Berhati – hatilah Saat Berenang, Bisa Terkena Kripto Yang Menyebabkan Diare


Berhati - hatilah Saat Berenang, Bisa Terkena Kripto Yang Menyebabkan Diare 1

Baru – baru ini terjadi sebuah kasus tentang wabah Kripto. Kripto adalah wabah yang dimana bisa menyebabkan penyakit diare saat seseorang berenang.

Di Amerika Serikat sudah terdapat 450 wabah kripto atau kriptosporidiosis yang menyebabkan sebuah penyakit sebanyak lebih dari 7.400 pada tahun 2004 sampai 2017. Menurut kabar dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), wabah penyakit ini asal mulanya dari sebuah parasit yang disebut kriptosporidiosis. Setiap tahunnya wabah ini terus meningkat 13 persen selama 8 periode tahun terakhir.

Berhati - hatilah Saat Berenang, Bisa Terkena Kripto Yang Menyebabkan Diare 3

Penyakit ini bisa ditemukan di dalam air dan bisa bertahan selama kurang lebih 3 minggu yang menyebabkan diare. Kriptosporidiosis adalah sebuah parasit yang dimana jika mencemari kolam renang atau danau akan memicu sebuah wabah penyakit. Bahkan kolam renang pun masih bisa tercemar oleh parasit ini kurang lebih 10 hari walaupun sudah diklorinasi atau di bersihkan.

Cara seseorang terinfeksi atau terkena wabah penyakit ini adalah dengan cara dia tidak sengaja menelan air kolam renang yang sudah terkontaminasi oleh kriptosporidiosis. Pada tahun 2009 sampai 2017 kira – kira sebanyak 400 wabah kripto ini tercatat 35 persen sudah menyerang dan mencemari kolam renang, danau atau sungai dan terus meningkat. Walaupun pada umumnya kriptosporidiosis adalah wabah yang kerap terjadi pada kolam renang, bukan berarti itu adalah yang paling berbahaya. Hewan ternak justru adalah sumber utama dari wabah tersebut.

Selain itu, ternyata sari apel mentah dan susu mentah juga bisa memicu terinfeksinya kripto dalam jumlah 5 persen. Wabah ini juga bisa menular jika kamu bersentuhan dengan orang yang sudah terkontaminasi dengan kripto tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah anak – anak karena mereka yang belum mengerti dan tahu banyak untuk mencuci tangan dengan baik dan sendiri lebih mudah terinfeksi wabah tersebut.

Dikutip dari Fox News, “Kami sudah melakukan tes laboratorium terkait kriptosporidiosis yaitu bakteri, virus dan parasit yang dapat menyebabkan diare”, kata Dr Randhika Gharpure dari CDC.

Agar terhindar dari wabah tersebut, CDC menghimbau bahwa saat berenang seseorang tidak menelan air kolam renang dan lebih rajin untuk mencuci tangan dengan sabun, terutama setelah dari toilet, mengganti pembalut, popok atau menangani hewan yang sedang sakit.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap