Beragam Manfaat Dari Si Pedas Merah

Beragam Manfaat Dari Si Pedas Merah 1

Tahukah kalian readers, bahwa Cabai merah selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur juga dapat dijadikan sebagai peningkat imun?. Eits, sebelum kita membahas mengenai manfaat dari Cabai, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui lebih jauh tentang Cabai.

Cabai atau cabai merah atau lombok adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Nama latin dari Cabai adalah Capsicum annum L. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. 

sumber gambar: Google
sumber gambar: Google

Menurut Wikipedia.com, Cabai atau lombok termasuk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yang mudah ditanam di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Penanaman Tanaman cabai cocok ditanam pada tanah yang kaya humus, gembur dan sarang, serta tidak tergenang air; pH tanah yang ideal sekitar 5-6. Waktu tanam yang baik untuk lahan kering adalah pada akhir musim hujan (Maret-April). Untuk memperoleh harga cabai yang tinggi, bisa juga dilakukan pada bulan Oktober dan panen pada bulan Desember, walaupun ada risiko kegagalan. Tanaman cabai diperbanyak melalui biji yang ditanam dari tanaman yang sehat serta bebas dari hama dan penyakit. 

Manfaat dari Cabai merah ini lumayan banyak dikarenakan kandungan yang ada di dalam Cabai merah lumayan beragam mulai dari protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, air dan capsaicin. 

sumber gambar: Pinterest
sumber gambar: Pinterest

Beberapa manfaat dari Cabai :

1. Meringankan Rasa Sakit

Hal ini dikarenakan pelepasan Hormon Endorfin di dalam tubuh yang dirangsang oleh Cabai dapat berperan sebagai pereda rasa sakit alami.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Dengan kandungan vitamin B6, asam folat, kalium, dan beta-karoten yang terdapat pada cabai, Anda dapat terhindar dari serangan jantung.

3. Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Mata

Ini dikarenakan kandungan Lutein yang ada di dalam Cabai, terutama Cabai Hijau.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurut penelitian dari jurnal Appetite menunjukkan bahwa asupan 2 miligram capsaicin per hari selama 12 minggu dapat membantu mengecilkan lingkar pinggang.

5. Manfaat Cabai Menjaga Kadar Gula Darah

Sebuah studi dari Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan bahwa capsaicin berpotensi menurunkan kadar gula darah.

6. Meningkatkan Imun Tubuh

Di masa pandemi seperti sekarang, perlu untuk kita menjaga imun tubuh kita masing masing. Kandungan Vitamin C yang ada di dalam Cabai dapat bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh kita.

Itulah sedikit mengenai manfaat dari Cabai. Walaupun Cabai memberikan banyak manfaat positif, kita harus tetap menjaga porsi kita agar tidak mengkonsumsi Cabai secara berlebihan. Mengkonsumsi Cabai yang berlebihan dapat membuat kita mengalami masalah pencernaan, Maag, Asam lambung naik, dan Mengiritasi Usus dapat terjadi akibat kita memakan Cabai terlalu banyak. Seperti kata pepatah “Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik”.

Sekian Informasi dari saya, semoga bermanfaat dan memberikan dampak yang positif. Terimakasih sudah membaca.

Referensi:

https://www.alodokter.com/tak-hanya-pedas-banyak-manfaat-cabai-untuk-kesehatan-tubuh

https://id.wikipedia.org/wiki/Cabai

http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1199-bahaya-terlalu-banyak-konsumsi-makanan-pedas

https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-cabe-untuk-kesehatan/

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

20. Putu Anggie Novelia Ardana