BiografiOlahraga

Biografi Cristiano Ronaldo atau Dikenal Dengan Sebutan CR7

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo adalah salah satu orang yang memiliki jejak yang sangat menarik di dunia sepak bola. Ia merupakan salah satu pemain yang memiliki skill bertanding yang hebat dan disebut juga sebagai striker terbaik di dunia.

 

Sosok Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo ini adalah seorang yang sangat populer dengan skill yang dimilikinya. Bukan hanya itu, pemain yang memiliki julukan CR7 ini juga memiliki nomor punggung yang sama di setiap tim yang dibelanya yaitu nomor 7.  

CR7 merupakan salah satu pemain yang datang dari Portugis. Ia lahir dari ayah dan ibu yang juga merupakan orang Portugis. Sebagai seorang anak, ia lahir dengan nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro pada tanggal 5 Februari 1985. Untuk saat ini, ia adalah seorang pemain sepak bola yang menduduki posisi sebagai pemain sayap dan juga penyerang.

 

Asal mula nama CR7

Cristiano Ronaldo

Seperti yang disebutkan sebelumnya, nama CR7 merupakan nama yang didapatkan oleh Cristiano Ronaldo karena ia hampir selalu menggunakan nomor ini sebelumnya. CR7 mulai menggunakan nama ini sejak ia menjadi salah satu anggota yang memperkuat tim Manchester United. Pada saat itu pelatih yang dimiliki oleh Manchester United adalah Sir Alex Ferguson.

Selain di Manchester United,  hingga saat ini CR7 selalu menggunakan nomor itu bahkan pada saat ia berada di Madrid selepas peninggalan Raul Gonzales yang saat itu menggunakan nomor 7 kembali. Pada masa di Real Madrid ini, CR7 menggunakan nomor 9 selama 1 tahun.

 

Prestasi

Cristiano Ronaldo

Sebagai seorang pemain bola, Cristiano Ronaldo tentu sudah sering kali membawa tim yang menaunginya menjadi pemenang dalam liga.  Hal disebabkan karena kemampuan bermain sepak bola yang dimiliki oleh CR7 ini memang tidak main-main. Sebagai salah satu bukti bahwa  ia merupakan salah satu pemain bola terbaik dunia adalah banyaknya trofi Ballon D’Or yang dimilikinya.

Ballon D’Or merupakan salah satu penghargaan terbaik yang  dimiliki oleh seorang pemain sepak bola. Piala Ballon D’Or ini adalah bola emas yang merupakan penghargaan sepak bola tahunan yang diberikan pada pemain yang disebut terbaik di dunia. Sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik CR7 pernah membawa pulang piala ini sebanyak 5 kali dari tahun 2008 hingga saat ini. Masing-masing tahun kemenangan dari CR7 ini adalah 2008, 2013, 2014, 2016 dan yang terakhir adalah 2017.

Sebagai seorang pemain terbaik, CR7 seringkali di bandingkan dengan pemain bola jenius lain yang membela tim Barcelona yaitu Lionel Messi. Selama tahun sejak tahun 2013 tersebut perbuatan piala Ballon D’Or menjadi cukup sengit antara keduanya.

 

Kehidupan Cristiano Ronaldo sebelum berkarir di dunia sepak bola

Cristiano Ronaldo

Kehidupan dari CR7 dimulai sebagai seorang anak dari pasangan Jose Dinis Aveiro dan Maria Dolores dos Santos Aveiro. Nama kedua yaitu Ronaldo yang dimilikinya diambil dari salah satu mantan presiden AS favorit ayahnya yaitu Ronald Reagan yang kemudian menjadi seorang aktor. Sebagai anak dari keluarga Jose dan Maria,  Cristiano Ronaldo memiliki 3 orang saudara yang bernama Hugo, Elma dan juga Liliana. Dari ketiga saudaranya ini Liliana adalah yang paling populer karena ia menapaki karir sebagai seorang penyanyi dengan nama panggung Ronaldo.

Masa kecil dari CR7 bisa disebut cukup menyakitkan. Hal ini disebabkan karena keluarga dari Cristiano Ronaldo bukan merupakan keluarga yang kaya raya. CR7 dan juga saudaranya harus puas untuk tidur di dalam satu kamar karena kesulitan ekonomi yang terjadi pada keluarganya. Selain harus berbagi kamar CR7 juga harus puas untuk menikmati masa kecilnya tanpa mainan. Namun meski berasal dari keluarga yang tidak kaya, keluarga CR7 merupakan keluarga katolik yang sangat taat.

 

Baca juga  5 Jenis Olahraga Yang Bisa Membuat Umur Semakin Panjang

Awal karir Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Sejak awal CR7 memang menyukai sepak bola akan tetapi ia memutuskan untuk fokus di dunia sepak bola sejak usianya yang ke 14 tahun. Keputusannya untuk lebih mementingkan sepak bola ini juga mendapatkan persetujuan dari ibunya.

CR7 mulai bergabung ke dunia sepak bola sejak tahun 1993, namun baru memiliki komitmen untuk fokus ke dunia sepak bola pada tahun 1999. Pada awal karirnya CR7 bergabung dengan salah satu tim sepak bola yunior yaitu Andorinha. Di tim ini ia bertahan selama 2 tahun yaitu dari tahun 1993 hingga 1995.

Lepas dari tim Andorinha, CR7 kemudian bergabung ke Nacional. Perindahannya ke Nacional ini juga tidak berlangsung lama, ia bergabung ke tim ini dari tahun 1995 hingga tahun 1997 saja. Di akhir tahun 1997, CR7 kemudian  bergabung dengan tim Sporting Lisboa. Tim inilah yang merupakan tim awal di mana CR7 mendapatkan karir profesionalnya di dunia sepak bola.

 

CR7 dan juga Sporting Lisboa

Cristiano Ronaldo

CR7 mulai bergabung dengan Sporting Lisboa pada tahun 2997.  Di tim ini ia bertahan cukup lama dibandingkan dengan tim sebelumnya. Pasalnya di tim ini ia bergabung selama kurang lebih 6 tahun yaitu dari tahun 1997 hingga tahun 2003.

Pada saat bergabung dengan Sporting Lisboa, CR7 memiliki nomor punggung 28. Sejak dari tim ini penampilan dari CR7 memang sudah sangat menarik. Dalam 25 pertandingan yang dijalankannya di Sporting Lisboa, ia berhasil mencetak 3 skor untuk timnya tersebut.

Pada tahun 2003, Sporting Lisboa yang masih merupakan tim yang kecil melakukan pertandingan persahabatan dengan sebuah tim besar kenamaan di Inggris yaitu Manchester United. Pertandingan ini diselenggarakan dengan Cristiano Ronaldo sebagai salah satu anggota penguat timnya. Pada akhirnya,  CR7 berhasil membawa Sporting Lisboa untuk memenangi pertandingan persahabatan tersebut dengan menghasilkan skor 3-1 untuk kemenangan Sporting Lisboa.

Kemenangan yang dimiliki oleh Sporting Lisboa dari Manchester United ini membuat banyak orang terheran-heran dan membuat nama CR7 semakin mendapatkan perhatikan di dunia sepak bola dan juga bagi tim Manchester United. Melihat kemampuan  brilian yang dimiliki oleh CR7, CR7 kemudian menandatangani kontrak pindah tim dari Sporting Lisboa ke Manchester United.

Perpindahan CR7 ke Manchester United ini dilakukan karena seluruh tim dari Manchester United merasa bahwa CR7 memiliki skill yang brilian. Hal ini membuat seluruh tim mendesak Sir Alex Ferguson untuk merekrut Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pemain mereka.

 

Periode karir bersama Manchester United

Cristiano Ronaldo

Setelah berpindah ke Manchester United, CR7 memiliki peningkatan skill yang sangat tinggi. Bukan hanya dari skillnya, tapi juga dari bentuk tubuhnya. Selama berada di bawah naungan dari Sir Alex Ferguson, tubuh dari CR7 berubah dari yang awalnya kurus dan kerempeng menjadi tubuh pria dewasa yang sangat berotot. Hal ini disebabkan karena pelatihan keras yang didapatkannya. Sayangnya ketergabungan CR7 ke dalam tim Manchester United ini hanya berlangsung selama 6 tahun yaitu dari tahun 2003 hingga 2009 saja.

Ketika awal bergabung Cristiano Ronaldo mendapatkan tawaran mengenai nomor punggung yang  diinginkannya. Karena dahulu ia menggunakan nomor punggung 28, maka dengan polos ia menginginkan nomor tersebut untuk  digunakan di tim Manchester United. Akan tetapi hal ini ditolak oleh pelatihnya yaitu Sir Alex Ferguson.

Sir Alex Ferguson menolak keinginan dari CR7 dan memintanya untuk menggunakan nomor punggung 7 ketika ia berada di Manchester United. Mengapa? Hal ini disebabkan karena nomor punggung 7 adalah nomor punggung yang digunakan oleh para pemain sepak bola yang legendaris. Serta melihat bagaimana kemampuan dari CR7 dalam bermain, Sir Alex Ferguson terhadap CR7 juga menjadi salah satu pemain yang masuk dalam jajaran pemain legendaris. Hal ini terbukti dengan 84 gol yang berhasil dibuat oleh Cristiano Ronaldo selama selama 6 tahun bertanding di bawah bendera Red Devil.

 

Baca juga  Biografi Ariana Grande Kehidupan Pribadi & Perjalanan Karir

Periode karir bersama Real Madrid

Cristiano Ronaldo

Selepas mengakhiri kontrak bersama dengan Manchester United, CR7 kemudian bergabung dengan Real Madrid. Klub ini merupakan salah satu klub terlama yang menaungi CR7 7 sebagai pemain sepak bola. Dari tahun 2009 hingga tahun 2018 klub ini menjadi klub yang membuat permainan CR7 menjadi makin beringas.

CR7 di transfer dengan harga 80 juta Poundsterling atau sekitar 1.3 Triliun. Hal ini sudah membuktikan bahwa CR7 merupakan salah satu pemain terbaik karena biaya transfernya yang sangat mahal. Bahkan biaya transfer yang dimiliki oleh CR7 ini berhasil memecah rekor pada saat itu dan membuatnya menjadi salah satu pemain dengan harga termahal.

Bersama dengan real Madrid, CR7 berhasil mencetak gol sebanyak 40 gol di satu musim la liga 2010/2011 melalui 81 pertandingan yang diikutinya. Tapi bukan hanya itu. Selain la liga, Cristiano Ronaldo juga menunjukkan taringnya di liga lain dan menyumbangkan banyak gol untuk tim yang telah membayarnya sangat mahal itu.

 

Periode karir Juventus

Cristiano Ronaldo

Setelah tahun 2018, CR7 kemudian pindah ke Juventus. Perpindahan dari CR7 ini melibatkan dana sebesar 99.2 Poundsterling atau setara dengan 1.88 triliun rupiah. Bagaimana sangat besar bukan? Sayangnya Cristiano Ronaldo mengalami cedera yang cukup serius di bagian lututnya pada tahun 2014, hal ini menyebabkan performa yang dimilikinya tidak segahar dulu.

 

Skill Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Seperti yang disebutkan sebelumnya, CR7 merupakan salah satu pemain bola yang sangat hebat. Hal ini disebabkan ia memiliki banyak skill yang unggul sebagai seorang pemain bola. Di masa kejayaannya CR7 merupakan pemain yang memiliki kecepatan, keterampilan, kontrol, dan kemampuan dribble yang luar biasa. Ia juga merupakan pemain yang memiliki kemampuan mencetak gol dari jarak dekat maupun jarak jauh. Hal inilah yang menyebabkan harganya menjadi sangat mahal.

Bukan hanya menang di daratan, ternyata kemampuan dari Cristiano Ronaldo ini juga bisa diandalkan untuk duel di udara. Skill yang dimilikinya disebabkan karena bentuk tubuhnya yang atletis sehingga dapat memiliki skill yang seimbang. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bentuk tubuh dari Cristiano Ronaldo ini didapatkan dari masanya bersama dengan Manchester United pada saat dilatih oleh Sir Ferguson. Dengan bentuk tubuh ini lebih mudah baginya untuk membuat lompatan yang tinggi di udara dan memenangkan persaingan perebutan bola di udara tersebut.

Impian utama Cristiano Ronaldo adalah untuk meneruskan kisah legenda yang dimiliki oleh nomor punggungnya, yaitu menjadi legenda. CR7 ingin sekali menjadi seorang legenda dalam dunia sepak bola bersama dengan  pemain legendaris lainnya seperti Pele dan Diego Maradona. Tapi ia mengalami cedera lutut di tahun 2014 dan faktor usia menyebabkannya perlu lebih menjaga diri.

Kini kemampuan kelincahan yang dimiliki oleh CR7 dapat dibilang berkurang drastis, ia lebih sering menunggu peluang di depan gawang untuk mencetak gol. Tapi meski begitu Cristiano Ronaldo tetap merupakan striker yang paling baik dan handal dan terbaik di dunia.

 

Baca juga  Biografi Rihanna – Karir, Kesuksesan & Kehidupan Pribadi

Skandal Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Karena merupakan pemain bola yang sangat terkenal dan kaya, tingkahnya selalu menjadi perhatian. Salah satu kebiasaan yang dimilikinya yang menjadi banyak gunjingan adalah mengenai kedekatannya dengan banyak wanita. Bahkan dari hasil kedekatannya dengan wanita-wanita ini ia sudah memiliki 4 orang anak. Tiga dari 4 anak yang dimilikinya bahkan tidak diketahui siapa ibunya.

Selain menyebabkan banyak gunjingan, kedekatannya dengan banyak wanita ini menyebabkan ada banyak skandal yang menghinggapinya. Berikut ini adalah jenis skandal yang menyerang Cristiano Ronaldo

 

Skandal pemerkosaan

Cristiano Ronaldo

Skandal besar pertama yang akan kami bahas adalah skandal pemerkosaan yang mendera CR7 pada tahun 2005. Menurut kabar, CR7 melakukan pemerkosaan pada seorang wanita di hotel Sanderson yang berlokasi di London. Dalam kasus ini Cristiano Ronaldo mengaku bahwa ia dan wanita tersebut melakukan hubungan seksual, tapi tidak ada cukup bukti yang memberatkan CR7 dan membuatnya pantas disebut pemerkosa.

Kejadian ini terjadi pada saat CR7 masih berusia sangat muda yaitu pada usia 20 tahun. Selain itu ia juga sedang berada di masa duka di mana ayahnya baru meninggal dunia. Skandal pemerkosaan ini tidak hanya terjadi 1 kali. Pada tahun 2010, CR7 juga mengalami skandal yang sama terhadap seorang wanita bernama Kathyrin Mayorga.

Sesungguhnya pada masa ini Kathyrin Mayorga tidak benar-benar diperkosa, akan tetapi ia dibayar. Sayangnya pada saat itu Kathyrin Mayorga berusia dibawah 18 tahun dan terjadi di Milan. Di Italia, penggunaan jasa wanita penghibur di bawah usia 18 tahun disebut sebagai hal yang ilegal.

 

Skandal lainnya

Selain skandal pemerkosaan, Cristiano Ronaldo juga sering terlibat skandal lainnya yang tidak lain dan tidak bukan berhubungan dengan wanita seperti pada tahun 2007 di mana ia bersenang-senang dengan tim Manchester United di Cheshire, wanita penghibur di sana mengatakan bahwa CR7 merupakan orang yang tidak bermoral.

Skandal lainnya adalah skandal kencan dengan 2 wanita sekaligus pada tahun 2008 dan juga skandal putus dari Irianda Shayk karena perselingkuhan yang dilakukannya.  Di tahun 2015. Lebih mengerikan lagi, salah satu rumor tentang Cristiano Ronaldo juga menyebutkan bahwa ia pernah melakukan teror pada Rhian Sugden dengan mengiriminya pesan singkat secara terus menerus padahal Rhian sudah memiliki tunangan.

 

Aktivitas kemanusiaan Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Namun meski memiliki skandal yang sangat banyak dan berhubungan dengan banyak wanita. Sisi kemanusiaan yang dimiliki oleh Cristiano Ronaldo juga mendapatkan banyak perhatian. Beberapa aktivitas kemanusiaan yang dilakukan oleh CR7 ini antara lain adalah :

  • Memberikan bantuan dana pada korban tsunami Aceh 2004.
  • Cristiano Ronaldo sempat ditunjuk sebagai duta kemanusiaan untuk UEFA di tahun 2008
  • CR7 juga ditunjuk sebagai duta LSM “Save The Children” pada tahun 2012
  • Yang terakhir adalah tahun 2013 di mana Cristiano Ronaldo melakukan penggalangan dana kemanusiaan sebesar 100 ribu Euro di tahun 2013 bersama UEFA untuk korban konflik Afghanistan dan juga dinobatkan sebagai Duta Forum Peduli Mangrove Bali di tahun 2013.

 

Related posts
Olahraga

20 Hal Menarik dari Timnas Indonesia Sejak Jaman Dahulu

Olahraga

8 Rekor Dalam Sepakbola yang Nampak Mustahil Untuk Dipecahkan