Berbagai Metode Pencegah Karat Pada Besi

Berbagai Metode Pencegah Karat Pada Besi 1

Sebelum Anda disibukkan mencari cara menghilangkan karat pada besi, ada baiknya untuk mengetahui berbagai macam metode untuk melindungi besi dari proses korosi atau perkaratan.

Melakukan pencegahan atau memberi perlindungan pada benda-benda yang terbuat dari besi, terdiri atas 2 metode, yakni Perlindungan Permanen dan Perlindungan Sementara.

Perlindungan Permanen (Bersifat Tetap)

Memberikan perlindungan permanen terhadap besi dapat dilakukan dengan memberikan pelapisan logam atau metallic coating, seperti galvanis dan chrome, serta dengan melakukan pelapisan polimerisasi atau polymer coating seperti cat dan cor plastik.

Karena perlindungan yang diberikan kepada besi bersifat permanen, maka tidak dibutuhkan perlakuan khusus untuk menjaga besi agar tidak terkena korosi.

Berbagai Metode Pencegah Karat Pada Besi 3

Perlindungan  Sementara

Perlindungan sementara ini sifatnya temporer, artinya jika masa perlindungan sudah berakhir dan tidak dilakukan perlindungan ulang, maka besi akan mengalami korosi, dan sudah pasti harus dicarikan cara menghilangkan karat pada besi tersebut.

Perlindungan sementara terhadap benda-benda dari besi terhadap korosi ini dapat dilakukan dalam 3 metode, yakni:

  1. Metode Pelapisan Sementara, yakni menutup besi dengan lapisan minyak atau lilin. Kelebihan dari metode ini selain mudah dilakukan, yakni tinggal menyemprot atau mencelup peralatan dari besi ke dalam minyak, juga dapat member pelumasan pada peralatan besi. Sedang kekurangannya, oli serta minyak dapat menyumbat lubang-lubang pada peralatan dari besi, lapisan lilin yang mengeras harus dibersihkan dengan pelarut terlebih dahulu sebelum peralatan tersebut dipasang, dan secara periodik harus dilakukan pelapisan ulang.
  2. Metode Vacuum atau Kemasan Kedap Udara, yakni memanfaatkan silica gel untuk menjaga kelembaban dalam kemasan. Keuntungan dari metode ini selain mudah dipakai, yakni tinggal meletakkan silica gell ke dalam kemasan peralatan dari besi, juga bisa dipakai untuk mengecek kadar kelembaban udara. Sedang kelemahannya, biaya yang dibutuhkan terbilang mahal.Berbagai Metode Pencegah Karat Pada Besi 4
  3. Metode VCI (Volatile Corrosion Inhibator), yakni metode multifungsi dengan memasukkan peralatan dari besi ke dalam plastik untuk menjaga kelembaban dalam kemasan, sementara plastik itu sendiri juga berfungsi sebagai pembungkus untuk menghindarkan berbagai reaksi yang dapat menyebabkan karat. Kelebihan dari VCI selain dapat menghemat waktu dan biaya, serta mudah pemakaiannya, juga tidak memerlukan degreasing atau pembersihan kembali. VCI aman bagi lingkungan karena material yang dibutuhkan dapat didaur ulang.

Itulah beberapa metode pencegah karat pada besi sebagai tindakan preventif untuk mencegah besi terkena korosi. (*)

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.