Bingung Membuat CV Ta’aruf? Begini Isi Lengkapnya


Bingung Membuat CV Ta'aruf? Begini Isi Lengkapnya 1

Ta’aruf merupakan istilah dari proses perkenalan yang biasanya pada tahap ini dilakukan oleh sepasang muslim yang akan menikah. Biasanya dalam proses ta’aruf ada yang sudah saling kenal namun tidak pernah berkomunikasi, dan ada juga yang belum saling kenal sama sekali. Tujuan utama dari proses ta’aruf ini untuk tahap saling mengenal saja sebelum masuk ke jenjang yang lebih serius yaitu khitbah (lamaran) dan akhirnya memutuskan untuk menikah.

Pada proses ta’aruf salah satu pihak boleh menerima dan boleh menolak jika merasa ragu atau tidak cocok satu sama lain dengan penolakan yang baik. Bagaimana cara kamu melihat cocok atau tidaknya proses ta’aruf ini? Kamu bisa lihat dari CV Ta’aruf yang sudah saling ditukarkan. Dari CV itulah kamu bisa mengetahui latar belakang seseorang yang mengajukan ta’aruf dengan kamu. Untuk kamu yang penasaran dan ingin tau apa saja yang tertera dalam sebuah CV Ta’aruf, berikut isi lengkapnya.

1. Identitas Pribadi

Pada identitas pribadi sama seperti CV yang dibuat untuk melamar pekerjaan namun lebih lengkap lagi meliputi nama lengkap, nama panggilan, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon yang dapat dihubungi, alamat rumah, pekerjaan, gaji bulanan, e-mail, akun media sosial, tinngi badan, berat badan, anak keberapa dan berapa bersaudara.

2. Identitas Keluarga

Pada identitas keluarga dapat dituliskan nama kedua orang tua, pekerjaan orang tua, pendidikan terakhir orang tua, dan alamat orang tua tinggal.

3. Riwayat Pendidikan dan Target Masa Depan

Pada riwayat pendidikan dapat dirinci pendidikan yang sudah ditempuh mulai dari yang dasar hingga yang terbaru. Sedangkan untuk target masa depan dapat kamu tulis sesuai target yang kamu sudah rencanakan, misalnya target 5 tahun ke depan ataupun 10 tahun kedepan kamu bisa tuliskan dengan detail ataupun dalam bentuk point-point.

4. Daftar Guru yang pernah mengajari

Pada daftar guru yang pernah mengajari kamu, kamu dapat merinci guru-guru tersebut supaya pihak yang akan bertukar CV dengan kamu dapat melihat track record guru-guru yang telah mengajari kamu dalam sekolah formal ataupun non formal.

5. Kelebihan

Pada daftar kelebihan, kamu dapat menulis semua kelebihan yang kamu miliki mulai dari kelebihan dalam sikap (ex: sabar, bertanggungjawab) dan kelebihan dalam bidang pendidikan (ex: menjuarai berbagai macam lomba matematika, fisika, bahasa inggris dll) ataupun hobi (ex: sudah menerbitkan buku, menjuarai catur tingkat nasional dll)

6. Kekurangan

Pada daftar kekurangan, kamu dapat menuliskan semua kekurangan yang kamu miliki baik kekurangan fisik (ex: gigi tidak rata, tidur mendengkur dll) ataupun kekurangan dalam sikap (ex: mood swing, sensitif dll)

7. Cita-cita atau Visi dan Misi

Dalam daftar cita-cita atau visi dan misi kamu dapat menuliskan visi kamu untuk menikah itu apa, dan tuliskan secara rinci bagaimana kamu mewujudkan visi kamu melalui misi yang akan dilakukan selama menikah.

8. Kriteria Pasangan

Pada daftar kriteria, kamu dapat menuliskan kriteria apa yang kamu inginkan. Biasanya dalam kriteria orang-orang cenderung merinci kriteria fisik, pendidikan, pekerjaan, gaji bulanan, dll sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

9. Foto terbaru

Supaya pihak yang akan bertukar CV dengan kamu bisa lebih mengenal kamu. Maka dalam CV yang kamu buat harus melampirkan foto terbaru kamu. Foto yang kamu cantumkan sebaiknya full body supaya dapat terlihat jelas oleh pihak yang akan bertukar CV dengan kamu.

Nah itu dia daftar yang harus ada dalam CV Ta’aruf yang ingin kamu buat, semoga membantu kamu untuk menemukan jodoh lewat jalur kebaikan ini ya!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurul Hidayah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap