Brasil vs Argentina Berakhir Kisruh, Otoritas Kesehatan Paksa Masuk Lapangan

Brasil vs Argentina Berakhir Kisruh, Otoritas Kesehatan Paksa Masuk Lapangan 1

Regulasi kesehatan Brasil mengharuskan Giovani Lo Celso, Emiliano Buendia, Emiliano Martinez dan Cristian Romero melakukan isolasi terlebih dahulu saat tiba di Brasil; tiga dari pemain itu menjadi starter pada pertandingan melawan Brasil tersebut; petugas memasuki lapangan setelah  kick off dan menyebabkan pertandingan dihentikan.

Keributan terjadi saat otoritas kesehatan Brasil memaksa masuk lapangan saat laga kualifikasi piala dunia Brasil vs Argentina, Minggu (5/9/2021)
Keributan terjadi saat otoritas kesehatan Brasil memaksa masuk lapangan saat laga kualifikasi piala dunia Brasil vs Argentina, Minggu (5/9/2021)

Pertandingan kualifikasi piala dunia antara Brasil dan Argentina pada minggu malam terpaksa dihentikan setelah petugas kesehatan memasuki lapangan dengan alasan adanya pelanggaran protokol covid-19 oleh pemain Argentina.

Petugas memasuki lapangan sesaat setelah pertandingan dimulai dan memicu kemarahan pemain-pemain Argentina yang akhirnya setuju untuk meninggalkan lapangan. Setelah itu, kedua manajer tim dan kapten Argentina Lionel Messi serta beberapa pemain Brasil melakukan diskusi mengenai pembatalan pertandingan.

Federasi sepakbola Amerika Selatan CONMEBOL mengkonfirmasi bahwa pertandingan telah dihentikan saat kedudukan masih 0-0 dan urung dilanjutkan hari itu juga. Mereka selanjutnya akan mengirim berkas laporan mengenai kejadian ini untuk selanjutnya ditindaklanjuti.

Antonio Barra Torres selaku pimpinan otoritas kesehatan Brasil mengatakan bahwa empat pemain Argentina tersebut akan didenda dan dideportasi karena tidak mematuhi protokol covid yang berlaku.

Regulasi Brasil mengatakan bahwa pengunjung yang telah berada di Inggris dalam 14 hari sebelum memasuki negara itu  harus dikarantina selama 14 hari setelah kedatangan.

Mereka tidak menyebutkan nama-nama pemain tersebut, namun menurut regulasi tersebut maka empat pemain yang dimaksud adalah pemain yang bermain di Liga Inggris yaitu Emiliano Martinez dan Emiliano Buendia (Aston Villa) serta Gioveni Lo Celso dan Cristian Romero (Tottenham Hotspurs).

Lo Celso, Romero dan Martinez menjadi starter dalam laga tersebut, sementara Buendia hanya duduk di bangku cadangan.

Beberapa pemain Argentina treprovokasi oleh petugas yang masuk saat pertandingan berlangsung
Beberapa pemain Argentina treprovokasi oleh petugas yang masuk saat pertandingan berlangsung

Kronologi hingga pertandingan dibatalkan (dalam waktu Brasil):

18:00 : Petugas meminta isolasi segera empat pemain Argentina hanya beberapa jam sebelum mereka hadapi Brasil dalam kualifikasi Piala Dunia di Sao Paolo.

20:00 : Pertandingan Brasil vs Argentina dimulai sesuai rencana.

20:06 : Pertandingan dihentikan saat petugas mencoba mengeluarkan Emiliano Martinez, Giovani Lo Celso dan Cristian Romero.

20:11 : Pertandingan ditunda dan para pemain Argentina masuk ruang ganti.

20:18 : Lionel Messi mencoba bernoegosiasi dengan pihak terkait sementara saat rekan-rekannya di ruang ganti.

20:40 : Laporan menunjukan bahwa rombongan tim Argentina sudah bergerak keluar dari Stadion.

20:50 : Panitia mengkonfirmasi bahwa laga Brasil vs Argentina telah dibatalkan.

Skuad Argentina terbang ke Brasil pada hari Jumat (3/9/2021), sehari setelah mengalahkan Venezuela 3-1 di Kualifikasi Piala Dunia di Caracas.

Anvisa (lembaga kesehatan Brasil) diberitahu bahwa empat pemain itu tidak berada di Inggris dalam dua minggu terakhir pada formulir imigrasi mereka. Mereka mengkonfirmasi bahwa rincian yang diberikan pemain-pemain tersebut adalah salah.

Manajer Argentina Lionel Scaloni menegaskan bahwa pihaknya tidak diberitahu bahwa ada pemain yang tidak boleh memasuki lapangan pertandingan : “Kami datang ke sini dan seharusnya kami diberitahu apa yang terjadi, itu jelas membuat kami sedih”.

“Saya tidak mencari siapa yang salah. Apakah hal itu terjadi atau tidak, sekarang bukan waktu yang tepat untuk melakukan intervensi”.

“Pertandingan tadi seharusnya menjadi tontonan yang menarik untuk menikmati permainan pemain-pemain terbaik dunia. Saya ingin orang Argentina memahami bahwa sebagai pelatih tim nasional, saya harus membela pemain saya”.

“Kami sama sekali tidak diberitahu bahwa kami tidak bisa bermain. Kami ingin bermain layaknya pemain Brasil juga”.

Punggawa tim nasional Argentina saat perjalanan pulang setelah pertandingan resmi dibatalkan
Punggawa tim nasional Argentina saat perjalanan pulang setelah pertandingan resmi dibatalkan

Penangguhan pertandingan ini berbuntut pada keresahan tim-tim lain yang bermain dalam tiga laga Kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan. Protokol kesehatan yang berlaku membuat beberapa tim tidak bisa memanggil pemain kunci mereka.

Brasil sendiri bermain tanpa sembilan pemain kuncinya saat melawan Argentina, serta tiga tim lain juga kehilangan pemain kunci karena beberapa klub Eropa tidak melepas pemainnya untuk melakukan perjalanan antar benua.

Mereka harus melakukan karantina saat kembali dan klub tidak mau kehilangan pemain untuk pertandingan liga selanjutnya.

Aston Villa mengkonformasi bahwa Emiliano Martinez dan Emiliano Buendia setuju untuk kembali setelah insiden melawan Brasil tersebut dan akan melewatkan pertandingan Argentina melawan Bolivia, Selasa (7/9/2021). Tetapi asosiasi sepakbola Argentina mengatakan bahwa mereka akan memainkan tiga laga tersebut.

Sekarang Brasil dan Argentina akan menunggu keputusan FIFA setelah insiden yang mengecewakan tersebut.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Micael Tri Anggoro Adi