Bisnis Ternak Lele yang Mudah & Menguntungkan di Masa Pandemi


Bisnis Ternak Lele yang Mudah & Menguntungkan di Masa Pandemi

Siapa dari kalian yang tidak mengenal ikan tawar ini? Ya, merupakan ikan yang cukup dikenal dikalangan masyarakat, selain dikenal dengan harga yang ekonomis, cara menernakannya juga dikenal lebih mudah dibandingkan ikan-ikan pada umumnya.

Selain itu olahan ikan ini juga banyak kita temui di kalangan masyarakat dari mulai warung-warung dipinggir jalan hingga restoran mewah yang mencerminkan sebagai salah satu bisnis ikan yang cukup menguntukan.

Pada masa ini sektor industri sedang mengalami penurunan, sehingga kita harus pintar-pintar dalam membuat peluang bisnis.

Dalam membudidayakannya ataupun memberi perawatan pada ikan tawar ini, Anda tidak perlu repot, karena ikan ini termasuk jenis ikan yang mudah beradaptasi diberbagai lingkungan.

Dari observasi yang dilakukan oleh para petani, masa panen berlangsung secara berkesinambungan setiap hari sehingga dapat dipercaya ketersediaanya dari waktu ke waktu dikarenakan lele mudah dipelihara dalam kolam kecil hingga bahkan bisa melaui budidaya yang hanya dilakukan memakai ember, damber (dalam ember) yang membuktikan mudahnya menernak ikan tersebut.

Masa tunggu panennya yang singkat juga memudahkan Anda dalam memutar keuntungannya, maka dari itu sangat memungkinkan untuk berternak walaupun dengan skala yang kecil.

Peluang-peluang dari bisnis

1. Ternak

Dengan modal yang sedikit Anda bisa membangun perternakan ikan ini. Dalam memulai bisnis ini, tentu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan benih .

Anda tidak perlu bingung dalam mendapatkan benih , karena benihnya dapat ditemukan dengan mudah dipasaran dengan harga yang sangat ekonomis.

Perputaran uang dari menernakan lele ini juga tergolong cepat, sehingga Anda bisa lebih mudah untuk menambah kolam dan mengembangkan bisnis ini.

2. Membangun Usaha Makanan

Jika anda sudah memiliki ternak lele akan lebih mudah lagi dalam membangun anak bisnisnya, seperti tempat makan dari skala warung di pinggir jalan hingga restoran mewah.

Pengolahan dari ikan ini sangat mudah dan beragam. Di mulai dari hanya menggoreng biasa hingga membuat hidangan penutup seperti bolu.

Cara membuatnya juga mudah seperti bolu pada umumnya, Namun dengan tambahan bahan utama yaitu .

Hidangan yang unik dan ekonomis ini akan banyak digemari oleh masyarakat.

3. Membangun vendor produk lele kesebuah perusahaan

Dari Ternak , kita dapat menjembatani produk agar sampai keperushaan lain.

Pada masa ini banyak perushaan-perusahaan yang membutuhkan sebuah produk dengan kualitas yang baik tetapi dengan harga yang ekonomis.

merupakan salah satu dari produk tersebut, sekarang banyak dijadikan sebagai olehan frozen food, selai, hingga abon yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan besar.

4. Penjualan melalui media sosial atau E-commerce

Dengan maraknya penggunaan media sosial dan belanja online di masa , membuat peluang penjualan ikan lele ini semakin luas dan mudah, Anda dapat menjual dari benih, kebutuhan , hingga olahan-olahan lele lainnya, dengan modal yang sedikit ini Anda dapat menghasilkan keuntungan yang banyak dan stabil.

Menurut Tatang Supriatna dari Blaai Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, usaha merupakan bisnis yang berpotensial di kalangan , bermacam keuntungan yang dapat dihasilakan hanya dari berternak ikan lele.

“Terjangkaunya itu, yang menjadikan keuntungan untuk keluarga. Jadi jangan sepelekan lagi pofesi apalagi sampai menertawakannya,” ucap Tatang Supriatna dalam seminar daring Minggu (24/1)/ Dengan Anda dapat merauk keuntungaan Rp1,5 juta – Rp 2,5juta, per kolamnya.

Disamping perawatan yang mudah, beragam olahannya, bisnis ini tergolong bisnis yang stabil keuntungan dan ketahananya di masa ini. Jadi bagaimana apakah anda tertarik untuk memulai bisnis ?

Baca Juga

Exit mobile version