Berhati – hati, Suka Makan Pedas Bisa Menyebabkan Daya Ingat Menurun


Berhati - hati, Suka Makan Pedas Bisa Menyebabkan Daya Ingat Menurun 1

Memang paling nikmat jika menambahkan sambal ke dalam makanan yang membuat kita makin berselera untuk makan. Tetapi, tahukah kamu bahwa mengkonsumsi makanan pedas atau yang berhubungan dengan cabai bisa meningkatkan resiko demensia atau daya ingat menurun.

Hal ini telah diteliti oleh para peniliti sekitar lebih dari 15 tahun. Menurut studi yang melibatkan 4590 orang dewasa di China berusia di atas 55 tahun telah ditemukan bukti bahwa penurunan kognitif lebih cepat pada orang – orang yang suka makan pedas atau sekitar 50 gram cabai di konsumsi setiap harinya.

Berhati - hati, Suka Makan Pedas Bisa Menyebabkan Daya Ingat Menurun 3

Zumin Shi dari Universitas Qatar, telah meniliti dan menunjukkan bahwa mereka yang suka mengonsumsi makan pedas atau 50 gram cabai setiap harinya akan lebih terkena resiko penurunan daya ingat dua kali lipat dan sangat berbahaya.

Dikutip dari Jurnal Nutrients “Konsumsi cabai ternyata bermanfaat untuk berat badan dan tekanan darah dalam penilitian kami sebelumnya. Namun, dalam penelitian baru – baru ini kami menemukan bahwa efeke buruk pada kognisi di antara orang dewasa yang lebih tua”, ujar Zumin.

Selain itu, menurut peneliti Ming Li dari University of South Australia menyebutkan bahwa “Cabai dalah salah satu rempah yang paling umum digunakan di dunia dan sangat populer di Asia dibandingkan dengan negara – negara Eropa. Di daerah tertentu di China seperti Sichuan dan Hunan, hampir satu dari tiga orang dewasa mengonsumsi makanan pedas setiap harinya”.

Mereka yang banyak mengonsumsi makanan pedas atau cabai memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dan lebih terlihat aktif secara fisik dibandingkan dengan yang non-konsumen. Para peneliti menjelaskan bahwa orang dengan berat badan yang normal mungkin akan lebih sensitif terhadapa makanan pedas daripada orang yang kelebihan berat badan, hal itu akan berdampak besar pada berat badan dan daya ingat seseorang.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap