Berakhirnya Dominasi Marc Marquez

Berakhirnya Dominasi Marc Marquez 1

Gelaran MotoGP tahun 2021 ini berlangsung menarik dimana jagoan-jagoan pembalap sejagad raya baru bermunculan, menggerus era pembalap senior yang kian hari performa nya kian menurun.

Kita tahu di era tahun 2000 an, The Doctor julukan pembalap Italia, Valentino Rossi sempat mendominasi kejuaraan bergengsi balap motor tersebut. 

Tak tanggung-tanggung, Rossi menyabet tujuh gelar juara selama ia berkiprah di MotoGP. Dominasinya memang tak tertandingi oleh siapapun waktu itu, ia menjadi raja MotoGP dengan gaya nyentrik khas ala pembalap Italia.

Beberapa tahun berselang, performa Valentino Rossi makin menurun, dominasi nya mulai diambil alih oleh pembalap Spanyol, Marc Marquez yang mulai berkiprah tahun 2013.

Baby Alien merupakan julukan pembalap yang telah mengeyam enam gelar juara selama ia bermusim di MotoGP. Namun dominasi Marquez juga tak bertahan lama, ia pun perlahan mengalami penurunan performa akibat cedera akibat kecelakaan yang ia alami. Dan muncul pembalap-pembalap baru yang mulai mengambil alih Marquez.

Berikut beberapa pembalap MotoGP yang mulai mengambil alih dominasi Marquez di saat ini.

1. Fabio Quartararo 

Berakhirnya Dominasi Marc Marquez 3

Pembalap pertama yang layak dijagokan, Fabio Quartararo, yang saat ini menjadi pemuncak di klasemen MotoGP 2021. 

Perlahan ia menunjukkan kualitasnya, dengan memuncaki klasemen sementara dengan raihan 201 poin, dan selisih 65 poin dari posisi kedua yang ditempati oleh Joan Mir yang mengalami kendala akibat cidera yang ia alami dan tampil angin-anginan disepanjang musim 2021 ini. 

Berakhirnya Dominasi Marc Marquez 4

El Diablo yang merupakan julukan dari pembalap Fabio Quartarar, tak ada yang menyangka ia tampil begitu impresif sampai saat ini, pasalnya pembalap yang baru beredar namanya sejak ia berlaga di kontes Moto3 dan Moto2 ia tampil buruk di sepanjang musim pada tahun 2019.

2. Joan Mir

Berakhirnya Dominasi Marc Marquez 5

Jagoan kedua kelas MotoGP direngkuh oleh Pembalap Prancis Joan Mir. Secara de fakto ia sudah membuktikan performanya yang cukup impresif di sepanjang musim 2021 ini.

Jika ia bisa tampil seperti tahun 2020, ia digadang-gadang bisa mampu menyaingi pembalap lain, dan bisa jadi ia akan mengkudeta Dominasi Marq Marquez selama sepuluh tahun ini.

Berakhirnya Dominasi Marc Marquez 6

Terlebih lagi ia pembalap anyar, yang masih bisa berkembang selama beberapa tahun yang akan datang. Di musim 2021 ini ia konsisten berada di jalur terbaik dengan menempatkan posisinya di urutan kedua klasemen, meski tertinggal beberapa poin dari sang pemuncak, Fabio Quartararo.

Namun penampilan Joan tak bisa diragukan lagi, mungkin butuh konsistensi besar Untuk pembalap pemula yang sedang mencari jatidirinya membuktikan jika ia juga layak untuk di perhitungkan menjadi juara dunia.

3. Jorge Martin

Berakhirnya Dominasi Marc Marquez 7

Pembalap ketiga yang juga layak diperhitungkan untuk mengambil alih dominasi Marq Marquez, Jorge Martin. Jorge secara beruntun meraih podium pertama dan finish di urutan ketiga di beberapa balapan terakhir.

Berakhirnya Dominasi Marc Marquez 8
Berakhirnya Dominasi Marc Marquez 9

Banyak yang berargumen, dominasi nya beberapa waktu ini merupakan catatan positif, mengingat ia hanya merupakan pembalap satelit, namun jika musim depan ia dijagokan untuk membela tim Repsol Honda ataupun Ducati, tak ada yang tidak mungkin jika ia akan mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

BLUTS