Bolehkah Sepeda Motor Menggunakan Knalpot Racing?


Bolehkah Sepeda Motor Menggunakan Knalpot Racing? 1

Sepeda motor kini tak hanya berfungsi sebagai kendaraan, tapi bisa juga untuk hobi. Modifikasi kendaraan juga kini bukan sekedar untuk menunjang fungsi tapi untuk menunjang kepuasan tersendiri, baik itu dari segi tampilan, performa, suara, maupun durabilitas. Sehingga, tak jarang orang memodifikasi sepeda motor baik itu modifikasi sederhana maupun ekstrem.

Salah satu bagian yang biasanya dimodifikasi adalah knalpot atau komponen untuk menyalurkan gas buang. Knalpot dilengkapi dengan peredam suara atau silencer. Knalpot dilengkapi peredam karena dalam mesin terjadi ledakan yang akan menghasilkan suara bising, peredam disini berfungsi untuk mengurangi kebisingan tersebut. Namun, suara sepeda motor yang senyap juga rasanya memiliki dampak buruk juga. Pengendara menjadi sulit mengetahui keadaan sepeda motor masih menyala atau sudah mati di keramaian macet, karena suaranya kurang terdengar.

Selain itu, pengendara juga sulit mengenali rpm mesin dari suara sehingga harus merasakan dari getaran atau melihat pada takometer. Hal ini bisa diakali dengan menggunakan knalpot yang lebih bersuara, atau knalpot variasi yang biasa disebut knalpot racing. Hanya saja, menjadi dilema juga untuk memasang knalpot variasi karena takut ditilang polisi.

Sebetulnya ada tingkat kebisingan yang diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor 7 tahun 2009. Dari sepeda motor berkapasitas 80cc hingga 175cc memiliki batas suara maksimal 80 dB. Dan diatas 175cc maksimal 83 dB. Dengan begitu, memasang knalpot variasi sah-sah saja alias tidak masalah jika pengendara mengikuti aturan maksimal kebisingan suaranya, jangan melebihi batas kebisingan suaranya yang telah ditentukan. Batas kebisingan ini juga dibuat melainkan tanpa alasan. Aturan ini dibuat untuk mengatur agar knalpot sepeda motor tidak berisik sehingga mengurangi pengendara lain atau penduduk sekitar yang terganggu oleh suara sepeda motor.

Lalu apakah tidak boleh menggunakan knalpot bising? Sebenarnya boleh jika memang keperluannya, seperti jika sedang berada di arena balap atau kontes modifikasi. Tapi jika sepeda motor tersebut hendak dipakai di jalanan, tentu tetap harus mematuhi aturan yang ada mengenai standar laik jalan.

Masalah lain lagi, sulit untuk menemukan knalpot variasi yang tidak racing. Sebetulnya jika pengendara memesan knalpot dari produsen resminya, biasanya terdapat dB Killer dalam paket pengiriman. Alat ini dipasang di ujung knalpot tempat suara keluar, untuk mengurangi kebisingan. DB Killer ini bisa dipakai jika sepeda motor akan dipakai di jalanan, namun bisa dilepas jika sedang perlu tadi, untuk balap atau kontes.

Namun tak hanya itu, 3 Tech Racing Evolution juga memiliki inovasi yang bagus. 3Tech membuat knalpot yang memiliki 3 mode suara, yaitu silent, street, dan racing. 3 mode suara tersebut juga dapat diatur sambil berjalan. Jadi, tak perlu pasang baut seperti saat memasang dB Killer.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

EnamDelapan

   

Sukses hanyalah tentang seberapa beruntung kita. Tuhanlah yang menentukan keberuntungan itu, kita hanya bisa berdoa dan berusaha.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments