Bonus Akhir Tahun No Minus dengan 5 Persiapan Mulus Finansial

Bonus Akhir Tahun No Minus dengan 5 Persiapan Mulus Finansial 1

Sebagai karyawan yang bekerja pada perusahaan cukup bagus, kemungkinan akan ada program bonus akhir tahun yang akan didapatkan dengan kriteria-kriteria karyawan tertentu yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri.

Banyak diantaranya yang berencana memakai bonus akhir tahun untuk melunasi sesuatu atau dipakai untuk keperluan lain yang bisa membuat bonus tersebut hanya lewat begitu saja tanpa merasakannya dengan leluasa.

Tidak mau kan bonus akhir tahunnya datang dan pergi begitu saja seperti hantu? Perlu diketahui beberapa tips menarik dan bijak yang bisa membuat bonus akhir tahun lebih bermanfaat dan juga dinikmati lebih lama.

1. Melunasi hutang

Bonus Akhir Tahun No Minus dengan 5 Persiapan Mulus Finansial 3

Disadari atau tidak, untuk membuat bonus akhir tahun bisa lebih awet dan tetap on the track adalah dengan tidak memiliki hutang. Mari kita ambil contoh bonus akhir tahun dipakai untuk berlibur ke suatu tempat. Dengan hati riang gembira dan juga posting sana-sini di sosial media bahwa liburan tersebut menyenangkan, maka tidak lama lagi akan sangat terganggu dengan orang yang hutangnya belum dibayar lho. Entah tiba-tiba orang tersebut mengirim pesan singkat atau juga telepon yang akan membuat susana liburan bukan lagi menyenangkan. Itu sangat mengganggu bukan?

Oleh karena itu, lunasi hutang yang ada saat ini supaya bonus akhir mendatang diterima dengan utuh tanpa potongan lain-lain lagi.

2. Dana darurat

Bonus Akhir Tahun No Minus dengan 5 Persiapan Mulus Finansial 4

Sebagian karyawan juga ada yang merasa cukup dalam hal keuangan, sehingga merasa bahwa bonus akhir tahun yang dimiliki tidak begitu berpengaruh untuk dibuat sebagai biaya liburan atau dana lain. Ini merupakan hal bagus lho. Bonus akhir tahun yang didapatkan bisa disimpan untuk dana darurat dimasa depan yang belum diketahui akan seperti apa. Walau saat ini keadaan diri sendiri dan keluarga sehat-sehat saja, tetap saja sebagai perencana yang baik masa depan adalah hal penting yang perlu disipakan, yaitu salah satunya dengan menyimpan bonus akhir tahun menjadi dana darurat untuk dipakai saat ada situasi mendesak dikemudian hari.

3. Tabungan masa depan

Bonus Akhir Tahun No Minus dengan 5 Persiapan Mulus Finansial 5

Siapa yang tidak mau masa depannya cerah dengan recana matang yang telah dipersiapkan? Saat mendapatkan bonus akhir tahun, sangat disarankan sekali bisa menyimpannya atau menyisihkan sebagian untuk tabungan. Seperti untuk biaya pernikahan, membangun usaha, membeli sesuatu yang dimimpikan dari lama atau hal lain yang bisa terwujud dengan cara menabung.

4. Dana investasi

Bonus Akhir Tahun No Minus dengan 5 Persiapan Mulus Finansial 6

Tepat sekali jika bonus akhir tahun yang didapatkan dipakai untuk modal investasi. Bisa berupa deposito, saham, obligasi, reksadana, atau properti. Walau berinvestasi terdapat beberapa resiko, namun sudah banyak saat ini model investasi yang berbagai macam. Mulai dari yang tingkat resikonya kecil atau memiliki bunga yang cukup tinggi, tinggal bagaimana mencari informasi yang detail supaya bisa mengaturnya dengan baik untuk memaksimalkan keuntungan yang akan diperoleh.

5. Pengembangan diri

Jika masih bingung bonus akhir tahun yang didapatkan harus dipakai untuk hal bermanfaat apa lagi, tidak ada salahnya jika digunakan untuk pengembangan kemampuan diri, seperti workshop, seminar dan investasi pengembangan diri lain baik yang lingkup kecil atau besar. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada kemampuan yang semakin meningkat untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Itulah 5 hal yang bisa dilakukan untuk bonus akhir tahun tetap utuh atau bisa digunakan untuk hal bermanfaat lainnya lagi dengan rencana yang lebih matang. Selamat mencoba ya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.