Bisa Baca 4 Buku Setiap Bulan! Mau Tahu Triknya?

Bisa Baca 4 Buku Setiap Bulan! Mau Tahu Triknya?

Membaca adalah suatu kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Namun untuk menemukan minat membaca, atau menjadikan membaca adalah hobi bahkan suatu rutinitas ternyata sangat sulit.

UNESCO menyebutkan Indonesia berada pada urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah.

Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca! (sumber: www.kominfo.go.id).

Jika bukan dimulai dari diri kita sendiri, bagaimana angka 0,001% tersebut bisa meningkat? 

Dua tahun lalu, saya hanya seorang kolektor buku. Saya membeli buku yang menurut saya menarik dan setelah saya baca 10 halaman, saya bosan.

Saya simpan buku itu di rak buku dan mengendap bertahun-tahun tanpa pernah saya sentuh kembali.

Namun tahun lalu saya berhasil menumbuhkan minat baca, bahkan per Desember 2021 saya berhasil menyelesaikan 36 buku selama satu tahun. 

Saya akan membagikan tips dan trik yang saya gunakan hingga saya bisa berubah dari pribadi yang hanya beli buku tapi tidak pernah dibaca, menjadi pembaca buku di setiap waktu senggang!

Percayalah saya bisa! berarti anda pun bisa! Sebelum kita mulai, yakinkan dirimu bahwa kamu akan menjadi orang ke 2 dari 1000 orang yang rajin membaca! Selamat!  

1. Jadikan Target Tahunan Kamu!

Tuliskan jumlah buku yang akan kamu baca sampai akhir tahun ini! Tuliskan dengan pena berwarna terang dan tebal agar kamu bisa lihat setiap hari. Jangan lupa setelah kamu menentukan target tahunan, kamu tentukan juga target bulanan, mingguan dan hariannya. Berikut contoh yang saya buat untuk target tahun 2021:

  • Target baca buku s/d Desember 2021 = 20 Buku 
  • Bulan Mulai = Maret 2021 (sisa 10 bulan sd akhir tahun)
  • Target Tiap Bulan = 2 Buku (20 buku/ 10 bulan)
  • Target Tiap Minggu = ½ buku (70 halaman)
  • Target Tiap Hari = 10 halaman
Baca juga  Cara Mengatasi Rendahnya Minat Membaca Buku pada Generasi Milenial

Jika melihat target tahunan sebanyak 20 buku, saya yakin untuk pemula pasti akan ciut terlebih dahulu, namun bagaimana setelah kita bagi ke dalam target harian?

Percayalah 10 halaman itu hanya 5 lembar, cukup sepuluh menit sehari untuk menyelesaikannya. 

Bisa Baca 4 Buku Setiap Bulan! Mau Tahu Triknya?

Jika sudah berjalan 3 bulan, lihatlah pencapaianmu. Saya jamin anda setidaknya telah 2 kali melebihi target anda.

2. Belilah lampu baca!

Ya ini sangat penting. Kita sedang membentuk kebiasaan membaca buku yang mana itu adalah hal yang sangat positif. Jangan sampai kebiasaan baru ini justru merusak mata anda.

Bacalah buku dengan sikap duduk yang baik dan nyaman. Pastikan penerangan yang cukup untuk membaca buku anda.

Tidak perlu lampu baca yang mahal! Selama bisa menerangi buku yang anda baca, itu sudah cukup.  

Hindari menggunakan lampu baca yang terlalu terang, karena justru mengganggu konsentrasi dan menyakitkan mata.

3. Baca buku best seller saja!

Bagi pemula tidak disarankan untuk sembarangan memilih buku yang akan dibaca, hal ini akan berakibat fatal ke mindset anda.

Pemilihan buku yang salah akan menciptakan mindset bahwa membaca itu membosankan, sulit dicerna dan mudah gagal fokus. Bagi pemula ini hal yang sangat fatal.

Bisa Baca 4 Buku Setiap Bulan! Mau Tahu Triknya?

Pilihlah buku best seller atau dari penulis terkenal, pastikan buku yang anda pilih memang buku yang sesuai dengan minat anda.

Misalnya anda sedang tertarik dengan pengelolaan finansial, sebaiknya anda mencari buku yang sesuai dengan tema tersebut.

Sebaiknya jangan mencoba membaca buku yang tidak anda minati hanya karena sekedar iseng.

4. Baca buku tidak harus sampai selesai!

Tips ini saya dapatkan dari seorang Book Vloger, dan tips ini adalah tips paling berdampak pada keberhasilan membentuk hobi membaca saya.

Baca juga  Anda Butuh Mencari Referensi Untuk Esai Anda Tapi Malas Baca? Atasi Dengan Cara Ini

Tidak ada larangan atau aturan yang melarang bahwa anda harus membaca buku sampai selesai, baru boleh pindah ke buku yang lain.

Jangan paksakan ‘maraton’ buku yang tidak anda sukai. Memang Anda akan merasa sangat bangga setelah menyelesaikannya buku itu, namun setelah itu akan sangat berat rasanya untuk memulai membaca buku lain.

Percayalah hal ini yang membuat saya gagal di tahun-tahun sebelumnya.

5. Miliki lebih dari 1 jenis buku!

Tips ini berkaitan dengan tips sebelumnya ya. Jika kita hanya memiliki 1 buku, atau 1 jenis buku saja, kemungkinan kita bosan akan sangat tinggi.

Diversifikasi jenis buku yang anda miliki, misalnya 1 Novel dan 1 buku Non Fiksi. 

Bisa Baca 4 Buku Setiap Bulan! Mau Tahu Triknya?

Dengan banyaknya genre buku yang kita miliki, alasan kita untuk bosan membaca buku pun berkurang.

Jika bosan membaca buku Non Fiksi yang cukup berat dipahami, bisa berganti ke buku Fiksi untuk menghibur diri. 

6. Jangan baca buku yang terlalu tebal!

Setiap buku memiliki jumlah halaman, ukuran kertas dan size tulisan yang berbeda-beda. Sederhananya, buatlah kriteria buku yang akan anda baca misal tidak lebih dari 100 halaman untuk Non Fiksi dan 200 halaman untuk Fiksi. Angka tersebut bisa anda ubah menyesuaikan kemampuan anda.

Memang menyelesaikan 1 buku tebal akan memberikan rasa kebanggaan tersendiri, namun untuk pemula sebaiknya hal itu justru perlu dihindari.

Ingat kita punya target bulanan, jangan sampai menyelesaikan 1 buku tebal justru menurunkan pencapaian bulanan anda, dan awas hal tersebut bisa berdampak pada turunnya semangat membaca anda lho.

7. Letakan buku di beberapa tempat!

Tips ini berlaku jika kalian sudah memiliki lebih dari satu buku tentunya. Saya selalu menaruh setidaknya 1 buku di dalam tas kerja saya, 1 buku di dashboard mobil saya, 1 buku di laci kerja saya dan 1 buku di dekat tempat tidur saya. 

Baca juga  Baca Buku Ketinggalan Zaman? Siapa Bilang?

Kenapa saya lakukan ini? Buku ibarat sebuah handphone, jika kita melihatnya, maka kita punya keinginan untuk mengambil dan membacanya. 

Bisa Baca 4 Buku Setiap Bulan! Mau Tahu Triknya?

Misalnya saya sedang menemani istri ke salon, dari pada bosan di mobil saya baca buku karena saya simpan 1 buku di dashboard mobil.

Ketika saya hendak beristirahat di malam hari, ada sebuah buku terletak di dekat tempat tidur saya. Lumayan kan kalau bisa baca 10 lembar sebelum tidur?

8. Jangan baca buku gratisan jika pemula!

Saya yakin pasti akan ada pro dan kontra terhadap trik yang satu ini. Disclaimer! Jika tips ini anda anggap kurang relevan silahkan cukup gunakan tips di atasnya.

Jika sesuatu engkau dapatkan dengan mudah, maka ia akan mudah pergi. Untuk apa kita menjaga sesuatu yang bisa kita dapatkan dengan mudah?” Anonim

Quotes di atas adalah alasan saya melakukan trik ini. Pada awalnya, saya membatasi diri saya dimana buku yang saya baca harus memiliki perjuangan dalam mendapatkannya.

Misalnya saya beli buku itu, atau hadiah lomba yang saya menangkan. Dengan adanya rasa perjuangan terhadap barang tersebut, maka akan meminimalisir kemungkinan kita menyia-nyiakan buku tersebut.

Tidak percaya? Silahkan buka website download buku gratis ini: https://z-lib.org dan downloadlah 10 buku yang menurut anda menarik. Dua bulan kemudian, apakah sudah anda baca buku tersebut? 

Oh iya trik satu ini tidak selamanya digunakan ya, jika minat membaca pada diri anda sudah muncul, silahkan hentikan trik ini.

Demikian trik dan tips yang bisa saya bagi, kunci dari semuanya adalah konsisten.

Paksakan baca buku minimal 10 halaman setiap hari, lakukan selama satu bulan tanpa putus dan saya yakin bulan-bulan berikutnya sangat mudah mendapatkan 20-50 halaman sehari. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

WAHYU BAYU AJI