Benarkah Ada Rahasia Bikin Rambut Berkilau Walau Engga Ke Salon ?

Benarkah Ada Rahasia Bikin Rambut Berkilau Walau Engga Ke Salon ? 1

Rambut dikenal sebagai mahkota bagi kaum hawa. Siapapun perempuan yang memiliki rambut sehat berkilau pasti menjadi pusat perhatian. Terlebih jika ia menggerai rambutnya dan menatanya dengan baik. Tidak heran jika banyak perempuan berlomba-lomba menjadikan rambutnya terlihat shiny, sedap dipandang, enak jatuhnya, dan tertata baik dalam segala kondisi. Mau angin kencang, hujan deras, dan kemarau panjang dengan level kekeringan luar biasa.

Di artikel saya kali ini, saya hendak membagikan sedikit cerita (kalau belum bisa dibilang tips) gimana bikin rambut indah berkilau meskipun kamu jarang atau enggan ke salon. Kenapa kok saya membuat judul dengan jarang atau enggan ke salon? Karena memang meskipun memiliki rambut panjang tergerai, saya ini jarang bahkan bisa dibilang gak pernah ke salon sampai kuliah pun. Maksudnya sengaja ke salon untuk melakukan treatment rambut tertentu yah. Pas wisuda aja didandanin ala kadarnya sama ibu teman karena beliau sedikit banyak tahu soal dandan untuk event tertentu. Gitu. Jadi, mungkin ada diantara kamu yang baca juga bukan makhluk salon rutin tiap pekan atau tiap bulan demi merawat rambut? Hayuk ngumpul di siniā€¦

 

AWAL MULA MENYADARI RAMBUT BERKILAU

Benarkah Ada Rahasia Bikin Rambut Berkilau Walau Engga Ke Salon ? 3

Kira-kira kalau saya cerita kayak gini, kamu yang baca bakal ilfil gak sih? Ah, tapi saya cerita aja supaya enak sharing-nya hehe.

Jadi, saya tuh pas SMU (belum pakai kerudung) pernah punya pengalaman seru berkaitan dengan rambut. Pulang sekolah, saya terpaksa mengambil jalan memutar agak jauh menuju rumah. Saya sekolah siang, jadi pas pulang itu dah maghrib. Dua orang yang baru turun dari sebuah mobil van mengikuti saya sejak keluar dari gerbang sekolah. Mobil van itu milik produsen sampo yang kini brand ambassador-nya itu penyanyi R. Kok saya tahu? Karena pas saya diikutin dari belakang, teman saya yang rambutnya super panjang sampai sebokong itu turut ngikutin kedua agen talent scout tersebut. Besoknya dia kasih tahu saya kalau mbak dan mas itu lagi cari bintang sampo untuk iklan selanjutnya. Terus keduanya tertarik pas lihat rambutku yang berkilau dan tergerai lurus panjang hitam. Nah, teman saya, sebut saja Dea, punya rambut panjang juga. Tapi, rambut dia lepek terus dan berketombe. Makanya saya dibodoh-bodohin sama Deagitu karena menghindari kedua agen talent scout itu. Lah wong gak tertarik sama sekali jadi bintang iklan sampo gimana dong?

Dari situlah saya tahu kalau rambut saya berkilau, bagus, panjang tanpa lekuk karena memang saya jarang nguncir rambut. Hanya kalau mau olahraga, masak, dan mandi aja nguncir rambut itu. Habis itu saya telusuri deh kenapa sih rambut saya bisa begini. Perasaan biasa aja, sampoan thok, pakai conditioner pun jarang, dan gak pernah nyalon.

 

POLA HARIAN

Saya tanya sama orangtua, keduanya juga bingung kenapanya. Lah wong bapak keriwil rambutnya dan nurun ke adek sama kakak. Ibu lurus n agak wavy dikit rambutnya plus kasar juga karena sering kondean sama diblow dulu itu. Jadi gak pernah perawatan khusus pas sebelum nikahnya.

Selidik punya selidik bisa jadi rambut lurus hitam berkilau saya tuh karena pola harian saya di rumah. SD saya tuh punya peraturan ketat n disiplin banget. Jadi di rumah diterapin tidur sebelum jam sembilan malam. Bangun pagi banget sebelum subuh. Bawa bekal pula dua buah buat istirahat jam 9 sama istirahat jam 1 siang. Jadi ibu tuh sering nyiapin makanan yang lebih banyakin buah sama sayur. Saya suka semua buah. Dan buah yang paling sering saya konsumsi pagi, siang , dan sore ya pisang sama pepaya. Usut punya usut, pisang mengandung vitamin B yang bagus banget buat nutrisi rambut dari dalam. Terus tidur cukup malamnya juga bisa kasih suplai oksigen cukup buat otak yang mana folikel rambut jadi lebih kuat. Makanya rambut tumbuh dengan cakep. Oh iya, di rumah juga gak dibiasakan kebanyakan gorengan atau lemak-lemak gitu. Makanan bersantan aja jarang banget. Ibu sering masak sayur kuah bening, ikan, telur. Sementara, konsumsi daging sapi/kambing dan ayam kita jarang banget. Mungkin ada hubungannya sama golongan darah keluarga satu rumah yang semuanya A yaitu sayur buah oriented banget.

 

 

GAK NYOBA-NYOBA ANEKA PRODUK

Benarkah Ada Rahasia Bikin Rambut Berkilau Walau Engga Ke Salon ? 4

Mungkin kalau cara ini kamu terapkan sekarang rada sulit karena banyak bermunculan produk-produk untuk rambut dari berbagai merk dan kondisi rambut. Tapi, saya tuh dulu gitu. Satu sampo aja kalau udah cocok ya itu terus yang dipakai. Berhubung dah lembut habis sampoan, jadi ya saya gak pakai conditioner apapun lagi. Masker rambut pun nggak meskipun adek kasih hadiah katanya biar rambutnya awet gak patah-patah. Sampai sekarang gak tergoda juga buat coba produk lain setelah ganti ke merk sampo dewasa khusus untuk bikin fresh kulit kepala.

 

BANYAK MINUM AIR PUTIH

Air putih bisa meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Kita sekeluarga di rumah gak pernah lepas dari air putih. Selalu ingat kapan harus minum dan gak berlebihan sampai bikin beser tiap waktu.

 

TREATMENT SEPEKAN SEKALI

Adakalanya sebelum berjilbab dulu, saya sering diminta jadi among tamu pesta pernikahan adat Jawa gitu. Rambut otomatis disasak terserah penata make up-nya dong. Atau ada nikahan saudara mesti total dengan kebaya dan sanggulnya itu. Makanya, ada satu titik pas kuliah ngerasa kok ini rambut makin acur aja sih. Akhirnya, saya tanya ibu, cari tahu di internet, dan nanya sama mbak-mbak perias pas ngerias saya sebelum acara gimana cara ngerawat rambut habis rusak kena blow atau spray.

Saya ada pakai putih telur yang didiamkan selama lima belas menit lalu dibilas dengan sampoan seperti biasa. Habis itu ada lidah buaya yang saya ambil dari pot di teras sendiri. Ambil lendirnya terus aplikasikan ke rambut. Diamkan 10 menit sebelum disampo seperti biasa. Ini dilakukan sepekan sekali aja dengan bergantian. Pekan ini telur. Pekan depan lidah buaya. Buat hariannya pakai vitamin rambut merk E yang banyak dijual isi 4 satu stripnya itu. Pilih yang sesuai rambut saya aja. Treatment ini saya lakukan sampai rambut terlihat sehat kembali. Setelah itu ya hanya treatment dengan lidah buaya atau putih telur aja yang masih dilanjutkan.

 

HINDARI STRES

Benarkah Ada Rahasia Bikin Rambut Berkilau Walau Engga Ke Salon ? 5

Banyak mikir sampai stres itu pemicu juga rambut mudah rontok. Apalagi di zaman overthinking seperti sekarang. Kalau dirasa dah mulai stuck dan di ambang stres, saya lakuin hal yang saya suka aja kayak nyanyi, masak, atau nulis-nulis apa gitu di laptop.

Oke deh, segini dulu ya cerita saya soal rambut berkilau walau enggan ke salon. Kalau kamu ceritanya gimana?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ranisa Khanaf

   

Seorang Pluviophille yang temukan kedamaian dalam rintik hujan.