Budidaya Tanaman Porang Atau Iles-Iles, Tanaman Liar Asli Indonesia Yang Dapat Menghasilkan Uang Milyaran Rupiah

Budidaya Tanaman Porang Atau Iles-Iles, Tanaman Liar Asli Indonesia Yang Dapat Menghasilkan Uang Milyaran Rupiah 1

Umbi tanaman porang telah dimanfaatkan oleh jepang untuk dijadikan beberapa makanan yang sangat terkenal di Negara Jepang. Seperti konyaku dan shirataki. Sampai sekarang, umbi tanaman porang masih sering diekspor ke Negeri Sakura (Jepang). Walaupun masih belum mampu memenuhi kebutuhan Negara itu sendiri.

Tanaman porang atau disebut juga dengan nama iles-iles. Adalah salah satu tanaman yang asli berasal dari Indonesia yang paling di incar oleh Jepang sejak masa penjajahan. Tidak perlu ditanampun, tanaman ini sering tumbuh di hutan maupun di perkebunan warga di Indonesia. Umbinya yang bisa diolah menjadi berbagai macam bahan makanan, dilansir oleh lifestyle. okezone. com, tanaman ini dapat menjadikan seorang pemulung asal Indonesia menjadi seorang milyader. Pada masa penjajahan dulu, masyarakat Indonesia belum begitu tahu bahwa salah satu hasil alam Indonesia ini menjadi selalu menjadi incaran orang Jepang untuk diolah menjadi makanan.

Budidaya Tanaman Porang Atau Iles-Iles, Tanaman Liar Asli Indonesia Yang Dapat Menghasilkan Uang Milyaran Rupiah 3

Tanaman porang / iles-iles (Amorphophallus muelleri ), adalah tanaman yang memiliki umbi yang bisa dikonsumsi. Sering digunakan untuk bahan pembuatan tepung, kosmetik, jelly, penjernih air dan lem. Menurut pertanian.go.id, tanaman porang mempunyai nilai ekspor yang cukup tinggi, Catatan dari Badan Karantina Pertanian, menyebutkan bahwa nilai ekspor tanaman porang di tahun 2018 tercatat sejumlah 254 ton, dengan nilai ekspornya yang mencapai Rp 11,31 miliar ke Negeri Sakura (Jepang), Negara Tiongkok, Negara Vietnam dan Negara Australia. Dilansir dari jatim. Idntimes. com, harga umbi basah porang Rp. 6.000 /kg, umbi kering Rp. 50.000/kg, dan jika berhasil di ekspor bisa bernilai Rp. 300.000 / kg.

plantbasedmatters.net

Bagian utama yang dimanfaatkan dari tanaman ini adalah umbi batang (yang berada di dalam tanah) dan umbi tetas (terdapat pada setiap pangkal cabang atau tulang-tulang daun yang mengandung biji). Tetapi bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah bagian umbi batangnya yang berbentuk bulat dan mempunyai lekuk dangkal pada bagian atasnya yang menjadi bekas tempat tumbuhnya tangkai batang tanaman ini. Dipanen ketika kulit umbi berwarna keabu-abuan, jika dibiarkan beberapa hari kulit umbi ini akan berubah menjadi kehitaman. Tapi kita harus sedikit hati-hati dengan getah kulit umbi ini. Jika getah licin pada bagian kulit umbi yang terkelupas mengenai kulit, dapat menyebabkan gatal. Daging umbi ini jika diiris, berwarna kekuningan. Yang selanjutnya daging inilah yang diolah menjadi tepung porang untuk bahan masakan konyaku dan shirataki.

Klasifikasi Tanaman Porang

Klasifikasi tanaman menurut Blume (1837), adalah sebagai berikut.

Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub Divisi: Angiospermae
Kelas: Monocotyledonaea
Ordo: Alismatales
Famili: Araceae
Genus: Amorphophallus
Spesies: Amorphophallus muelleri

Batang tanaman porang sendiri memiliki warna hijau dan ada bercak-bercak yang berwarna putih berbentuk bulat. Tinggi tanaman porang sendiri pada umumnya bisa mencapai sekitar 1,5 meter.

Bunga pada tanaman porang, akan muncul apabila usianya telah mencapai umur 4 tahun. Biasanya, bunga tanaman porang ini tumbuh pada musim hujan dan terdapat pada bagian umbi yang sama sekali belum mengalami pertumbuhan daun (flush). Mahkota dari bunga tanaman porang belum akan terlihat pada pertumbuhan kuncup, tetapi akan terlihat jika mahkota bunga telah sempurna.

Budidaya Tanaman Porang

Budidaya Tanaman Porang Atau Iles-Iles, Tanaman Liar Asli Indonesia Yang Dapat Menghasilkan Uang Milyaran Rupiah 4

Tanaman porang kebanyakan ditanam di lahan terbuka  karena dapat memberikan hasil yang lebih baik dan juga kualitasnya yang cukup tinggi.

Untuk persiapan lahan menanam porang, Anda hanya perlu membersihkan gulma disekitar yang akan ditanam serta membajak tanahnya agar tanah menjadi lebih gembur atau lembut.

Buatlah lubang untuk tanaman ini dengan diameter 25×50 cm / 25×60 cm. Jangan lupa sebelum ditanam, lubang diisi dengan pupuk kompos dan sekam padi agar tumbuhnya lebih optimal. Budidaya tanaman juga ini bisa dilakukan dengan sistem monokultur, agar hasil usahanya lebih optimal.

Biasanya tanaman porang ditanam pada awal musim penghujan, yaitu sekitar bulan Oktober sampai Desember.

Budidaya Tanaman Porang Atau Iles-Iles, Tanaman Liar Asli Indonesia Yang Dapat Menghasilkan Uang Milyaran Rupiah 5

Jika menggunakan biji untuk metode tanamnya, maka lakukan pembibitan dalam polybag terlebih dahulu. Tetapi, jika anda menggunakan umbi (bintil porang pada tangkai dan pangkal daun)  untuk metode tanamnya, maka hal itu tidak perlu dilakukan.

Untuk perawatannya sendiri, tanaman termasuk tanaman yang jinak untuk ditanam. Anda hanya perlu membersihkan gulma (tanaman pengganggu), melakukan pemupukan dengan pupuk kompos, dan melakukan penjarangan (pemangkasan). Dimana kegunaan penjarangan sendiri adalah dikarenakan tanaman ini, satu bibitnya bisa menghasilkan 3 sampai 4 batang dalam satu media tanam. Serta agar umbi porang dapat tumbuh optimal.

Cara Memanen Tanaman Porang

solopos.com

Dengan menggunakan metode menanam bibit porang dari umbi. Tanaman porang bisa mulai untuk dipanen pada saat tanaman ini berumur 7 bulan dari masa tanam.

Sedangkan untuk metode tanam porang yang ditanam dengan biji, biasanya  diperlukan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar umur 18 sampai 24 bulan sejak dari masa tanam.

Cara pemanenan tanaman porang dilakukan menggali umbi porang yang akan dipanen. Untuk pemanenannya sebaiknya pada waktu musim kemarau, karena pada musim ini tanaman ini akan mengikuti siklus hidupnya. Yaitu tumbuh pada musim hujan dan mati lagi pada musim kemarau, dan seterusnya.

Untuk pemasaran umbi porang sendiri sudah ada yang secara online maupun offline. Menurut salah satu berita di facebook .com, untuk di daerah jawa sendiri ada 6 perusahaan yang siap menampung hasil panen umbi porang, tentunya harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang mereka inginkan. Contoh salah satunya seperti PT. Rajawali Penta Nusantara.

Cukup menarik bukan? Mungkin bisa menjadi salah satu jalan bagi untuk anda menjadi wirausahawan sukses. Selamat mencoba.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ahyar anak muare