Bersikap Jujur harus Dimulai Sejak Dini


Bersikap Jujur harus Dimulai Sejak Dini 1

Kejujuran merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan kita saat ini dikarenakan dengan jujur akan membawa kesuksesan bagi diri sendiri dan bagi negeri ini. Seperti halnya korupsi, korupsi itu adalah tindakan atau praktik kotor yang sangat berbahaya karena memberikan derita, sengsara dan juga kemiskinan bagi bangsa dan negara.

Korupsi itu adalah bentuk dari ketidakjujuran dalam bekerja dan dalam mengemban jabatan sehingga tergiur oleh nafsu dan godaaan uang yang banyak. Sebab itulah, melawan korupsi dapat dilakukan dengan melatih kejujuran.

Pada saat ini, korupsi itu sudah menyebar dan tak terhindarkan lagi. Sudah banyak kasus korupsi terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, korupsi sangat memprihatinkan. Kalau tidak segera dicegah maka kita akan makin menderita.

Melatih kejujuran itu dapat dilakukan sejak dini, yaitu kepada anak-anak kita. Anak-anak harus diajari apa itu kejujuran, apa manfaatnya dan apa dampak buruknya agar anak kita mengerti pentingnya kejujuran.

Setelah itu, tunjukkan pada anak cara menerapkan kejujuran itu dalam kehidupan dengan tindakan di rumah maupun di lingkungan sekitar. Yakinkan anak pada kebenaran sebuah cerita dan kejujuran dalam menyampaikan sesuatu hal maupun cerita kepada orang lain.

Ilustrasi via pasundanekspress.co
Ilustrasi via pasundanekspress.co

Anak harus terus disugesti tentang kejujuran dan tindakan yang mencerminkan kejujuran tersebut. Jika hal tersebut dilakukan sejak dini maka dampaknya akan sangat baik dan bermanfaat.

Selanjutnya, jika anak berbohong atau tidak bersikap jujur, maka beri saja sanksi atau hukuman yang tetap mengedepankan cara-cara humanis dan tidak menyakitkan anak. Semua itu agar anak sadar bahwa dia telah melakukan kesalahan dengan tidak bersikap jujur atau berbohong. Sanksi atau hukuman itu adalah pelajaran yang baik pada anak untuk bisa berubah dan lebih baik.

Sejak dinilah anak paling gampang diajari tentang kejujuran. Ketika sudah besar, maka akan semakin sulit untuk mengajarinya karena anak yang sudah beranjak remaja maupun dewasa biasanya sulit untuk dididik atau diajari. Selalu saja ada niat untuk melawan perintah orangtuanya.

Kalau diajari mengenai kejujuran kepada anak yang sudah beranjak remaja maupun dewasa maka sudah kurang efektif sebenarnya. Sebab itu, sejak dini mengajari anak betapa pentingnya sebuah kejujuran adalah sesuatu yang efektif.

Kejujuran itu akan memberikan dampak yang begitu baik bagi kehidupan kita saat ini. Sudah sulit mencari orang yang jujur saat ini sehingga kita krisis kejujuran.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Juandi M

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap