Boleh Kok Emosi, Begini Cara Baik Melampiaskannya

Boleh Kok Emosi, Begini Cara Baik Melampiaskannya 1

Emosi sesungguhnya tidak hanya marah saja, merasa sedih dan merasa bahagia juga termasuk emosi lho.  Namun kadang kala yang paling membuat dampak buruk adalah pelampiasan yang salah dari emosi kemarahan.

Setiap manusia berhak merasakan amarah, dan tentu saja itu normal. Ada banyak hal yang dapat membuat kita marah dan itu biasa kita temukan di lingkungan sekitar kita. Bahkan kita sendiri juga tak ayal sering melihat orang-orang terdekat yang tampaknya mereka baik-baik saja, pendiam, atau jarang terlihat suaranya, tapi saat sekalinya marah bisa sangat menyeramkan. Ya kan?

Baiklah kalau begitu, berikut adalah beberapa cara yang baik untuk melampiaskan amarah yang terdapat dalam diri seperti yang sudah dilansir dari halodoc.com dan  sehatq.com. Baca dengan rajin yah.

1.  Lampiaskan dengan Hobi

pixabay.com
pixabay.com

Asal dengan hobi yang baik pula, emosi amarah bisa tersalurkan dengan teratur. Tentu saja, misal seperti  dengan bernyanyi, menari, menulis, menggambar, melukis, atau bahkan berolahraga. Melakukan aktivitas yang menyenangkan dapat membuat mood bisa membaik lho, serta bisa juga mengurangi emosi negatif yang ada.

2.  Menarik Napas Panjang

Ini biasanya dilakukan saat pemanasan dan pendinginan dalam kegiatan olahraga. Namun ternyata hal tersebut juga bisa digunakan untuk melampiaskan kemarahan kita dong. Caranya ya, dengan menarik napas yang panjang  dan dalam dengan hidung setelah itu hembuskan perlahan lewat mulut. Lakukan berulang kali, bisa sambil duduk, hingga kalian merasa emosi kalian telah mereda.

3. Menulis

pixabay.com
pixabay.com

Meskipun kalian tidak hobi menulis, namun tidak ada salahnya mencoba saah satu cara ini guna melampiaskan emosi amarah yang ada. Eits, tapi jangan menulis secara ngawur ya apalagi diposting di internet. Em, enggak, jangan kayak gitu. Yang baik adalah menulis sendiri baik pada buku atau di aplikasi catatan pada ponsel kalian dan sembunyikan atau privasi dari publik. Kalian bebas menuliskan amarah kalian di sana hingga reda. Sebab beberapa orang juga kesulitan untuk menyampaikan emosinya secara verbal atau langsung. Dan daaripada nanti kesannya bisa menimbulkan masalah baru seperti membuat orang tersinggung dengan tulisan kita di media sosial, mending diprivasi saja ya kalau marah-marah. Itu lebih baik.

4. Menepi

pixabay.com
pixabay.com

Yap menepi alias menyendiri terlebih dahulu. Jika kalian tipe orang yang menyayangi orang-orang di sekitar kalian dan tidak ingin membuat hati mereka sakit saat kalian sedang marah, mending kalian menepi dahulu. Mencari tempat untuk menghirup udara segar dan mengeluarkan segala pikiran yang kotor. Ditambah lagi jika kalian berada di ruangan terbuka dan melihat pemandangan alam yang segar, kemungkinan akan dapat membantu menenangkan jiwa yang sedang panas itu.

5. Cerita

pixabay.com
pixabay.com

Kalian tipe orang yang kalau dipendam sendiri emosinya ga bisa tahan lama? Selalu butuh teman curhat? Itu baik sih, tapi carilah teman yang benar-benar siap mendengarkanmu. Dan tentunya lampiaskan emosimu dengan nada yang sebaik mungkin, agar bisa keluar secara teratur dan tidak terkesan memarahi teman ceritamu. Atau kalau jika belum tertangani dengan baik, kamu bisa pergi ke ahli untuk konsultasi jika masalahmu memang sudah terasa berat sekali.

6. Menangis

pixabay.com
pixabay.com

Pelampiasan emosi marah yang selanjutnya adalah dengan cara menangis. Bukan berarti cengeng ya, sebab menangis bisa mengeluarkan beban yang ada di hati dan membuat kita bisa merasa lebih baik setelahnya. Semoga 🙂

Referensi :

  • https://www.halodoc.com/artikel/jangan-ditahan-ini-cara-tepat-melampiaskan-amarah
  • https://www.sehatq.com/artikel/venting-adalah-cara-meluapkan-emosi-dengan-sehat-yuk-dicoba

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.