Budaya

20 Fakta Gila Jepang yang Membuat Negaranya Menjadi Seperti Sekarang

jepang

Bisa dibilang, Jepang merupakan salah satu negara paling menakjubkan. Dengan kemajuan yang ada, Negeri Matahari Terbit ini tetap memberikan porsi tersendiri pada tradisi dan budaya. Beberapa diantaranya Out of the box, katanya. Tapi, menurut kami, cenderung “gila”, di luar pemikiran orang-orang secara umum.

Inilah 20 fakta gila yang berasal dari negerinya Doraemon, Nobita, Sizuka, Suneo, dan Giant. Silahkan disimak.

1. Petunjuk Detail

Para turis yang berkunjung ke Jepang tentu tidak akan melewatkan jalan-jalan di Jepang. Tidak perlu khawatir kesasar atau kebingungan selama berada disana. Banyak kok petunjuk atau panduan yang disertai ilustrasi detail dan runut. Pun, tidak sulit memahaminya. Bahkan jika kamu tidak mengerti huruf kanji sama sekali.

 

2. Anak-anak umur 3, 5, dan 7 tahun punya hari ultah sama

Angka tertentu dianggap memiliki keberuntungan. Hal ini diekspresikan dengan membuat perayaan ultah untuk semua anak umur 3, 5, dan 7 tahun pada tanggal 15 November.

 

3. Olahraga tiap pagi

Negeri yang terkenal dengan bunga Sakura ini juga selalu mengadakan olahraga tiap pagi. Peraturan ini berlaku untuk semua orang, termasuk turis yang sedang plesiran. Konon katanya, tradisi olahraga ini sudah dimulai sejak 1928. Hingga kini, aturan ini masih dilaksanakan oleh masyarakat.

 

4. Jumat Premium

Orang-orang Jepang memang dikenal gila kerja. Mereka benar-benar kelelahan karena kerja bagai kuda setiap hari. Pemerintah pun membuat program yang disebut “Jumat Premium”. Di hari itu, para pekerja diizinkan pulang beberapa jam lebih awal, demi bisa beristirahat dan memulihkan energi tubuh. Hari itu adalah hari Jumlah minggu terakhir.

 

5. Sistem peringatan di semua HP

Pemerintah sangat memprioritaskan keselamatan masyarakat. Itulah kenapa ada sistem peringatan berupa SMS di semua HP. Fungsinya memberitahu kondisi darurat yang dihadapi masyarakat dalam waktu 4-20 detik.

 

Baca juga  5 Fakta Tentang Hari Valentine Yang Perlu Kamu Ketahui

6. Makanan yang luar biasa

Ada banyak ragam kuliner enak di Jepang. Cocok dijadikan destinasi wisata kuliner para turis yang plesiran ke sana. Ragamnya tanpa batas, seolah-olah ada banyak makanan baru diciptakan disana.

 

7. Pasta gigi penyembuh gigi rusak

Kazue Yamagishi menciptakan pasta gigi ajaib, yang diklaim bisa mengobati gigi rusak, seperti berlubang, penyok, bahkan retak sekalipun. Pasta gigi cukup dioleskan ke gigi rusak, kemudian tunggu 3 menit dan keajaiban pun terjadi.

 

8. Takkan ada orang yang menawarkan bangku

Di angkutan umum, orang-orang Jepang takkan menawarkan bangku pada siapapun – wanita hamil, wanita biasa, orang tua, anak-anak. Istilah siapa cepat dia dapat berlaku.

 

9. Sekolah termaju dan progresif

Sekolah disini dikenal sebagai sekolah yang memiliki kurikulum termaju serta progresif di dunia. Mata pelajaran yang ada di sekolah sini berbeda dengan mata pelajaran yang ada di sekolah lain di dunia. Gurulah yang memutuskan apakah para muridnya sudah siap atau belum untuk kelulusan.

Semetara itu, HP tidak boleh dibawa ke sekolah dan tidak ada petugas kebersihan. Mungkin itu karena para muridnya sadar kebersihan semua.

 

10. Kereta cepat

Jepang juga terkenal dengan kereta cepatnya yang bernama Shinkansen. Saking cepatnya maka dijuluki “kereta peluru”. Hanya butuh beberapa menit untuk tiba ke stasiun tujuan.

 

11. Oshiya

Setiap hari, stasiun kereta bawah tanah selalu sesak dipenuhi penumpang, terutama di jam sibuk. Nah di stasiun ada orang yang kerjaannya mendorong atau menjejalkan penumpang ke dalam kereta. Mereka dinamakan “oshiya”, yang umumnya para mahasiswa yang bekerja part-time atau bahkan staf stasiun sendiri.

Meskipun tujuannya baik, bukan tidak mungkin ajang dorong-dorongan ini justru akan membuat kesakitan, permusuhan, hingga tidak menutup kemungkinan pelecehan fisik.

 

Baca juga  Beginilah Mewahnya Toilet Berbayar di Salah Satu Stasiun Jepang

12. Beragam kereta

Jepang memang terkenal memiliki beragam jenis kereta. Sebut saja, kereta kuno, bertingkat, tanpa pengemudi, kereta peluru, bahkan kereta yang bentuknya sama seperti karakter kartun Thomas.

 

13. Toilet canggih bak kokpit pesawat

Kebanyakan toilet umum Jepang sudah memiliki sistem canggih bak kokpit pesawat. Ada banyak fitur yang bisa memanjakan penggunanya – menyalakan air, menghangatkan kursi, dan menyetel musik.

 

14. Pulau Kelinci

Di Indonesia ada Pulau Komodo, di Jepang ada Pulau Kelinci, yang terletak di Pulau Okunoshima, yang seluruh wilayahnya dikuasai kelinci. Menurut info yang beredar, kelinci-kelinci ini tadinya dipakai untuk penelitian rahasia. Namun, program ini dibatalkan, sehingga kelinci-kelinci pun dibebaskan dan membentuk koloni di sana. Para wisatawan pun sering berkunjung ke pulau ini.

 

15. Bebas berekspresi lewat fashion

Fashion di negara ini berkembang bebas. Ini karena tidak ada orang-orang nyeletuk tentang keanehan fashion yang digunakan seseorang. Siapa saja bisa mengekspresikan diri lewat fashion tanpa takut dikomentari. Padahal bisa warna serta aksesori fashionnya tidak pas sama sekali atau bahasa halusnya out of the box.

 

16. Beraneka rasa Kit Kat

Kit Kat yang ada di negeri matahari terbit memiliki beraneka rasa. Seperti rasa cabe, ubi jalar, sake, wasabi, dll. Tidak ada rasa seperti itu di negara lain, termasuk Indonesia sendiri, ya kan?

 

17. Bunga sakura yang enak dimakan

Sakura identik dengan Jepang, bahkan dijadikan bunga nasional. Siapa sangka bunga ini ternyata bisa digunakan sebagai bahan pembuat makanan lezat. Umumnya, bunga Sakura kerap dijadikan makanan pencuci mulut. Beberapa jenis makanan yang terbuat dari bunga sakura, antara lain: seperti mochi, es krim, dango, kue, selai, manju, makaron, donat, teh, taiyaki, dll.

 

Baca juga  Kota Apa Di Indonesia Yang Cocok Sesuai Kepribadianmu ?

18. Buah melon mahal

Buah apa yang paling mahal? Negara tempat Doraemon dan Nobita berada ini memiliki melon sebagai buah termahal. Namanya melon Yubari King. Tahun 2008 silam, dua buah melon yang diharga 24 ribu dolar. Mahalnya buah melon ini dikarenakan kelangkaannya. Melon Yubari King hanya diproduksi kecil di Pulau Hokkaido. Sewaktu panen, buah ini langsung dibeli para pedagang besar.

 

19. Tren gigi gingsul

Pandangan umum menyebutkan jika gigi yang cantik adalah gigi yang rapi dan bersih. Namun, di Jepang gigi rapi dan bersih tidak disebut gigi cantik. Gigi cantik adalah gigi gingsul. Banyak loh wanita Jepang mengeluarkan banyak uang demi bisa menjadikan giginya gingsul. Tak pelak, hal ini memicu munculnya tren gigi gingsul.

 

20. Es krim aneka rasa

Es krim rasa buah – coklat, vanila, stroberi, blueberry, dll. – itu sudah biasa. Di negara yang komik dan animenya sangat bagus ini, kamu bisa menemukan es krim dengan rasa yang sangat beragam. Lain daripada yang lain. Pernah menjajal es krim rasa mi instan? Atau es krim rasa bir? Atau es krim rasa daging kuda? Disini ada.

Itulah 20 fakta gila yang hanya ada di Jepang, dan secara langsung / tidak langsung membentuknya menjadi seperti sekarang. Apakah kamu pernah ke sana? Ceritakan dong pengalaman kamu di kolom komentar!

Related posts
OtakuTV Series

5 Anime 2019 Bertemakan Romance Yang Saat Ditonton Bakal Bikin Baper

Otaku

5 Manga Bertemakan Karakter Bapak Rumah Tangga Yang Menarik

Otaku

10 Judul Manga Yang Terpopuler di Dunia Sepanjang Masa

Berita

Tahukah Kamu, Kenapa Botol Minuman Yakult Berukuran Kecil ? Inilah Alasannya