan online shop memang tidak memiliki layanan boleh mencoba dulu baru bayar. Sehingga jika membeli sesuatu, pembeli berpikir tentang barang tersebut pas atau tidak di kaki kamu.

Kalau sudah begitu, sayang kan barang yang kamu beli tidak bisa terpakai. Kamu mungkin saja bisa menjualnya kembali atau memberikannya secara cuma-cuma pada orang yang memiliki ukuran yang sama dengan sepatu yang kamu beli.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kami punya 5 tips untuk mengatasi sepatu yang kekecilan. Kamu tak perlu lagi bingung, sepatu baru kamu bisa kamu pakai, meski awalnya kekecilan. Berikut tipsnya!

 

Menggunakan hair dryer

Jika sepatumu berbahan kulit atau karet, kamu bisa menggunakan hair dryer agar sepatu sempit kamu bisa lebih longgar. Caranya, gunakan kaos kaki terlebih dahulu, kemudian pakai sepatu mu yang kekecilan tersebut.

Siapkan hair dryer dan atur ke temperatur panas (high), lalu arahkan ke bagian sepatu yang sempit. Beri jarak antara sepatu dan haur dryer sekitar 10 cm agar lem pada sepatu tidak mengelupas. Agar cepat longgar, goyangkan sepatu kamu saat dipanaskan.

Setelah dipanaskan, berjalanlah sebentar dengan sepatu hingga suhunya kembali normal. Lepas kaos kaki, dan cobalah berjalan kembali. Jika sepatu belum longgar coba ulangi cara diatas, hingga sepatumu terasa longgar dan pas di kaki kamu.

 

Memasukan sepatu kedalam freezer

Memasukan sepatu kedalam freezer bisa menjadi pilihan kamu jika sepatu yang kamu miliki berbahan vinyl, suede, maupun plastik. Caranya, pertama isilah air pada kantong plastik zip lock. Kemudian masukan plastik berisi air tersebut kedalam sepatu. Masukan sepatu kedalam freezer dan diamkan semalaman. Air yang membeku dalam sepatu akan membantu merenggangkan sepatu.

Tips tambahan bila kamu menggunakan trik ini adalah cuci dahulu sepatu hingga bersih dan masukan kedalam plastik, yang rapat kemudian baru disimpan di dalam freezer. Cara ini agar bau sepatu tidak mempengaruhi makanan atau minuman yang ada dalam freezer.

 

Memasukan koran basah kedalam sepatu

Apabila sepatu yang ingin kamu longgarkan berbahan kain, kamu cukup memasukan koran basah kedalam sepatu. Caranya cukup mudah, ambilah koran secukupnya lalu basahi dengan air. Penuhi bagian dalam sepatu dengan koran basah tersebut hingga padat dan sepatu membengkak. Diamkan semalaman atau hingga koran kering dan lihatlah hasilnya.

 

Menggosokan alkohol pada sepatu

Menggosokan alkohol pada sepatu bisa menjadi alternatif melonggarkan sepatumu yang sempit. Caranya pun cukup mudah. Basahi kapas dengan alkohol lalu oleskan pada bagian yang sempit. Kemudian segera pakai sepatu tersebut dan gunakan untuk berjalan-jalan, hingga alkohol mengering. Jika bagian sepatu yang sempit adalah semua, kamu bisa menggunakan kaos kaki yang sudah dibasahi menggunakan alkohol. Kemudian pakai kaos kaki dan gunakan sepatumu untuk berjalan-jalan, hingga terasa longgar.

 

Gunakan gulungan kain atau kaos kaki

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk melonggarkan sepatu barumu yang kekecilan adalah dengan menggunakan gulungan kain. Caranya kamu bisa mengulung kain atau kaos kaki terlebih dahulu, kemudian masukan kedalam sepatu hingga padat, dan sepatu membengkak. Diamkan semalaman. Cara ini cukup efektif untuk sepatu berbahan kain, karena tidak membuat sepatumu basah.

Nah, itulah lima tips yang bisa kamu coba jika sepatumu kekecilan. Sekarang gak perlu khawatir yah, jika membeli sepatu online dan ternyata setelah kamu coba sepatunya kekecilan. Cobalah tips di atas. Semoga berhasil!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty