Cara Agar Jurnal Skripsi di Acc Oleh Reviewer


Cara Agar Jurnal Skripsi di Acc Oleh Reviewer 1

Di zaman sekarang ini sudah tidak asing lagi kita mendengar kata jurnal atau artikel ilmiah, terutama bagi mahasiswa tingkat akhir. Banyak universitas-universitas negeri ataupun swasta yang mewajibkan mahasiswanya agar dapat menerbitkan suatu jurnal ilmiah hasil dari penelitian yang mereka lakukan untuk di publikasi pada situs-situs jurnal yang terakreditasi.

Namun, untuk dapat lolos dan jurnal ilmiah yang dibuat dapat dipublikasi maka haruslah melalui beberapa tahapan. Saat melalui tahapan-tahapan tersebut tentu tidak semua jurnal akan diterima, banyak jurnal-jurnal yang tidak lolos dengan berbagai alasan. Adapun beberapa alasan yang dapat menyebabkan ditolaknya jurnal yang kita buat antara lain:

  1. Submit jurnal pada situs yang tidak sesuai dengan bidangnya dan bukan pada waktu yang ditentukan.
  2. Penulisan jurnal tidak mengikuti sistematika atau aturan yang sudah ditentukan oleh pihak jurnal.
  3. Hasil plagiarisme yang terlalu tinggi.
  4. Submit jurnal yang sama dalam beberapa situs.
  5. Tidak mengikuti saran atau rekomendasi dari reviewer.

Dari permasalahan-permasalahan tersebut, ada beberapa cara yang dapat meminimalisir penolakan jurnal yang kita buat. Adapun caranya antara lain:

  1. Sebulum kita submit jurnal yang kita buat maka kita harus lihat terlebih dahulu jurnal apa saja yang mereka terima dan pada bulan apa saja mereka menerima publikasi jurnal.
  2. Sebelum kita upload jurnal yang kita buat, terlebih dahulu kita download Templet yang terdapat dalam situs jurnal tersebut untuk menyesuaikan pedoman penulisan jurnal yang kita buat. Jangan sampai penulisan kita tidak sesuai dengan yang terdapat pada templet karena akan otomatis ditolak.
  3. Setelah kita selesai membuat jurnal, maka sangat penting untuk mengecek plagiarisme atau turnitin. Agar jurnal yang kita buat dapat dikatakan orisinil buka hasil plagiat dari jurnal yang telah orang lain buat.
  4. Alangkah baiknya jika kita hanya publis jurnal pada satu situs saja. Untuk menghindari permasalahan yang mungkin muncul dikemudian hari.
  5. Setelah jurnal kita berhasil di upload maka kita harus menunggu revisi dari reviewer. Saat sudah ada revisi maka kita harus memperbaiki jurnal tersebut sesuai dengan arahan dari reviewer.

Sekian tips dari saya, maaf bila ada kekurangan. Terima kasih ^.^


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Puji Anggraeni

   

Subscribe
Notify of
2 Comments
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap