Cangehgar : Podcast Komedi Bahasa Sunda dalam Bentuk MP3 dan Cara untuk Menikmatinya


Cangehgar : Podcast Komedi Bahasa Sunda dalam Bentuk MP3 dan Cara untuk Menikmatinya

Bagi sebagian besar masyarakat Sunda khususnya warga Bandung yang gemar mendengarkan radio maupun aktif di media sosial zaman 2012-an mungkin tidak akan asing lagi dengan sketsa komedi Cangehgar.

Cangehgar sendiri merupakan kepanjangan dari Carita Ngeunah dan Segar atau dalam bahasa Indonesia mempunyai arti cerita enak dan segar. Cangehgar ini merupakan jenis sketsa komedi yang diciptakan oleh Radio Rama Bandung. Mungkin sekarang bisa dibilang serupa dengan podcast genre komedi.

Dulu ketika saya masih duduk di bangku SMP sering sekali mendownload sketsa komedi Cangehgar dalam bentuk MP3 di warnet-warnet sekitar rumah atau meminta ke teman lewat Bluetooth.

Biasanya sebelum tidur saya selalu menyetel sketsa komedi berbahasa Sunda tersebut. Bukannya bisa terlelap tidur namun yang ada saya malah ngakak pol karena lawakan khas yang bisa mengocok perut semua pendengarnya.

Sketsa komedi Cangehgar akan diawali dengan pembawa acara menyebutkan “Saatnya Cangehgar” dan diikuti dengan musik gamelan dan suara kokok ayam sebagai pembuka. Sosok yang sering muncul atau bisa dikatakan menjadi icon dari acara Cangehgar ini tak lain dan tak bukan adalah Udin.

Sosok Udin ini yang selalu tampil di setiap sketsa komedi ini diputar dalam radio RamaFM. Semua warga Sunda bisa dipastikan akan terhibur sampai tertawa terbahak-bahak kalau sudah mendengarkan lawakan khas Udin dkk. Selain Udin, ada satu lagi jargon yang selalu mewarnai saat lawakan telah mencapai punch line nya yaitu : dari Telkomsel.

Lawakan-lawakan dari acara Cangehgar sangat beragam namun hal yang paling sering diangkat menjadi cerita adalah kehidupan sehari-hari dari masyarakat. Mulai dari membahas tentang keluarga, sekolah, permainan anak-anak, sampai tebak-tebakan yang bikin kesal sekaligus bikin ngakak. Bisa dibilang sosok Udin ini selalu bikin kesal dengan lawakannya yang kalau dipikir-pikir, iya juga sih tapi ya nggak begitu juga.

Tema-tema yang diangkat tersebut related dengan kehidupan masyarakat sehingga Cangehgar bisa menjadi tempat yang sangat spesial bagi pendengar yang ingin menikmati hiburan di kala hati sedang galau atau tak karuan. Bahkan bukan hanya warga Sunda saja yang bisa terhibur mendengar lawakan Udin dkk, warga lain pun bisa menikmati lawakan Cangehgar ini karena suara Udin yang begitu khas.

Meskipun sekarang sketsa komedi dari Cangehgar ini bisa dibilang sudah bak hilang ditelan bumi karena mulai bermunculan podcast-podcast yang jauh lebih menarik. Namun tentunya lawakan khas Udin dkk masih bisa untuk dinikmati di kala sedang santai atau sambil mengerjakan sesuatu di rumah atau di mana pun. Beberapa waktu ke belakang ini pun saya sering menyetel sketsa komedi Cangehgar lewat Youtube sambil mengerjakan skripsi. Rasa-rasanya ketika saya kembali mendengarkan Cangehgar seperti dilempar kembali ke masa-masa sekolah dulu.

Bagi kalian yang belum sempat untuk menikmati sketsa komedi Cangehgar ini apalagi warga Sunda, saya sangat merekomendasikan kalian untuk mendengarkannya. Dijamin akan mengocok perut. Kalau mau mendengarkan Cangehgar, saya mempunyai tips untuk kalian semua bagaimana cara menikmati sketsa komedi Cangehgar ini.

#1 Sebelum tidur

Cara pertama untuk menikmati Cangehgar ini yaitu sebelum tidur atau lebih tepatnya di malam hari agar bisa dapat feelnya. Apalagi kalau mendengarkan di kala semua pekerjaan sudah selesai. Maka mendengarkan Cangehgar akan jauh lebih nikmat. Meskipun akan dibuat tertawa, namun percayalah lawakan Udin dkk akan membawamu tertidur dalam tawa.

#2 Sambil menyelesaikan pekerjaan

Tips kedua untuk menikmati Cangehgar adalah sambil mengerjakan sesuatu seperti skripsian, mengerjakan tugas di kantor, atau mengerjakan tugas sekolah bagi siswa. Mendengarkan Cangehgar sambil melakukan aktivitas tentunya akan jauh lebih menyenangkan agar diri tidak terlalu stres. Pekerjaan selesai, hati pun senang.

#3 Sambil kumpul bersama teman atau keluarga

Tips terakhir agar kalian bisa menikmati Cangehgar dengan paripurna adalah mendengarkannya bersama orang-orang terkasih seperti keluarga atau teman-teman. Dulu saya pernah menikmati Cangehgar di ruang keluarga saat kondisi rumah sedang mati listrik saat masih dalam format MP3. Selain itu, menikmati Cangehgar saat kongko bersama teman bisa menjadi pilihan agar bisa tertawa bersama asal jangan sambil bermain hape saja.

Cangehgar boleh jadi sudah tidak sebooming dahulu, namun isi lawakannya tidak akan pernah lekang oleh waktu. Orang-orang bilang mau berapa kali pun kita mendengarkan Cangehgar, kita tidak akan pernah lupa untuk tertawa dan tertawa lagi. Seperti namanya, Carita Ngeunah dan Segar.

*dari Telkomsel