Berapa Liter Bensin F1 Yang Dihabiskan Dalam Satu Seri?


Berapa Liter Bensin F1 Yang Dihabiskan Dalam Satu Seri? 1

Berbicara soal ajang formula one, tentunya kita juga akan bertanya-tanya mengenai penggunaan bahan bakar di mobil F1 ini. Semua jenis kendaraan yang pentas diajang balap bergengsi ini tentunya menggunakan mesin dengan cc yang lebih banyak dengan mobil biasa.

Pastinya dengan penggunaan mesin yang jauh lebih baik, akan ditopang dengan suppy bahan bakar yang banyak pula. Mobil F1 dapat melaju dengan kecepatan sampai 400 kilometer perjamnya, jika dibandingkan dengan mobil biasa tentunya f1 melaju seperkian lipat dari mobil biasa, oleh karenanya olahraga ini dikategorikan sebagai olahraga paling mahal di dunia.

Untuk tetap terselenggara dengan baik, peserta memang harus memiliki modal besar apalagi kendaraan mereka harus tetap eksis dan terus mendapatkan perawatan setiap waktu. Untuk menempun jarak puluhan ribu kilometer setiap musimnya, mereka harus merogoh kocek hingga milyaran rupiah, salah satunya kebutuhan bahan bakarnya. Namun penyelenggaraan ajang formula one terus mengalami eksistensi, disamping itu peminatnya pun kian banyak dari waktu ke waktu membuat ajang ini tak pernah mengalami kemunduran.

Jika dalam hitungan per musim, jarak yang ditempuh mencapai 16.000 kilometer, artinya sama dengan jarak dari Kota Sabang Merauke pulang pergi. Untuk satu kali musim satu tim formula one bahkan memerlukan supply bensin sebanyak 200.000 liter dengan estimasi biaya sebesar US$440 ribu lebih. Jika nilai itu dirupiahkan mencapai Rp 5 miliar an. Angka itu dibilang sangat besar, belum lagi kalau ditotal berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan dalam setiap musimnya oleh semua tim formula one, belum lagi perawatan mobil setiap waktu, ban, juga biaya kendaraan jika terjadi kecelakaan.

Lalu berapa liter bensin yang dihabiskan setiap mobil F1 setiap serinya?

Jika dibandingkan dengan mobil biasa, yang mengkonsumsi bahan bakar satu liternya dengan jarak tempuh 12 kilometer, maka untuk satu mobil F1 satu liternya hanya dapat menempuh jarak dua kilometer saja. Borosnya konsumsi bahan bakar juga didukung dengan jarak tempuh yang lebih cepat ketimbang mobil biasa.  Sedangkan untuk putaran mesin F1 sendiri dapat menuju 20 ribu rpm. Berdasarkan aturan Federasi Balap Mobil Internasional (FIA), setiap satu mobil F1 yang melakukan tugas selesai di garis finish dalam satu seri dapat menghabiskan 140 liter bensin dengan jarak tempuh 280 kilometer setiap serinya. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap