Cara agar Tidak Mudah Kecewa dengan Orang Lain

Cara agar Tidak Mudah Kecewa dengan Orang Lain 1

Semua orang di dunia ini pastinya merasa kecewa, entah ini kecewa dengan sahabat, dengan pasangan bahkan dengan keluarga sendiri. Banyak hal yang nyatanya tidak sesuai dengan harapan maupun ekspektasi kita. Oleh karena itu kita perlu membiasakan diri dengan rasa kecewa tersebut. Ada beberapa cara agar kita tidak gampang merasa kecewa terhadap orang terdekat. 

1. Jangan terlalu bergantung atau berharap dengan seseorang

Cara agar Tidak Mudah Kecewa dengan Orang Lain 3

Dengan banyaknya kesulitan yang kita hadapi, seringkali kita mengharapkan bantuan atau perhatian dari orang terdekat. Sebenarnya, hal tersebut sangat wajar karena ketika kita memiliki hubungan yang khusus dengan orang tersebut maka kita biasa menaruh kepercayaan yang lebih seperti misalnya kepada sahabat sendiri atau saudara sendiri. Namun, kita perlu ingat bahwa tidak selamanya orang tersebut akan bisa menemani atau bahkan membantu kita untuk menyelesaikan masalah. Ketika kita mengharapkan bahwa orang tersebut berada di sisi kita maka kekecewaan akan datang sendirinya.

Rasa kecewa bukan terjadi akibat orang lain yang tidak membantu kita tetapi diri kita sendiri yang terlalu berharap atau bergantung pada orang lain. Posisikan diri anda sebagai orang yang independen. Memang benar anda memiliki banyak teman dan orang-orang terdekat lainnya, akan tetapi perlu diingat bahwa hidup ini bukanlah tanggung jawab orang lain melainkan tanggung jawab anda sendiri. Jadi sebaiknya, biasakan diri anda untuk menyelesaikan masalah sendiri dan tidak perlu berharap lebih dengan orang lain. Karena jika kita mampu menyelesaikan masalah sendiri, maka kita tidak akan berharap lagi dengan orang lain.

2. Jangan ceritakan permasalahan yang anda hadapi kepada banyak orang

Cara agar Tidak Mudah Kecewa dengan Orang Lain 4

Ketika kita sedang ditimpa masalah, kita cenderung untuk menceritakan hal tersebut dengan orang sekitar. Tanpa kita sadari, masalah yang kita ceritakan bisa saja menjadi informasi atau bahkan topik gibah oleh rekan terdekat kita.

Banyak orang yang merasa curhat dengan orang itu akan meringankan atau melegakan beban kita dan percaya bahwa orang tersebut mampu merahasiakan masalah tersebut dari orang yang lainnya. Sayang sekali, hal tersebut bukannya dirahasiakan malah akan menjadi bahan perbincangan grup atau komunitas anda.

Saat memiliki permasalahan, usahakan anda untuk tidak menceritakan kepada orang yang asing. Jika anda ingin curhat, sebaiknya pergilah ke orang yang tepat seperti misalnya ke psikolog karena mereka bisa menyimpan rahasia dan mampu menyelesaikan masalah.

Jika permasalahan anda malah tersebar dan menjadi bahan perbincangan, maka anda akan merasa kecewa dua kali lipat dari yang sebelumnya. Tidak perlu mempercayakan orang sekitar untuk menyelesaikan masalah karena kita bisa berharap kepada Yang Maha Esa dalam doa untuk bercerita dan membantu kita untuk kuat menghadapi masalah. 

3. Sadar akan realita

Cara agar Tidak Mudah Kecewa dengan Orang Lain 5

Hadapilah dunia ini semangat dan sadarilah bahwa memang terkadang kenyataan yang kita hadapi itu pahit dan tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Seringlah menghadapi realita di sekeliling kita dan sadarilah bahwa segala sesuatu memiliki tujuan yang baik.

Mungkin saat ini kita tidak mengerti mengapa kita bisa merasa kecewa atau mengapa kita harus melewati perasaan seperti ini tetapi percayalah segala sesuatu akan indah pada waktunya. Jika anda merasa kecewa, tarik nafas dalam-dalam kemudian buang perlahan. Hiburlah diri anda dengan menenangkan diri sejenak.

Lihatlah keatas awan dan bersyukurlah bahwa meski saat ini kita merasa kecewa tetapi kita masih diberi kesehatan dan masih diberi kesempatan untuk hidup.  Buatlah diri anda menjadi lebih dekat dengan Yang Maha Esa agar ketika anda merasa dikecewakan oleh orang terdekat, anda diberi kemampuan untuk bisa memaafkan orang tersebut.

Ingat bahwa orang yang kuat adalah orang yang mampu memaafkan dirinya dan berdamai dengan lingkungan sekitarnya. Batasilah ekpektasi dan harapan kita kepada orang lain agar hati kita menjadi damai sejahtera tanpa dilanda rasa kecewa atau kesal. 

4. Percaya pada diri anda sendiri

Cara agar Tidak Mudah Kecewa dengan Orang Lain 6

Kekecewaan datang ketika kita merasa orang lain lah yang mampu menyelesaikan padahal kita hanya kurang percaya diri bahwa kita mampun menyelesaikan dan kuat sampai akhir. Banyak orang yang menganggap dirinya lemah padahal tidak menyadari bahwa ada kekuatan yang lebih dari dalam dirinya.

Memang benar bahwa kita adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain akan tetapi hal tersebut bisa salah jika kita terlalu sering bergantung dengan orang lain.

Yakinilah bahwa meskipun anda dalam kondisi sendiri dan tidak bisa mempercayakan siapapun, Yang Maha Esa akan memberi anda kekuatan untuk dapat menghadapi masalah tersebut. P

ercayalah bahwa anda hebat dan anda kuat! Anda terlahir untuk menjadi sesuatu yang berharga dengan tujuan dan maksud yang baik. Lihatlah kedepan dan teruslah berjalan. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

YellowSky