Beyond Evil: Drama Bromance yang Bikin Baper

Beyond Evil: Drama Bromance yang Bikin Baper 1

Beyond Evil adalah drama Korea Selatan yang belum lama selesai tayang. Bercerita tentang Lee Dong-Shik (Shin Ha-Kyung), dan Han Joo-Won (Yeo Jin-Goo). Dua orang polisi yang dipasangkan menjadi satu tim oleh kepala kantor kepolisian Manyang. Sebuah kantor polisi setara polsek di Indonesia.

Lee Dong-Shik, dan Han Joo-Won memiliki latar belakang, dan karakter yang berbeda.

Lee Dong-Shik merupakan putra daerah yang oleh rekan-rekannya dianggap agak gila. Kadang dia melakukan hal yang oleh rekan-rekannya dianggap tidak penting. Misalnya, menangkap segerombolan emak-emak yang bermain kartu dengan taruhan uang satu, dua sen. Ujung-ujungnya itu dianggap merepotkan  saja bagi rekan-rekan sekantornya. Walaupun demikian, teman-teman dan bahkan atasannya sangat loyal kepada Dong-Shik.

Sumber: drama Beyond Evil
Sumber: drama Beyond Evil

Sedangkan Han Joo-Won adalah polisi lulusan terbaik. Anak seorang polisi senior berjabatan tinggi. Jalan ke masa depan seolah sudah terhampar lebar di hadapannya. Berkebalikan dengan Dong-Shik, Han Joo-Won berkepribadian kaku. Malas makan-makan bersama rekan-rekannya selepas jam kerja. Enggan bersentuhan kulit. Sukar menerima kebaikan, dan keramahan orang lain. Pendek kata, dia selalu mengambil jarak dengan orang lain.

Sumber: drama Beyond Evil
Sumber: drama Beyond Evil

Di balik semua perbedaan di antara keduanya, mereka menyimpan ambisi yang sama: mengungkap misteri pembunuhan berantai di kota kecil itu. Pembunuhan pertama sudah terjadi lebih dari dua puluh tahun yang lalu namun pelakunya belum terungkap hingga saat itu. Korbannya sudah ada delapan. Semuanya perempuan. Salah satu korban adalah adik kembar Lee Dong-Shik sendiri. Dan Dong-Shik pula yang sempat menjadi tersangka utamanya, dua puluh satu tahun yang lalu.

Dengan perbedaan dan ambisi tersebut, Lee Dong-Shik, dan Han Joo-Won tidak dapat bekerja sama dengan baik. Hubungan keduanya selalu tegang. Lebih-lebih lagi, masing-masing menyimpan kecurigaan kepada satu sama lain. Han Joo-Won tak pernah mencoret nama Lee Dong-Shik dari daftar tersangka pembunuhan berantai itu. Sedangkan Lee Dong-Shik pun yakin, Han Joo-Won menyimpan rahasia mengenai korban terakhir yang mereka temukan bersama.

Namun ketika satu demi satu misteri terkuak, ketika semua semakin benderang, semakin jelas pula terlihat bahwa mereka berdua sesungguhnya sama. Dua orang polisi yang lurus. Yang selalu menempatkan keadilan, dan kemanusiaan di tingkat yang teratas.

Mulai dari episode-episode pertengahan, Han Joo-Won mulai dapat tersenyum, mulai menjadi pribadi yang hangat. Namun di saat itu juga, Han Joo-Won yang masih muda ditempa masalah-masalah berat. Lee Dong-Shik yang sudah jauh lebih dewasa pun mulai memperhatikan rekannya tersebut. Walaupun tetap enggan mengakui secara terang-terangan.

Drama Beyond Evil bukan melulu menceritakan ketegangan misteri pembunuhan berantai. Konflik psikologis kental mewarnai. Kejahatan-kejahatan yang dilakukan dilatari berbagai motif. Ambisi. Kecemburuan. Rendah diri. Ketidakjujuran. Rasa bersalah. Ketamakan. Semuanya memuakkan. Sungguh, manusia bisa sangat memuakkan.

Namun, di antara manusia-manusia yang menyimpan kegelapan di dalam dirinya, masih lebih banyak lagi manusia berhati baik. Mereka bukan manusia suci. Mereka bukan manusia yang tidak pernah berbuat salah. Namun mereka adalah orang-orang yang dapat kita percaya. Percaya bahwa kita aman hidup di antara mereka. Percaya bahwa saat kita jatuh, selalu ada orang lain yang suka rela menangkap kita. Bahkan bahagia jika dapat memberi manfaat bagi orang lain.

Demikian juga hubungan antara Lee Dong-Shik, dan Han Joo-Won. Berawal dari hubungan yang kaku, dan tegang, mereka berdua akhirnya menjadi seperti saudara. Saudara yang saling menjaga. Saudara yang mau berkorban untuk satu sama lain. Persaudaraan yang membuat saya menitikkan air mata haru.

Ya, walaupun drama ini sama sekali tidak mengandung kisah romance, tapi kisah bromance-nya tidak kalah membuat baper penonton.

Sumber: drama Beyond Evil
Sumber: drama Beyond Evil

Bagi pembaca yang belum sempat menonton drama ini, saya harap apa yang saya tulis di sini tidak menjadi spoiler. Sungguh, misteri drama ini berlapis-lapis, dan sangat menarik untuk diikuti. Yang patut dicatat pula, product placement di drama ini sama sekali tidak norak. Bagi saya, ini memberi nilai lebih. Drama ini menjadi drama yang berkelas.

Menurut saya, drama ini layak menjadi drama terbaik Korea Selatan di tahun ini. Dan Shin Ha-Kyung, pemeran Lee Dong-Shik yang agak gila, layak meraih predikat pemeran utama terbaik.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Warna Dunia