Bisnismu Kecil? Tak Masalah! Ini Cara Realistis Mendanainya!


Bisnismu Kecil? Tak Masalah! Ini Cara Realistis Mendanainya! 1

Bagi banyak orang, ketika mau memulai bisnis, masalah utama mereka pasti ada pada modal. Banyak yang gagal memulai bisnisnya, atau tidak jadi memulai bisnis karena tak memiliki modal. Bahkan ketika sudah berdiri bisnis itu, yang pastinya dari skala yang kecil dulu, banyak orang yang menyerah karena tak tahu bagaimana cara mendanainya.

Tenang, bisnis kecil adalah embrio yang nantinya akan jadi besar jika kita merawat dan membesarkannya dengan baik. Nih, ogut kasih tips mendanai bisnis kecilmu!

Biayai Sendiri

Bisnismu Kecil? Tak Masalah! Ini Cara Realistis Mendanainya! 3

Hal pertama yang mungkin bisa kamu lakukan adalah membiayai sendiri bisnis kecilmu itu. Ketika mendanai sendiri, otomatis kamu akan memakai uang pribadi. Entah itu dari tabungan atau dari uang yang lain tapi masih milik pribadi. Enaknya menggunakan uang pribadi adalah tak perlu takut mengganti kalau misalnya gagal. Selain itu dengan menggunakan uang pribadi, bisa jadi kamu lebih mencintai bisnis itu.

Lakukan Pinjaman Ke Bank

Bisnismu Kecil? Tak Masalah! Ini Cara Realistis Mendanainya! 4

Cara berikutnya cukup beresiko. Kamu harus melakukan pinjaman ke bank. Mulai saja dengan jumlah yang kecil dengan bunga yang kecil. Tapi, sebelum kamu meminjam bank, kamu harus tahu dari mana kira-kira kamu akan mengembalikan uang pinjaman bank itu. Apakah usahamu akan memiliki pemasukan yang cukup untuk mencicil utang bank. Kalau tidak, saran ogut jangan.

Cari Investor

Bisnismu Kecil? Tak Masalah! Ini Cara Realistis Mendanainya! 5

Cara berikutnya ini sering dipakai oleh banyak startup. Mereka menghubungi banyak investor dan menawarkan bisnis mereka. Jika meminta investor, kalian bisa dibilang tidak perlu mengganti uangnya. Karena sejatinya kalian bukan meminjam uang tersebut, tapi si investor memberikannya pada kalian dengan harapan uang yang ia berikan akan berlipat ganda. Kalau bisnis kecil, investor biasanya tahu kalau 85% start up pasti gagal. Meski begitu, kalian tentu tidak bisa main-main.

Ajak Keluarga Terdekat

Bisnismu Kecil? Tak Masalah! Ini Cara Realistis Mendanainya! 6

Cara terakhir adalah mengajak keluarga terdekat. Dengan mengajak keluarga terdekat, kalian mungkin akan mendapatkan dana yang cukup untuk bisnis kecil kalian. Dengan mengajak keluarga terdekat juga kalian bisa minta keringanan pinjaman. Atau jika memungkinkan, kalian bagi saham kepemilikan bisnis tersebut. Tapi, jika dengan keluarga, kalian harus berhati-hati. Pisahkan ruang keluarga dan ruang bisnis dengan baik.

Itu tadi beberapa cara membiayai bisnis kecilmu. Ada banyak cara lain sebenarnya. Tapi semua cara itu akan tetap beresiko. Itu kenapa dalam bisnis diperlukan strategi. Semoga sukses yang bisnismu!


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments