Buah Apel Menjadi Buah Istimewa Saat Menyambut Hari Natal di China


Buah Apel Menjadi Buah Istimewa Saat Menyambut Hari Natal di China 1

Setelah Anda terbangun dari tidur yang lelap akan mendengar suara handphone berbunyi tanda masuknya chat baik secara pribadi maupun group di WhatApp maupun media sosial lainnya memberikan ucapan Selamat Hari Natal bahkan ada yang mengirimkan berbagai macam lagu – lagu Natal, seperti We Wish You A Merry Christmas, Jingle Bells dan lagu lain – lainnya. Meskipun saat ini dalam kondisi pandemic Covid – 19, tetapi saya dan Anda harus bersyukur karena masih dapat merayakan hari Natal dan masih diberikan kesempatan untuk menjalani hidup di dunia yang dipenuhi ketidakpastian dalam melangkah dengan situasi yang terjadi saat ini. Berhubung dengan nuansa Natal, hari ini penulis ingin berbagi cerita pengalaman natal pertama di negara Tirai Bambu, bagaimana perayaan Natal disana, kado apa yang diterima saat merayakan Natal? Semua akan dibahas secara lengkap dalam artikel hari ini. Selamat membaca!

Apa sebutan hari Natal di China?

Setiap negara memiliki cara masing – masing untuk mengucapkan Selamat Hari Natal, tetapi mayoritas mengucapkan hari Natal adalah Merry Christmas atau  Merry X’Mas. Di negara China memiliki cara sendiri untuk mengucapkan hari raya tersebut, yaitu “圣诞节” (dalam aksara Chinese Simplified) atau “聖誕節” (dalam aksara Chinese Traditional) yang dibaca shèng dàn jié. Kata tersebut berasal dari 3 (tiga) karakter, yaitu:
(1) 圣 atau 聖 dibaca shèng. Dalam aplikasi Pleco kata tersebut dapat diterjemahkan sebagai kata benda yang mengandung arti sebagai Santa dan dapat juga diartikan sebagai kata sifat, yaitu orang yang suci.
(2) 诞 atau 誕 dibaca dàn. Dalam aplikasi Pleco kata tersebut diterjemahkan sebagai kata kerja yang memiliki arti sebagai kelahiran atau be born.
(3) 节 atau 節 dibaca jié. Dalam aplikasi Pleco kata tersebut dapat diterjemahkan banyak arti, tetapi berhubungan dengan festival, sehingga dapat diartikan sebagai merayakan suatu festival.

Buah Apel Menjadi Buah Istimewa Saat Menyambut Hari Natal di China 3
Arti “圣诞节“ menurut Aplikasi Pleco Sumber: Aplikasi Pleco

Note:
Bagi Anda yang belum mengenal aplikasi Pleco, saya akan menjelaskan secara singkat aplikasi Pleco merupakan suatu bentuk kamus yang dapat digenggam melalui handphone Anda, sehingga tidak perlu mengalami kesulitan saat membawa kamus yang tebal dan berat. Untuk info lebih lengkap mengenai aplikasi ini Anda dapat melihat artikel tentang aplikasi ini melalui tautan 4 Keunggulan Penggunaan Aplikasi “Pleco” dalam Belajar Bahasa Mandarin di Era Modern

 

Bagaimana cara orang China merayakan Natal?

Buah Apel Menjadi Buah Istimewa Saat Menyambut Hari Natal di China 4
Perayaan Natal Bersama Teman – Teman China.
Sumber: Dokumentasi Penulis

Pada bulan Desember 2017, saya pertama kali merayakan Natal di Tiongkok. Pertama kali, saya tidak merasa bingung karena sudah mengetahui kebiasaan orang sana pasti makan – makan dan masak – masak bersama, sehingga menjadi ramai dan tidak kalah serunya. Saya tiba – tiba merasa Natal disana menjadi suatu hal yang berbeda dengan bingung dengan hadiah yang saya terima saat perayaan Natal disana, silahkan lihat di section kado di bawah ini…

 

Kado apa yang saya terima saat Natal di China?

Saat merayakan Natal saya berpikir akan dapat cokelat, baju branded, atau barang lain sebagai kado natal. Sesampai penghujung acara teman mengirimkan saya sekotak besar isi buah dalam keadaan tertutup. Saya bingung dan bertanya, “Kalian bawa apa ini dan berat banget?” (dalam Bahasa Mandarin), saya pun mulai bingung dengan kado yang diberikan dan akhirnya mereka bilang, “Kami akan memberikanmu buah apel, makan lah sampai kenyang bro…” Saya menjadi makin bingung bagaimana cara menghabiskan buah apel ini. Saya pun bertanya, “Kenapa kalian memberikan apel menjadi kado Natal?” Dari cerita mereka, saya baru paham analogi mengapa saya diberikan apel.

Dalam Bahasa Mandarin buah apel disebut “苹果” (dalam aksara Chinese Simplified) atau “蘋果” (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca píng guǒ, mereka mengilustrasikan kata 苹果 dengan 平安 dibaca píng’ān yang artinya perdamaian, sehingga mereka menyebutkan buah apel ini adalah buah perdamaian. Dengan Natal diharapkan hidupmu menjadi lebih damai dan saya bisa berdamai dengan orang lain dan diri sendiri, sehingga menjadi alasan mengapa kado Natal di China dengan buah apel menjadi sangat istimewa.

Buah Apel Menjadi Buah Istimewa Saat Menyambut Hari Natal di China 5
Buah Apel ini menjadi kado istimewa saat perayaan natal di China
Sumber: google.com

Demikianlah penulisan artikel hari ini semoga artikel ini dapat menjadi manfaat bagi orang yang membaca tulisan ini, jika ada pengalaman Natal versi lain dapat komentar melalui kolom komentar, jika ada kritik dan saran atas penulisan artikel ini dapat juga komentar melalui kolom komentar. Jika ada kesalahan yang dilakukan penulis secara sengaja maupun tak sengaja mohon maaf sebesar – besarnya. Demikian artikel ini, terima kasih dan Merry Christmas semoga Natal ini menjadi bermakna bagi kita semua…


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

ho_erik_hosan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments