Budaya Memberi Sejak Dini, Ini Tiga Manfaatnya Bagi Si Kecil

Budaya Memberi Sejak Dini, Ini Tiga Manfaatnya Bagi Si Kecil 1

Para ibu tentu ingin anak-anaknya tumbuh menjadi putra-putri yang sukses. Mereka ingin anak-anaknya berguna tak hanya bagi dunia yang terpenting bagi dirinya. Jika anda seorang ibu yang sedang memiliki putra-putri yang sedang duduk di bangku sekolah dasar, ini kesempatan anda membentuk karakternya yang akan berguna bagi masa depannya.

Anda bisa mulai dari yang paling sederhana yakni membiasakannya memberi. Memberi berdampak positif bagi perkembangan psikologi anak. Berikut tiga manfaat memberi bagi putra putri tercinta.

1. Anak Menjadi Lebih Bahagia

Budaya Memberi Sejak Dini, Ini Tiga Manfaatnya Bagi Si Kecil 3

Mobilitas yang tinggi di perkotaan merupakan hal yang pasti anda temui. Keadaan ini menimbulkan kemacetan membuat orang-orang di kota mengalami stres. Belum lagi isu finansial. Tingginya biaya hidup di perkotaan tak bisa dihindari, menyebabkan orang-orang di kota terpaksa bekerja keras demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jika anda ingin anak anda tetap tumbuh dengan baik di tengah hiruk pikuk kehidupan perkotaan, anda bisa mulai mendidiknya sedari dini. Berbagai polemik di kehidupan tak mungkin dihindari. Anda harus mempersiapkan anak-anak anda menghadapi semua ini.

Melatih diri dengan memberi bisa jadi salah satu solusi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa memberi atau bersedekah menimbulkan efek bahagia bagi pelakunya. Anda tentu ingin anak anda tumbuh menjadi orang yang bahagia. Anda bisa melatihnya memberi kepada orang terdekatnya di sekolah seperti teman sebangkunya. Bisa dengan cara melebihkan bekalnya.

Misalnya jika anda membekalinya dengan buah, berikan kepadanya dua buah pisang, katakan padanya, berikan satu lagi untuk teman sebelahnya. Anda bisa melakukan ini seminggu tiga kali.

2. Menumbuhkan Empati Pada Anak

Budaya Memberi Sejak Dini, Ini Tiga Manfaatnya Bagi Si Kecil 4

Selain melebihkan bekalnya di sekolah, anda juga bisa mengajarkan anak anda berbagi di tempat-tempat tak terduga. Ketika anda sedang menunggu lampu merah misalnya dan anda melihat seorang pengamen, berikan uang ribuan pada anak anda dan minta dia yang memberikan kepada pengamen jalanan tersebut.

Lakukan hal yang sama jika anda berada di luar dan menemukan peminta-minta. Anda sedang mengajarkan anak anda berempati terhadap kesulitan orang lain. Anda bisa mulai bercerita bahwa tak semua orang beruntung di dunia ini.

Memberi walaupun sedikit adalah salah satu cara membantu orang yang kurang beruntung tersebut. Hal ini bisa melatih empati buah hati anda.

3. Melatih Kerjasama Pada Anak

Budaya Memberi Sejak Dini, Ini Tiga Manfaatnya Bagi Si Kecil 5

Anak-anak yang terbiasa memberi akan lebih mudah bekerja sama. Mulailah dengan mengajarkannya meminjamkan pensil maupun buku atau peralatan sekolah lainnya kepada temannya yg membutuhkan. Biarkan ia terbiasa meminjamkan barangnya terhadap teman-temannya.

Sama halnya seperti anda melebihkan bekalnya. Bawakan pensil lebih untuknya, sampaikan bahwa pensil itu untuk berjaga-jaga agar jika ada temannya yang lupa tak membawa, ia bisa meminjamkannya atau ia bahkan boleh memberikannya. Anda tak perlu melakukannya setiap hari. Bisa dua atau tiga kali seminggu. Ajarkan juga kepada anak-anak anda bahwa memberi lebih baik daripada meminta-minta.

Nah, mulai sekarang cobalah mempraktikkannya. Anak – anak merupakan investasi seumur hidup anda. Melatihnya sejak dini memudahkannya beradaptasi terhadap lingkungannya. Selamat mencoba melatih diri mendidik sejak dini. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

LMB