Bukti Keegoisan Manusia, 4 Film Dokumenter Ini Akan Membuka Pikiranmu

Bukti Keegoisan Manusia, 4 Film Dokumenter Ini Akan Membuka Pikiranmu 1

Populasi manusia saat ini sudah lebih dari 7 Miliar di seluruh dunia. Semakin bertambahnya manusia, semakin bertambah juga kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Banyak cara dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan tersebut, namun sering kali malah menyebabkan masalah bahkan merusak alam dan mengganggu makhluk hidup lain.

Berikut 4 film dokumenter yang bisa jadi list tontonan kamu di akhir hari.

Bukti Keegoisan Manusia, 4 Film Dokumenter Ini Akan Membuka Pikiranmu 3

1. Blackfish

Film dokumenter berjudul Blackfish ini menceritakan tentang hubungan manusia dengan hewan yang kita anggap “normal”. Tilikum adalah nama dari seekor paus yang telah mencelakai dan membunuh beberapa orang saat berada di penangkaran. Film ini bukan hanya menceritakan hewan yang mencelakai manusia, tapi lebih dari itu. Bisakah kamu bayangkan berada di kandang baja kecil selama hidupmu ketika seharusnya kamu bisa berenang bebas 100 mil per hari? Padahal sampai saat film dokumenter tersebut tayang belum ada rekaman seekor paus yang membahayakan manusia di alam liar.

Semua paus dalam penangkaran punya kehidupan yang buruk. Secara emosi mereka telah hancur. Dipisahkan dari keluarga dan habitat aslinya. Secara fisik mereka berada dalam trauma, sehingga mereka seakan seperti sebuah bom waktu. Dalam film dokumenter ini akan memperlihatkan seperti apa kehidupan paus saat berada di penangkaran dan benar-benar memperlihatkan apa yang sebenarnya terjadi di tempat seperti Seaworld.

Bukti Keegoisan Manusia, 4 Film Dokumenter Ini Akan Membuka Pikiranmu 4

2. Food Inc

Cara kita makan sudah berubah dalam 50 tahun terakhir dibanding 10.000 tahun lalu. Kini makanan kita berasal dari berbagai macam lapisan dimana hewan dan para pekerja disalahgunakan. Film dokumenter berjudul Food Inc membuat semakin banyak pertanyaan dalam otak “darimana makananku berasal?”. Ini bukan hanya soal apa yang kita makan. Ini soal apa yang boleh diungkapkan, apa yang boleh kita ketahui.

Investigasi dilakukan terhadap semua isu terkait makanan termasuk kesejahteraan hewan, lingkungan, peraturan-peraturan yang mengatur tentang perusahaan makanan, praktek kerja dalam makanan siap saji serta darimana sebenarnya makanan kita berasal. Know what you buy. Buy foods that are grown locally. Everyone has a right to healthy food.

Bukti Keegoisan Manusia, 4 Film Dokumenter Ini Akan Membuka Pikiranmu 5

3. Cowspiracy

Sebelum menonton film dokumenter ini, aku tidak tahu bahwa industri peternakan ternyata sangat berdampak buruk terhadap lingkungan. Faktanya dalam film ini diungkap bahwa penyebab utama pemanasan global yaitu dari industri peternakan. Kenapa peternakan bisa menyebabkan pemanasan global? Karena hewan ternak terutama sapi menghasilkan gas metana dari hasil proses pencernaannya.

Film ini biasa disebut sebagai awal mula seseorang menjadi vegetarian. Banyak pesan yang bisa diambil dari film ini seperti bagaimana perilaku manusia terutama dalam keegoisan dan ketamakan dan berusaha untuk tetap menjaga lingkungan dengan mengurangi makan daging merah. “I could never go vegetarian”, said every vegetarian ever before going vegetarian.

Bukti Keegoisan Manusia, 4 Film Dokumenter Ini Akan Membuka Pikiranmu 6

4. Before The Flood

Dalam Before The Flood, Leonardo DiCaprio dan timnya mengelilingi dunia untuk menyaksikan sendiri akibat dari perubahan iklim dan apa yang harus dilakukan untuk mencegah itu terjadi lebih buruk lagi untuk kelangsungan hidup di bumi. Jika kita ingin melawan perubahan iklim secara efektif, kita harus mulai dengan mengakui bahwa sebagian besar ekonomi kita adalah berdasarkan bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil adalah batu bara, minyak bumi dan gas alam. Minyak bumi mentenagai sebagian besar sektor transportasi, sedangkan batu bara dan gas alam mentenagai sebagian besar jaringan listrik. Untuk menopang ketergantungan akan itu, banyak hal-hal ekstrem dan berisiko yang dilakukan.

Melihat bagaimana kerusakan bumi yang terjadi saat menonton film ini membuat kengerian dan kekhawatiran tersendiri. Film ini seperti mengingatkan kita agar lebih peduli akan lingkungan dengan mengubah cara pandang dan tindakan agar bumi tetap sehat.

Semua telah tersedia di alam. Manusia yang memanfaatkan itu semua sudah sepantasnya berterima kasih kepada alam dengan selalu peduli, menjaga dan merawat untuk keberlangsungan hidup manusia.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Summaire

   

A lifelong learner, more meaningful life