Biografi Penemu Bola Pijar Thomas Alva Edison

Biografi Penemu Bola Pijar Thomas Alva Edison 1

Salah satu tokoh paling bersejarah bernama Thomas Alva Edison yang merupakan penemu bola pijar yang membuatnya terkenal hingga saat ini.

Penemuannya itu pertama kali tahun 1847 dengan banyak percobaan. Hingga akhirnya bola lampu bisa kita nikmati hingga sekarang.

Penemuannya selalu diinterpretasikan secara massal dalam jumlah banyak dengan beribu percobaan yang ia lakukan melalu berbagai metodologi.

Namun tahukah anda biografi dari tokoh luar biasa ini berikut akan kita bahas :

Masa Kecil

Biografi Penemu Bola Pijar Thomas Alva Edison 3

Thomas Alva Edison lahir di kota Milan, Ohio tanggal 11 Februari 1847 merupakan pria berasal dari Amerika Serikat. Thomas lahir dari pasangan suami isteri Samuel Ogden Edison dengan Nancy Matthews. 

Ia dibesarkan di Michigan saat orangtuanya mengajak pindah pada tahun 1854. Ketika ia sekolah banyak guru yang menganggap dia tak bisa berkembang di dunia sekolah.

Namun hal itu dibantah oleh ibu kandungnya Thomas yang juga berprofesi sebagai guru. Ibunya yakin Thomas adalah anak yang pandai dan cerdas.

Jiwa penasaran yang tinggi

Biografi Penemu Bola Pijar Thomas Alva Edison 4

Sejak kecil sekolah Thomas sebenarnya memiliki jiwa yang kreatif. Hal itu terbukti dari rasa ingin tahunya yang tinggi, dan selalu ingin mencoba sesuatu yang baru.

Meski tak didukung pendidikan formal yang memadai, namun Thomas kecil sudah memiliki kecerdasan yang tinggi dan jiwa kreativitas nya yang membuat ia setenar ini.

Bahkan di usianya yang masih 9 tahun ia sudah membuat laboratorium sendiri di ruang bawah tanah milik ayahnya. Sejak usia itulah mulai mengembangkan bakat penasaran nya dengan berbagai percobaan-percobaan kimia yang dia lakukan setelah ia diberi buku pegangan oleh ibunya.

Bahkan juga membuat laboratorium di gerbong kereta api barang. Selama perjalanan pun ia terus mencoba ribuan eksperimen kimianya untuk menemukan sesuatu hal yang baru.

Sampai akhirnya ia menemukan bola lampu pijar yang dapat menyala beberapa jam saja, setelah ia terus mencoba dan melakukan banyak eksperimen akhirnya ia bisa mematenkan penemuannya itu. Penemuan lampu pijar itu sangat berguna bagi kehidupan manusia hingga sekarang, mampu membuat terang dunia ketika malam hari.

Banyak waktu ia habiskan masa remajanya untuk membuat banyak percobaan ilmiahnya. Hingga dia pun jarang tidur dan hanya tidur tiga jam setiap harinya sisanya adalah untuk bekerja. Bagi Thomas tidur itu hanya membuang waktu, dan bekerja dan mencoba banyak hal baru adalah lebih bermanfaat.

Waktunya ia habiskan untuk berada di laboratorium nya dengan melakukan ribuan percobaan membuat lampu pijar. Ia saat itu terus berpikir, bagaimana caranya menemukan bahan yg dapat menyala dan berpijar ketika diberi arus listrik namun tidak akan terbakar.

Dan dari hasil eksperimen nya tersebut, ada sekitar ribuan bahan yang ia gunakan. Percobaan terus menerus yang Thomas lakukan akhirnya menemukan hasil, ia menemukan  lampu pijar listrik yang dapat menyala hingga 40 jam, yaitu pasa 21 Oktober 1879.

Akhirnya penemuannya tersebut dipatenkan oleh Badan paten Amerika pada 27 Januari 1880. Hasil penemuan Thomas dinilai lebih tahan lama. Berawal dari sebuah karbon dia membubuhkan tambahan ruang hampa udaga dalam sebuah kaca hingga akhirnya lampu pijar itu menyala hingga 50 hari.

Lampu hasil penemuannya tersebut akhirnya dipergunakan  di Manhattan, New York tahun 1882 kemudian dipergunakan disepanjang wilayah tersebut.

Nah itulah sepenggal kisah biografi Thomas Alva Edison sebagai tokoh penting penemu lampu pijar pertama di dunia.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

boban