Cair Sekaligus Padat? Inilah Oobleck


Cair Sekaligus Padat? Inilah Oobleck 1

Selama belajar di sekolah, kita diajarkan bahwa di dunia ini terdapat 3 wujud benda yaitu padat, cair, dan gas. Coba kita  ingat-ingat lagi benda apa saja yang termasuk ke dalam benda berwujud padat, cair, dan gas. Tanah, batu, kayu adalah contoh dari benda padat. Air termasuk benda cair sedangkan udara termasuk benda yang berwujud gas.

Setiap benda tersebut hanya mungkin memiliki satu wujud saja dalam satu waktu. Misalnya kayu yang merupakan benda padat tidak bisa dikatakan benda cair dalam satu waktu bersamaan dan tidak bisa juga berubah wujud menjadi gas atau cair. Tapi ada beberapa benda yang bisa berubah wujud pada fase tertentu. Contohnya air, benda ini dapat berwujud cair pada rentang suhu 0-100° C, berwujud padat pada suhu dibawah 0° C dan berwujud gas pada suhu di atas 100° C. Ada beberapa benda lainnya yang mampu berubah wujud seperti kapur barus, LPG, dll.

Namun, ada faktor yang berpengaruh terhadap perubahan wujud tersebut. Umumnya disebabkan oleh adanya perbedaan suhu dan tekanan udara. Terlebih lagi perubahan wujud tersebut terjadi pada fase yang berbeda, bukan dalam waktu yang sama. Lalu, apakah ada sebuah benda yang dapat dikatakan cair dan padat secara bersamaan dalam satu waktu? Ternyata ada guys! Namanya adalah Oobleck.

Cair Sekaligus Padat? Inilah Oobleck 3
sumber gambar : unsophisticook

Oobleck merupakan cairan non-newtonian yang berarti tidak mengikuti hukum newton tentang aliran. Oobleck akan menjadi sangat keras seketika ketika kita berikan tekanan fisik secara cepat, misalnya dipukul atau semacamnya. Akan tetapi apabila Oobleck kita memasukan tangan kita dengan perlahan maka Oobleck terasa sepeti bubur yang kental. Benda ini seakan-akan berubah wujud ketika diberi tekanan fisik dengan kecepatan yang berbeda.

Cair Sekaligus Padat? Inilah Oobleck 4
sumber gambar : unsophisticook

Mengapa bisa terjadi hal demikian? Keanehan tersebut terjadi karena pada saat kita memukul Oobleck dengan cepat maka seluruh partikel di dalamnya terpukul secara bersamaan sehingga terasa seperti benda padat. Namun, jika kita memasukan tangan secara perlahan maka yang terjadi adalah partikel-partikel di dalam Oobleck memiliki waktu untuk berpindah tempat. Wah! terdengar cukup unik bukan?

Darimana nama Oobleck ini berasal? Penamaan Oobleck ini berasal dari buku Dr. Seuss “Bartholomew and The Oobleck” dimana zat hijau lengket Oobleck jatuh dari langit dan mendatangkan malapetaka bagi kerajaan.

Oobleck dapat menjadi hiburan yang menyenangkan untuk anak-anak dan orang dewasa. Sebenarnya Oobleck itu benda yang terbuat dari apa sih? Nah, Oobleck ini terbuat dari campuran pati jagung dan air. Sederhana banget kan guys? Kalian juga bisa membuat sendiri di rumah lho. Tapi kalo buatnya nggak sendiri juga nggak papa kok, bisa bareng anak, saudara, temen, pacar, kakak, adik, ayah, ibu, mertua, selingkuhan, kang cilok, kang batagor, dsb.

Berikut adalah alat dan bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat Oobleck.

Alat : mangkok, sendok, dan timbangan.

Bahan : 375 gram tepung maizena, 250 ml air, dan pewarna makanan secukupnya.

Langkah pembuatannya adalah sebagai berikut

Pertama timbang tepung maizena  375 gram, kemudian masukan ke dalam mangkok. Sentuhlah tepung itu kemudian rasakan tekstur dan sensasinya, rasakan begitu lembutnya tepung itu. Yap! Begitulah tekstur partikel tepung yang sangat halus bahkan mungkin lebih halus dan mulus dibanding wajah anda.

Kedua takar air 250 ml, tuangkan ke dalam mangkok yang sudah berisi tepung tadi. Aduk perlahan, tambahlan air sampai adonan mengental dan menjadi keras saat kalian coba menepuknya. Apabila terlalu encer dapat ditambahkan tepung, sebaliknya jika terlalu kental dapat ditambahkan air.

Terakhir tambahkan pewarna makanan (warnanya terserah) secukupnya agar lebih aesthetic.

Okee guys! Buat kalian yang ingin mencoba di rumah selamat mencoba. Mungkin bisa dijadikan opsi untuk bermain bersama anak atau sekedar melepaskan kepenatan. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan ini, kalian bisa memberikan koreksi di kolom komentar yaa. Terima kasih, see you!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

daydreamer

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap