Benarkah Brainstorming Itu Penting?

Benarkah Brainstorming Itu Penting? 1

Dalam sebuah perusahaan, biasanya terdapat beberapa bagian atau divisi yang dibentuk oleh pemilik perusahaan atau orang yang memiliki tanggungjawab dalam kepentingan tersebut. Hal itu dilakukan untuk membuat perusahaan lebih terstruktur dan membuat sebuah pekerjaan bisa dikerjakan sesuai dengan bagiannya atau dengan ahlinya langsung.

Pada setiap bagian atau divisi tersebut, sering kali dilakukan diskusi untuk mencari ide-ide, dengan tujuan untuk membuat perusahaan bisa terus maju dan berkembang. Biasanya diskusi itu dilakukan oleh setiap anggota karyawan dengan atasan, sesama karyawan, atau juga antara pihak atasan dengan atasan lainnya. Proses untuk mencari ide-ide tersebut salah satunya dapat dilakukan dengan cara brainstorming.

Brainstorming adalah metode mencari atau menemukan ide-ide baru yang muncul dari setiap orang dengan berbagai inovasi dan juga kreativitas untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Setiap tim dalam sebuah perusahaan dapat melakukan brainstorming, karena dengan melakukan itu perusahaan akan lebih efektif dan efisian dalam mencapai sebuah target atau tujuannya.

Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat brainstorming yang bisa kita dapatkan saat mencoba atau melakukannya bersama dengan tim dalam sebuah perusahaan :

1. Mengurangi beban kerja

Saat perusahaan mendapatkan sangat banyak proyek yang harusnya segera diselesaikan, sudah pasti hal itu tidak bisa dilakukan oleh sedikit anggota, agar tidak menjadi beban yang begitu berat. Secara otomatis proyek akan dibagi-bagikan kepada setiap tim sehingga beban pekerjaan bisa lebih ringan dan dapat diselesaikan dengan tepat waktu.

Penting diketahui bahwa proyek yang akan dikerjakan harus bisa sesuai dengan bagian yang akan diberikan pekerjaan tersebut. Supaya proyek dapat dikerjakan sesuai dengan tim yang berkompeten dan sudah ahli dibidangnya. Jangan sampai proyek yang bukan menjadi bagiannya, diberikan secara cuma-cuma dengan tujuan dan hasil yang kurang maksimal. Sebaiknya pihak yang membagikan pekerjaan dapat mempertimbangankannya dengan baik dan teliti untuk mencapai target perusahaan yang diinginkan.

2. Membangun jaringan kepercayaan

Saat kita menyampaikan ide-ide kreatif yang muncul dari kepala, biasanya terjadi pro dan kontra yang menyebabkan beberapa anggota atau tim lain merasa suka dan juga tidak suka. Itu wajar-wajar saja saat terjadinya brainstorming, karena ide atau gagasan kita tidak selamanya akan cocok atau diterima begitu saja oleh sistem perusahaan. Banyak keputusan-keputusan yang telah disampaikan hanya mentah begitu saja, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa ide yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik dan benar-benar dapat membuat sebuah perubahan ke arah yang lebih baik untuk perusahaan.

Oleh karenanya, brainstorming dapat membangun kepercayaan antara anggota dan tim, sehingga bisa saling terbuka terhadap isi kepala masing-masing, bisa saling mengandalkan walau dalam keadaan atau masa-masa sulit sekalipun. Semakin besar proyek yang dikerjakan dan semakin besar sebuah perusahaan, maka tanggungjawab juga akan semakin banyak. Namun hal itu dapat dihadapi dengan baik apabila sistem kerja anggotanya yang saling membangun jaringan kepercayaan dan kompak dalam mencapai sebuah tujuan perusahaan yang lebih berkembang lagi.

3. Komunikasi yang efektif

Hal yang paling penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi adalah komunikasi. Komunikasi dapat melatih lisan dan pikiran kita menjadi orang yang bisa berbicara didepan umum, banyak mendapatkan informasi berupa saran atau masukan, dan dapat meningkatkan tingkat cara berdiskusi dengan lebih baik.

Apabila ada sebuah proyek yang akan dikerjakan maka kita perlu yang namanya komunikasi. Sehingga diadakannya kegiatan rapat untuk mencari solusi dan cara menyelesaikan pekerjaan yang membuat kita lebih banyak bertukar pikiran dan pendapat saat kerjasama tim, sehingga dapat mengasah komunikasi kita dengan lebih baik.

Komunikasi yang baik juga sebagai kunci dalam hidup bersosial diperusahaan. Kita bisa tahu informasi yang terjadi dilingkungan seperti keadaan anggota dan tim lain, informasi pekerjaan, reward perusahaan, gathering perusahaan, sosial media perusahaan dan lain sebagainya.

Demikian tiga poin manfaat dalam melakukan brainstorming pada sebuah perusahaan. Dari ke tiga poin tersebut diatas, manakah yang kamu sudah biasa lakukan dan yang belum kamu pernah lakukan? Dan adakah yang kamu ketahui manfaat lain dari brainstorming yang sudah kamu alami?

Pada intinya, brainstorming itu sangat penting dan patut dicoba bagi yang belum pernah mencoba. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya untuk diri kita sendiri dan juga bagi perusahaan yang sedang kita kelola.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fina Fauziah

   

Penulis Artikel | Moderator Online | Content Creator | Voice Over