Cara Ampuh Menciptakan Ruang Nyaman untuk Belajar


Cara Ampuh Menciptakan Ruang Nyaman untuk Belajar 1

Kamu adalah seorang pelajar atau mahasiswa ? Kamu sering badmood gara-gara banyak tugas dan sangat bosan dengan suasana kehidupan sehari-hari yang gitu-gitu aja ?

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika menjadi seorang pelajar atau mahasiswa hal yang paling menyebalkan sekaligus berkesan adalah ketika mendapat banyak tugas. Hal ini menjadi pelengkap kehidupan masa-masa perjuangan ketika di bangku pendidikan. Begitu banyak respon yang muncul ketika sedang punya banyak tugas. Di antaranya adalah seperti mengeluh, menjerit, garuk-garuk kepala, menangis, hingga mengumpat. Tidak dapat dipungkiri bahwa guru atau dosen memberikan tugas-tugas kepada para murid atau mahasiswanya itu adalah sebagai bahan acuan penilaian kompetensi masing-masing anak. Jika tidak ada tugas maka, akan susah bagi (yang kemudian saya sebut) tim pengajar untuk mengetahui kemampuan para (yang kemudian saya sebut) anak didik. Oleh karena itu tidak jarang memberikan tugas di akhir kelas dan meminta semua anak didiknya untuk mengumpulkan dalam batas waktu tertentu yang telah ditentukan. Nah dari sinilah kemudian memunculkan berbagai respon seperti yang telah disebutkan di atas tadi. 

Tidak jarang para anak didik menjadi kewalahan dan bahkan stres ketika sedang  menghadapi berbagai macam tugas yang menumpuk. Kendati demkian, tugas-tugas tersebut tetap harus dikerjakan karena itu adalah kewajiban yang harus segera diselesaikan. Menghindari beban tugas memang tidak bisa dihindarkan selama masih terikat statusnya sebagai pelajar atau mahasiswa. Namun kalian yang saat ini sedang berjuang di dunia pendidikan bisa meminimalisir segala bentuk macam ketegangan dan stres yang ditimbulkan akibat setiap hari dihantui oleh tugas-tugas. Berikut saya sampaikan beberapa cara ampuh yang dapat kalian lakukan di rumah untuk mengurangi rasa stres.

1. Bersihkan dan Rapikan Tempat Tidurmu Selepas Kamu Bangun Tidur

Cara Ampuh Menciptakan Ruang Nyaman untuk Belajar 3

Merapikan tempat tidur yang berantakan merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan sekaligu menghindarkan kita penyakt seperti flu akibat banyak debu yang menempel di kasur atau bantal kalian. Tidak hanya itu, merapikan tempat tidur juga dapat membuat pikiran dan suasana hati membaik. Bisa jadi selama ini kalian merasa sebal dan badmood adalah karena kamarmu yang kotor dan berantakan. Hal ini dapat memicu dan sekaligus menambah stress yang kamu rasakan. Oleh karena tu, yuk mulai hari ini rajinlah untuk merapikan dan membersihkan tempat tidur.

2. Rapikan Tempat Belajarmu

Cara Ampuh Menciptakan Ruang Nyaman untuk Belajar 4

Setelah kalian merapikan tempat tidur selepas bangun tidur, kalian juga perlu untuk merapikan tempat di mana kamu belajar. Sama seperti alasan sebelumnya, dengan kamu merapikan tempat tersebut maka suasana hatimu akan lebih tenang dan bisa lebih fokus ketika sedang mengerjakan tugas.

3. Berikan Hiasan Sesukamu untuk Mempercantik Meja Belajarmu

Cara Ampuh Menciptakan Ruang Nyaman untuk Belajar 5

Setelah kalian merapikan tempat belajar, kalian juga bisa menambahkan berabagai macam hiasan di atas mejamu. Hiasan yang dapat kamu taruh di atas mejamu adalah tanaman hias atau gambar poster kesukaanmu. Hal ini menurut saya dapat memancing semangat kamu dalam mengerjakan tugas dan selain itu, tanaman mungil nan hijau juga dapat membuat pikiran kalian fresh.

4. Merawat Hewan Peliharaan

Sumber Gambar : cnnindonesia.com
Sumber Gambar : cnnindonesia.com

Selain dari ketiga tips di atas, kalian juga bisa menambah tips lain yang dapat dilakukan untuk meminimalisir stres akibat beban tugas. Setelah ketiga tips di atas kalian lakukan, hal bisa menjadi saran lain adalah dengan cara merawat hewan peliharaan di rumah. Salah satu hewan peliharaan yang bisa kamu miliki di rumah adalah ikan cupang. Ikan ini populer banyak dikenal oleh masyarakat karena memiliki bentuk tubuh yang mungil dan dengan warna yang sangat cantik. Saya sendiri juga memelihara ikan ini untuk mempercantik suasana rumah sekaigus sebagai teman untuk mengerjakan tugas. Kalian bisa juga memelihara hewan lain untuk dipelihara di rumah misalnya seperti anjing, kucing, burung, atau hewan lainnya.

Demikianlah sedikit tips yang dapat saya sampaikn ke kalian. Semoga menjadi terinspirasi untuk mengurangi stres di kala sedang sibuk mengerjakan tugas. Salam sehat dan bahagia!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nourma Dewi Fatmawati

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap