Bisakah Yoga Meningkatkan Kepuasan Hidup Secara Keseluruhan?

Bisakah Yoga Meningkatkan Kepuasan Hidup Secara Keseluruhan?

Untuk meningkatkan kualitas hidup kita, beberapa faktor ikut bermain. Beberapa faktor ini mungkin termasuk menjaga pola makan yang sehat, memiliki hubungan yang sehat, dan berpartisipasi dalam rutinitas sehari-hari yang stabil. 

Salah satu hal yang dapat kita masukkan dalam rutinitas ini adalah memiliki rutinitas olahraga untuk kebugaran atau penurunan berat badan.

 Ada banyak cara untuk melakukan ini, misalnya melakukan pekerjaan sehari-hari yang sederhana di malam hari, bergabung dengan gym untuk cardio dan angkat berat atau bahkan yoga.

Manfaat yoga

Yoga adalah praktik yang dapat dilakukan seseorang dengan mudah kapan saja di hari mereka. Yang Anda butuhkan hanyalah tikar dan ruang sunyi yang nyaman di mana Anda dapat mengikuti latihan yang dipandu, atau melakukannya sendiri. 

Manfaat yoga jauh lebih besar daripada kebugaran fisik , karena baik untuk kesejahteraan Anda secara keseluruhan juga.

1. Membantu menghilangkan stres

Untuk memiliki gaya hidup sehat secara keseluruhan , Anda harus memperhatikan semua bidang kehidupan Anda, baik itu mental, emosional, atau fisik. Melakukan latihan sehari-hari setelah bekerja misalnya adalah cara yang bagus untuk mengembalikan keseimbangan emosional Anda. 

Karena sifatnya yang santai, yoga dapat membantu Anda mengelola stres. Ini karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga membantu mengurangi hormon stres kortisol. 

Dengan demikian, melakukan beberapa menit yoga bersama dengan musik yang menenangkan akan membantu Anda bersantai dan menempatkan Anda di ruang kepala yang lebih baik untuk menangani masalah yang mungkin membuat Anda stres.

2. Memperbaiki postur tubuh 

Di era teknologi ini, kebanyakan dari kita mungkin menghabiskan banyak waktu membungkuk di depan komputer atau ponsel kita. Hal ini sering menyebabkan postur tubuh yang buruk dan ketegangan pada leher atau sakit punggung. 

Berbagai postur menargetkan area tertentu seperti punggung atas, leher, atau bahu. Melakukan hal ini dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang mungkin Anda rasakan, dan dapat membantu mengendurkan otot untuk mendapatkan postur yang lebih baik. 

Catatan yang perlu diperhatikan, jika Anda mengalami nyeri kronis di bagian tubuh mana pun, sebaiknya Anda melakukan latihan dengan profesional untuk memastikan bahwa Anda tidak melukai diri sendiri.

3. Meningkatkan aliran darah

Postur yoga membutuhkan pernapasan dalam dan sering dilakukan dengan gerakan lambat yang bermakna. Ini dapat membantu meningkatkan aliran darah Anda ke berbagai bagian tubuh Anda, yang akibatnya berarti bagian tubuh Anda akan teroksigenasi dengan baik.

 Ini kemudian akan memiliki efek keseluruhan untuk meningkatkan suasana hati dan energi Anda sehingga membantu Anda lebih menikmati hari Anda.

4. Meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas 

Postur yoga menggabungkan beberapa otot tubuh dan karenanya membantu melatih seluruh tubuh Anda. Dalam kebanyakan kasus, seseorang perlu menahan postur untuk beberapa waktu, yang membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas. 

Ini mungkin sedikit menantang pada awalnya, tetapi dengan latihan yang berkelanjutan, Anda akan menemukan bahwa Anda dapat menahan postur lebih lama dan lebih mudah. Kekuatan Anda secara bertahap akan meningkat seiring waktu, begitu pula keseimbangan dan fleksibilitas Anda.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

JamKosong