Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ikuti Tips-Tips Berikut Ini


Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ikuti Tips-Tips Berikut Ini

Halo semuanya bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian senantiasa diberi kesehatan dan kebahagiaan.

Oke, kali ini saya akan membahas sebuah topik yang sering menjadi sumber kegelisahan remaja yang sedang duduk di bangku SMA atau sederajat.

Saya pun juga sempat bingung saat harus memilih jurusan yang ingin saya masuki di dunia perkuliahan

Pada waktu itu (bahkan sampai sekarang) saya adalah tipe orang yang senang mencoba hal baru. Hal itu membuat saya bingung “Sebenarnya bidang mana sih yang cocok dengan saya?”.

Nah, untuk kalian yang merasakan hal serupa yaitu bingung memilih jurusan di perkuliahan berikut ini saya ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan.

Hal yang paling penting adalah ketahui atau cari tahu hal apa yang anda sukai atau hobi. Misalnya menggambar, menyanyi, olahraga, dan sebagainya.

Tidak harus hanya 1, kalian bisa menuliskan banyak hal di situ. Setelah itu kalian cari tahu jurusan apa yang berkaitan dengan hal-hal yang kalian senangi tersebut.

Dari situ kalian mungkin akan mendapatkan banyak sekali jurusan atau program studi yang terkait dengan hobi kalian. Untuk itu silahkan lanjut ke paragraf selanjutnya.

Oke, sekarang kalian sudah menuliskan banyak sekali jurusan atau program studi yang berkaitan dengan hobi kalian.

Langkah selanjutnya adalah sebisa mungkin cari tahu tentang hal apa sih yang akan kalian jalani jika mengambil jurusan atau program studi tersebut.

Ini penting karena akan menentukan betah atau tidaknya kalian nanti saat sudah memasuki dunia perkuliahan.

Kalian bisa searching di internet, bertanya pada kakak tingkat, atau memanfaatkan fasilitas bimbingan dan konseling di sekolah kalian masing-masing.

Selanjutnya perhatikan juga kampus atau universitas tempat jurusan atau program studi tersebut. Universitas yang bergengsi persaingannya cenderung ketat dan kalian akan memerlukan effort lebih untuk bisa diterima di situ.

Namun, tentu saja effort kalian akan terbayarkan setelah berhasil masuk ke universitas tersebut.

Hal yang tidak kalah penting adalah jangan hanya mengikuti teman. Kalian harus punya pilihan sendiri karena nantinya kalian sendirilah yang akan menjalani dunia perkuliahan.

Beberapa orang juga berpikir untuk mengambil jurusan berdasarkan peluang kerja yang ada atau prospek ke depannya. Padahal kalian tidak akan selalu mendapat pekerjaan sesuai dengan jurusan yang kalian ambil.

Dan bayangkan saja jika semua orang berpikir untuk mengambil jurusan tersebut bukankah itu berarti persaingan akan semakin ketat? Maka dari itu kalian cukup percaya diri saja dan ambillah jurusan yang sesuai dengan passion kalian.

Terdapat banyak sekali jalur masuk ke sebuah universitas. Masing-masing jalur memiliki syarat yang berbeda-beda.

Jadi, silahkan kalian siapkan persyaratan yang dibutuhkan. Misalnya dengan belajar untuk UTBK, menyiapkan nilai rapor untuk SNMPTN, dan sebagainya.

Demikianlah sedikit tips dari saya semoga bisa membantu. Semangat dan jangan sampai merasa salah jurusan.

Baca Juga

Exit mobile version