Buat Rumah Lebih Lega dengan Decluttering

Buat Rumah Lebih Lega dengan Decluttering

merupakan kegiatan mengurangi atau menyingkirkan - di yang tidak diperlukan lagi. bukan hanya sekadar kegiatan beres-beres seperti biasa. bukan hanya sekadar merapikan , menyusun berdasarkan kegunaan, atau membersihkan agar tidak berdebu, melainkan juga memilah dan memilih - yang dimiliki.

Konsep ialah mengurangi atau menyingkirkan - yang tidak diperlukan lagi dan hanya menyimpan - yang masih dipakai atau masih dibutuhkan. Dengan demikian, kemampuan memilah dan memilih , seperti mana yang akan disimpan, mana yang akan didonasikan, dan mana yang akan dibuang, saat melakukan sangat dibutuhkan.

Selain membuat menjadi lebih rapi dan lebih lega, ternyata memiliki beragam manfaat, mulai dari finansial hingga psikologis. Berikut adalah beberapa manfaat menurut Alice Boyes dari sisi psikologis.

1. Meningkatkan rasa percaya diri dan self-efficacy

Di dalam melakukan , kita akan dihadapkan pada pilihan untuk menyimpan barang atau menyingkirkan barang (dapat juga mendonasikan barang). Kita harus menentukan pilihan tersebut dengan cepat, sesaat setelah melihat barang yang sedang kita . Kegiatan menentukan untuk menyimpan atau menyingkirkan barang dengan cepat tersebut akan melatih rasa percaya diri kita terhadap kemampuan mengambil keputusan.

Baca juga  5 Perkakas yang Perlu Dimiliki agar Rumah Terlihat Rapih

2. Memberikan suntikan energi

akan memberikan suntikan energi karena menentukan keputusan untuk menyimpan atau menyingkirkan barang dengan cepat dan berhasil menyelesaikannya akan membuat kita merasa berhasil menyelesaikan sesuatu. Ketika kita merasa berhasil telah menyelesaikan sesuatu, kita akan memiliki tambahan energi untuk menyelesaikan sesuatu yang lain.

3. Mengontrol kecemasan

Bagi sebagian besar orang, keadaan atau ruangan yang berantakan dapat memicu terjadinya stres yang lambat laun akan meningkatkan kecemasan. Decluttering akan membuat keadaan atau ruangan menjadi lebih rapi dan lega yang akan membuat kita merasa lebih tenang. Menciptakan yang rapi, teratur, dan lega akan mengurangi rasa cemas.

4. Memperbaiki hubungan dalam keluarga

Kegiatan decluttering bersama keluarga dapat merekatkan hubungan antaranggota keluarga. Selain itu, dengan melakukan decluttering bersama keluarga akan menciptakan aktivitas keluarga dalam membentuk suasana yang lebih nyaman.

Baca juga  7 Langkah Decluttering untuk Merapikan Rumah

Melihat beragam manfaat decluttering tersebut, sudah saatnya kita menerapkannya untuk membuat suasana menjadi lebih nyaman dan lebih lega serta membuat tubuh dan jiwa memiliki positif vibes. Berikut adalah beberapa metode decluttering yang dapat dijadikan sebagai acuan.

1. Metode Konmari

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Metode Konmari (Mari Kondo) merupakan salah satu metode paling terkenal dalam menciptakan gaya . Metode Konmari ini lebih menekankan pada barang apa yang ingin kita simpan, bukan barang apa yang ingin kita buang.

Hal yang dapat dilakukan untuk decluttering menggunakan metode ini ialah dengan mengajukan pertanyaan seperti apakah barang ini membawa kegembiraan untuk aku? Jika jawabannya iya, maka barang dapat disimpan, akan tetapi, jika jawabannya tidak, maka barang dapat disingkirkan.

2. Metode 4 Boks

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Decluttering dengan metode 4 boks ini akan membuat kita mengambil keputusan dengan cepat. Sama seperti namanya, metode 4 boks membutuhkan empat wadah saat decluttering untuk memisahkan barang-barang yang akan disimpan, disumbangkan, dijual, atau dibuang. Barang-barang yang masuk ke dalam kotak disimpan merupakan barang-barang yang masih dipakai atau masih dibutuhkan.

Baca juga  Urgensi Pendidikan Spiritual dalam Rumah

Barang-barang yang masuk ke dalam kotak disumbangkan ialah barang-barang yang tidak lagi kita pakai tetapi masih dalam kondisi baik dan dapat dipakai lagi oleh orang lain. Barang-barang yang memiliki nilai jual, seperti barang-barang eletronik, yang sudah tidak kita pakai dan masih dalam kondisi layak jual dapat kita masukkan ke dalam kotak dijual, sedangkan barang-barang yang sudah tidak dipakai dan sudah tidak memiliki fungsi dan manfaat yang layak karena sudah rusak dan sebagainya dapat kita masukkan ke dalam kotak barang yang akan dibuang.

3. Memisahkan 1 Barang Setiap Hari

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Metode decluttering dengan memisahkan satu barang tidak terpakai tiap hari merupakan metode paling mudah karena tidak membutuhkan terlalu banyak effort. Memisahkan satu barang tidak terpakai paling tidak hanya membutuhkan waktu 5-10 menit, akan tetapi jika dikumpulkan dalam satu tahun, kita sudah memisahkan 365 barang tidak terpakai.

Selain beberapa metode decluttering di atas, kamu dapat menciptakan sendiri metode decluttering kamu yang membuat kamu merasa nyaman melakukannya dan memberikan efek yang baik untuk tubuh kamu.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh