Bisa Bantu Hilangkan Stres Hingga Usir Kesepian, Inilah 7 Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan

Bisa Bantu Hilangkan Stres Hingga Usir Kesepian, Inilah 7 Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan

Adakah di sini yang memiliki hewan peliharaan? Banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari memelihara hewan dirumah. Selain kucing, anjing merupakan hewan yang sering dijadikan hewan peliharaan dirumah. 

Hal ini karena, anjing memiliki tampilan lucu serta tingkah yang menggemaskan. Selain itu, anjing juga merupakan hewan yang ramah, cerdas, serta penurut. Maka tidak heran jika anjing menjadi salah satu hewan yang sering dijadikan peliharaan di rumah.

Nah, di sini kita akan membahas tentang manfaat memelihara anjing untuk kesehatan. Berikut ini 7 manfaat memelihara anjing untuk kesehatan.

1. Membantu Menghilangkan Stres

Memiliki anjing peliharaan bisa meredakan kekhawatiran serta memberikan kenyamanan bagi pemilik. Hal ini bisa dijadikan sebagai sarana terapi untuk membantu mengatasi kecemasan dan stres.

Hanya dengan mengelus anjing selama 10 menit dapat memberikan efek positif yang signifikan terhadap stres. Hal ini dikemukakan oleh ilmuan di Washington State University.

Baca juga  Menjelajah Dinginnya Dataran Kanada Untuk Menemukan Jati Diri

Setelah mengelus anjing, para peserta penelitian tersebut mengalami penurunan secara signifikan. Hormon kortisol sendiri sering disebut dengan hormon stres. Hal ini karena hormon ini banyak diproduksi oleh tubuh ketika seseorang mengalami stres, baik emosional maupun fisik.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sudah banyak penelitian yang menunjukan bahwa memelihara anjing di rumah dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan menurunkan kadar trigliserida yang memiliki kontribusi terhadap kesehatan jantung serta pembuluh darah secara keseluruhan.

Tidak hanya itu saja, pasien serangan jantung yang memelihara anjing memiliki tingkat kualitas hidup yang lebih baik jika dibandingkan dengan pasien yang tidak memelihara anjing di rumahnya.

3. Mengusir Kesepian

Anjing merupakan hewan yang setia, maka saat tidak ada teman dan keluarga anjing peliharaan akan setia menemani pemiliknya disaat kesepian. Ia seolah tidak akan membiarkan pemiliknya merasa sendirian.

Sebuah penelitian di Australia menunjukan, memiliki anjing dapat mengurangi rasa kesepian. Pernyataan ini didukung oleh survei yang dilakukan oleh Human Animal Bond Research Institute yang menunjukan bahwa 85 responden mempercayai bahwa saat berinteraksi dengan  hewan peliharaan bisa mengurangi kesepian.

Baca juga  Kebayang Gak, Punya Kucing Sebesar Ini di Rumahmu!

4. Mendorong Untuk Aktif Bergerak

Ketika memutuskan untuk memelihara anjing, kita harus siap untuk lebih aktif bergerak. Sebuah studi di Inggris yang dilakukan pada tahun  2019 menyatakan bahwa, pemilik anjing menghabiskan kurang lebih 300 menit setiap minggu untuk berjalan bersama anjing peliharaan.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selaras dengan manfaat memelihara anjing untuk kesehatan sebelumnya, memelihara anjing dapat membantu menurunkan berat badan. Ketika kita dipaksa untuk aktif bergerak maka hasil yang didapat adalah berat badan akan lebih cepat turun.

Berbagai penelitian telah menunjukan bahwa mengajak jalan-jalan anjing peliharaan sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Jadi memelihara anjing di rumah adalah cara termudah untuk membantu menurunkan berat badan.

Baca juga  Cara Memberi Makan Burung Hantu yang Sakit

6. Mengurangi Resiko Alergi

Alasan orang tidak ingin memelihara hewan berbulu di rumah adalah karena takut dengan resiko alergi yang akan timbul. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Of Allergy and Clinical Immunology menunjukan bahwa anak-anak yang dibesarkan oleh orang tua yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing cenderung memiliki resiko lebih rendah terkena alergi dan asma.

7. Membuat Lebih Bahagia

Saat pemilik menatap mata anjing peliharaan dapat meningkatkan hormon cinta atau oksitosin. Hal ini berdasarkan pada penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2019.

Selain itu memiliki hewan peliharaan juga memperbaiki suasana hati. Pasien AIDS yang memiliki hewan peliharaan cenderung tidak mengalami depresi jika dibanding dengan pasien yang tidak memiliki hewan peliharaan di rumah mereka. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ratih Wijayanti