Bukan Cendol Saja 8 Minuman Es Tradisional Ini Cocok Untuk Buka, Mengenyangkan, Lo


Bukan Cendol Saja 8 Minuman Es Tradisional Ini Cocok Untuk Buka, Mengenyangkan, Lo 1

Minuman dingin dan menyegarkan selalu menjadi pilihan saat berbuka puasa. Apalagi jika dalam seharian cuaca panas. Rasanya langsung ingin menyeruput minuman es jika tidak puasa, ya.

Bukan es cendol saja lo menjadi Pilihan minuman dingin yang dapat memberikan kesegaran saat berbuka puasa. Berikut delapan minuman es tradisional dapat menjadi pilihan untuk buka puasa dan mudah dibuat, yaitu:

1. Es pallubutung

Bukan Cendol Saja 8 Minuman Es Tradisional Ini Cocok Untuk Buka, Mengenyangkan, Lo 3

Kudapan yang berupa es ini berasal dari Makassar. Berbahan dasar pisang kepok atau raja direbus dahulu kemudian diberi kuah seperti bubur sumsum. Sebagai pelengkapnya diberi sirup cocopanda atau frambose, susu kental manis, dan es batu. Jika di Makassar es pallubutung menggunakan sirup pisang Ambon atau sirup DHT. Namun jika menggunakan sirup lainnya juga enak, kok. Cuss, langsung dibuat, untuk buka puasa.

2. Es selendang Mayang

Bukan Cendol Saja 8 Minuman Es Tradisional Ini Cocok Untuk Buka, Mengenyangkan, Lo 4

Es selendang Mayang adalah minuman es jadul asal Betawi. Minuman ini sangat menarik perhatian karena warnanya meriah dipadukan kuah santan, diberi saus gula merah.

Berbahan dasar tepung Hung kwee, santan, gula merah, gula paşir, santan dan pewarna makanan (merah, hijau, dan putih). Minuman es selendang Mayang ini terasa menyegarkan dan mengenyangkan sangat cocok untuk buka puasa.

3. Es lontrong

Bukan Cendol Saja 8 Minuman Es Tradisional Ini Cocok Untuk Buka, Mengenyangkan, Lo 5

Tegal tidak saja terkenal dengan warung tegalnya. Ada, Lo, minuman es yang menyegarkan dan bikin kenyang, yaitu es lontrong. Mengenyangkan karena terdiri dari cincau hitam, kacang hijau matang, potongan roti tawar, kolang-kaling, sirup merah, santan, dan tak lupa es batu.

Disebut es lontrong karena bermula es ini dijual di gang lontrong daerah Slawi kabupaten Tegal. Sehingga saat ini dikenal dengan nama es lontrong. Tertarik untuk membuatnya.

4. Es air mata pengantin

Bukan Cendol Saja 8 Minuman Es Tradisional Ini Cocok Untuk Buka, Mengenyangkan, Lo 6

 Es yang berasal dari daerah Riau ini sering disuguhkan saat acara pernikahan maka diberi nama air mata pengantin.

Es yang terdiri dari campuran agar-agar tiga warna khas yaitu, merah muda, hijau, dan kuning dipadukan dengan biji selasih, serutan buah blewah, nata de Coco, sirup cocopanda, dan jangan lupa es batu yang memberikan kesegaran.

5. Es kuwut

Bukan Cendol Saja 8 Minuman Es Tradisional Ini Cocok Untuk Buka, Mengenyangkan, Lo 7

Es kuwut adalah es yang berasal dari pulau Bali. Berbahan dasar kelapa muda dan airnya dipadukan dengan kerokan melon dan biji selasih. Agar menambah kesegaran ditambahkan perasan jeruk nipis dan gula pasir jika ingin terasa manis. Jangan lupa tambahkan es batu, ya.

6. Es pisang ijo

Bukan Cendol Saja 8 Minuman Es Tradisional Ini Cocok Untuk Buka, Mengenyangkan, Lo 8

Pisang ijo sama dengan pallubutung berasal dari Makassar. Perbedaan adalah  , pisang di bungkus adonan berwarna hijau pada pisang ijo

Pisang ijo juga diberi kuah seperti bubur sumsum, sirup cocopandan atau sirup pisang ambon (DHT), susu kental manis, dan es batu. Mengonsumsi es pisang ijo selain menyegarkan juga mengenyangkan. Jadi sangat cocok untuk takjil, ya.

7. Es kacang merah

Bukan Cendol Saja 8 Minuman Es Tradisional Ini Cocok Untuk Buka, Mengenyangkan, Lo 9

Minuman es satu ini sangat unik karena berbahan dasar kacang merah atau brenebon. Selain kacang merah, terdapat juga potongan alpukat dan nangka serta susu kental manis dan tak lupa es batu. Kebayangkan enaknya minuman es ini.

Tahukah? Minuman es kacang merah berasal dari daerah Sulawesi Utara, Manado

8. Es poteng

Bukan Cendol Saja 8 Minuman Es Tradisional Ini Cocok Untuk Buka, Mengenyangkan, Lo 10

Poteng artinya tape singkong dalam bahasa Makassar. Jadi es poteng adalah es tape singkong, rasa tape yang manis agak asam ini dipadu dengan sirup pisang ambon (DHT) dan susu kental manis. Es poteng akan membuatmu segar setelah seharian berpuasa. Tertarik untuk mencobanya?

Delapan minuman es tradisional ini dapat menjadi pilihan untuk buka puasa. Kamu bisa membuat sendiri, atau dijual buat penghasilan tambahan. Dari delapan es di atas mana yang ingin dibuat untuk buka puasa hari ini? Selamat mencoba.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andi Nitha Nahfiah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap