Berkenalan Dengan Android 10 dan Keunggulannya


Berkenalan Dengan Android 10 dan Keunggulannya 1

Di zaman yang serba modern saat ini, pengguna teknologi kian hari kian bertambah. Contohnya penggunaan gawai di berbagai kalangan baik dari anak-anak hingga orang tua. Hal tersebut memicu beberapa perusahaan berbasis teknologi untuk mengembangkan dan memperbarui sistem operasi yang dimilikinya guna meningkatkan efesiensi penggunaan.Seperti yang dilakukan oleh Android pada September 2019 lalu. Kehadiran Android versi 10 ini digadang-gadang bakal memberikan 10 fitur baru yang tentunya akan semakin mempermudah penggunanya.Penasaran kan apa saja 10 fitur baru tersebut? Artikel kali ini kita akan membahas mengenai 10 fitur baru dari android 10 serta keunggulannya. Mari kita simak.

Bagi pecinta Android, tentunya sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi Android yang selalu menggunakan nama-nama makanan di versi terbaru mereka. Lalu mengapa pada versi ini Android menggunakan angka? Alasannya cukup sederhana karena tidak ada nama makanan yang berawalan huruf Q sesuai dengan penamaan alfabetis dari sistem Android. Selain itu, Android juga ingin mengglobalkan penggunaan angka agar para penggunanya bisa mengetahui apakah mereka sudah menggunakan versi terbaru atau belum. Berikut 10 fitur terbaru serta keunggulannya dari Android 10.

1. Teks Otomatis

Terkadang ketika kita memutar video, podcast ataupun rekaman audio, kita membutuhkan teks sebagai penunjang untuk memahami isi audio tersebut. Android 10 menyediakan teks otomatis bagi penggunanya tanpa menggunakan wifi ataupun data seluler. Cukup dengan sekali ketuk maka teks otomatis akan muncul. Praktis bukan?

2. Smart Reply

Siapa disini yang sering bingung dalam membalas pesan? Sekarang tak perlu bingung lagi karena Android 10 menyediakan saran balasan untuk pesan. Selain saran pesan, kita juga akan mendapatkan saran tindakan.

3. Amplifier Suara

Fitur ini membuat kita dapat mendengar suara yang lebih jelas dan jernih karena Android 10 telah meningkatkan suara, memfilter derau latar belakang, dan menyesuaikan setelan suara sesuai selera. Fitur ini sangat berguna bagi kita yang melakukan aktivitas serba online selama pandemi. Misalnya saat sedang kuliah atau pun rapat kerja. Cukup gunakan headphone, lalu kita dapat mendengar suara dengan lebih jelas.

4. Navigasi Gestur

Adanya peningkatan navigasi gestur yang lebih responsif dan intuitif tentunya mempermudah kita ketika menggeser, menarik layar, dan maju atau mundur untuk membuka aplikasi.

5. Tema Gelap

Kesehatan mata harus dijaga sehingga Android 10 terinspirasi untuk mengeluarkan fitur tema gelap. Selain dapat menjaga kesehatan mata, fitur ini juga dapat menghemat baterai.

6. Kontrol Privasi

Android 10 menyediakan kontrol privasi yang ketat. Sehingga kontrol privasi benar-benar berada di tangan kita. Tidak perlu khawatir lagi data-data di handphone akan tersebar karena kita dapat memutuskan sendiri waktu dan cara untuk membagikan data di perangkat.

7. Kontrol Lokasi

Kontrol lokasi bertujuan untuk mengontrol kapan lokasi kita boleh dibagikan dengan aplikasi. Sehingga keamanan pengguna dapat terjamin.

8. Update Keamanan

Seperti versi sebelumnya, Android sudah mendapatkan update keamanan yang rutin. Di versi terbaru, pengguna akan mendapatkannya dengan lebih cepat dan mudah.

9. Mode Fokus

Apabila kita ingin berkonsentrasi penuh dalam mengerjakan suatu hal, kita bisa menggunakan mode fokus. Di fitur terbaru ini kita bisa memilih aplikasi untuk dijeda sementara.

10. Family Link

Fitur Family Link berguna untuk memandu penggunaan gadget pada anak-anak. Kita bisa menetapkan batasan waktu pemakaian, melihat aktivitas aplikasi serta mengelola batasan aplikasi dan konten yang bisa digunakan.

Walaupun saat awal perilisan Android 10 ini hanya dapat digunakan oleh pengguna dengan tipe dan merk smartphone tertentu, namun memasuki tahun 2020 seluruh pengguna Android diwajibkan untuk menggunakan Android 10 di smartphone mereka. Jadi, apakah Kamu tertarik untuk menggunakan Android 10? Atau jika Kamu sudah menggunakan Android 10, apakah kamu sudah puas dengan fitur-fitur yang diberikan?


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sylvianidya

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap