Bersihkan Rumah di Malam Hari dan Rasakan Manfaatnya!


Bersihkan Rumah di Malam Hari dan Rasakan Manfaatnya! 1

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Kuman, bakteri dan virus sangat mudah berkembang biak di tempat yang kotor. Ketika bangun pagi, apa yang pertama terlintas di pikiran? Ya. Bersih-bersih rumah seperti menyapu, mengepel, membuang sampah dan mencuci piring kemudian baru persiapan bekerja atau mengerjakan hal lain.

Membersihkan rumah dan perabot harus menjadi agenda rutin yang dilakukan setiap hari. Rumah yang bersih selain menghindari kuman dan bakteri juga akan terlihat lebih nyaman dihuni. Simak yuk, manfaat membersihkan rumah di malam hari:

  1. Tikus dan serangga tidak akan datang. Tikus, kecoa, semut dan laba-laba sangat gemar berada di tempat yang kotor seperti di sampah atau tempat cucian piring yang menumpuk. Selain dapat membuat sampah berantakan, serangga dan tikus juga dapat mengotori meja makan dan dapur atau bahan makanan sehingga membuat kita mudah sakit. Serangga tersebut juga dapat membawa kuman masuk ke dalam rumah kita. Jika semua sampah dan piring kotor sudah dibersihkan maka tikus dan serangga tidak akan datang.
  2. Tidur lebih rileks. Tidur dalam kondisi kamar dan rumah yang berantakan akan membawa aura negatif. Begitu juga sebaliknya, tidur dalam kamar yang bersih dan wangi akan membuat kita menjadi nyaman dan rileks sehingga tubuh mendapatkan istirahat yang berkualitas. Gunakan pembersih dengan aroma terapi yang dapat menenangkan agar tidur kita menjadi lebih nyenyak. 
  3. Pagi hari lebih bersemangat. Pernah mengalami pagi hari sangat repot karena banyak yang harus segera dikerjakan namun kita menjadi malas karena rumah kotor? Lingkungan rumah yang kotor akan membuat kita enggan untuk mengerjakan pekerjaan atau bersiap menjalankan aktivitas. Karena dalam pikiran kita sudah terbayang banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Menyapu, mengepel, merapikan ruangan, memasak baru kemudian bisa mengerjakan pekerjaan yang lain atau berangkat kerja.
  4. Lebih santai. Jika rumah sudah dibersihkan sebelum tidur, maka aktivitas pagi bisa lebih santai karena satu kewajiban sudah selesai. Dengan begitu kita dapat menikmati sarapan tanpa harus takut kesiangan datang di kantor. Suasana pagi yang tenang akan membuat semangat bekerja datang. Sebaliknya, jika pagi hari kita sudah riweh dengan aneka pekerjaan rumah, hal tersebut dapat berakibat kurang fokus pada pekerjaan kantor.

Bukan hanya bagian utama rumah saja. Kita juga harus membersihkan lingkungan sekitar rumah sehingga tikus, kecoa dan binatang lain tidak bersembunyi di tempat tersebut. Jangan lupa juga membersihkan kamar mandi dan peralatan yang biasa digunakan untuk bersih-bersih.

Untuk barang-barang tertentu yang jarang digunakan, bersihkan secara berkala, misal sebulan sekali. Jangan menyimpan sampah di dalam rumah. Begitu kegiatan bersih-bersih selesai segera buang sampah. Pisahkan sampah organik dan organik agar mudah di daur ulang.  

Menunda pekerjaan membersihkan rumah sama saja mengundang kuman dan penyakit untuk datang. Rumah yang kotor juga akan menyebabkan mood menjadi kurang baik. Yuk  coba ubah kebiasaan membersihkan rumah di pagi hari! Manfaatnya akan kita rasakan sepanjang hari. Kita bisa jadi lebih produktif dan lebih bersemangat. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap