Bingung Cari Judul Skripsi? Berikut Beberapa Ide Yang Mungkin Bisa Kamu Gunakan!

Bingung Cari Judul Skripsi? Berikut Beberapa Ide Yang Mungkin Bisa Kamu Gunakan! 1

Bagi mahasiswa semester akhir di era Covid 19 yang tak kunjung berakhir ini, mencari ‘masalah’ atau lebih tepatnya, judul untuk skripsi tentunya terasa begitu berat karena sudah pusing mengurus masalah-masalah yang lain. Sama, saya juga.

Berikut saya akan berikan beberapa ide yang mungkin bisa kalian gunakan untuk mengajukan skripsi! Atau mungkin akan membuat kalian mendapatkan ide baru untuk skripsi kalian!

1. Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemik Covid 2019

Bukan merupakan ide yang baru, memang. Skripsi tentang pembelajaran jarak jauh sudah diteliti oleh beberapa mahasiswa yang –mungkin–  sudah lulus tahun 2020 lalu, atau mungkin sepanjang 2021 hingga bulan Juli kemarin. Namun tetap saja, kalian masih memiliki peluang untuk mengajukan judul skripsi dengan tema yang mirip namun berbeda karena banyaknya pelajaran yang dimiliki siswa atau mahasiswa!

Sebagai mahasiswa, kalian bisa membuat skripsi:
* tentang pembelajaran online yang kalian dan teman sekelas atau teman seangkatan yang sama-sama mengalami pembelajaran online.
* Atau kalian bisa melakukan penelitian pada siswa sekolah dari jenjang SD hingga SMA.
* Jangan khawatir jika judul penelitian yang ingin kamu ajukan sudah ada di internet, kalian bisa mempersempit penelitian kalian pada satu mata pelajaran khusus atau bahkan satu materi pelajaran khusus.

Sebagai contoh:
* pembelajaran jarakjauh di masa pandemik pada SD M
* Pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi siswa di masa pandemik
* e learning mata pelajaran matematika selama pandemi covid 19
* pendapat siswa tentang belajar online selama pandemik

Terakhir bagi ide skripsi yang satu ini, kalian bisa melakukan penelitian ini dengan penelitian kualitatif maupun kuantitatif.

2. Analisis Kepuasan Pelanggan

Lagi, bukan sebuah ide yang baru. Namun sekali lagi, kalian bisa menganggapnya baru dengan tambahan “Di Era Covid 19” di belakang judul skripsi kalian. Sama seperti nomor 1, kalian bisa melakukan penelitian ini di perusahaan apapun, atau bahkan di satu minimarket tertentu di daerah kalian. Pengguna layanan tertentu, dan lain sebagainya. 

Untuk contoh yang lebih spesifik, kalian bisa mengajukan skripsi tentang
*kepuasan pelanggan terhadap paket internet kartu X selama masa pandemik,
*kepuasan pelanggan toko A di wilayah B,
*kepuasan pelanggan wifi R di wilayah S,
*kepuasan pelanggan produk E di wilayah F
 dan lain-lain.

3. Analisis Antrian

Siapa tidak kenal dengan kata antrian? Di hari-hari biasa sebelum masa pandemik, analisis antrian yang biasa dilakukan adalah analisis antrian bank atau spbu, paling keren ya antrian pembelian tiket pesawat online.

Dalam era pandemik, banyak antrian yang bisa kalian analisis seperti:
*Antrian barang yang dipesan online, 
*antrian makanan yang di pesan online,
*antrian orang yang ingin di vaksin,
*antrian pekerja di stasiun kereta,
dan antrian-antrian lainnya yang bisa kalian pikirkan selain yang sudah saya sebutkan.

Dalam analisis antrian, kalian akan mencari tau bagaimana kinerja antrian, kalian juga bisa mencari tau apakah sistem antrian sudah stabil atau belum, dan bagaimana cara membuatnya stabil.

Sekian untuk ide-ide yang mungkin bisa kalian gunakan untuk skripsi kalian. Semoga tulisan ini bermanfaat! Terima kasih sudah membaca!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Laurent