Cara Berjualan yang Wajib Diketahui Pebisnis


berjualan

Cara cepat laku dalam menjual produk memang harapan dari semua pebisnis. Namun, bukan itu sebenarnya tujuan dari suksesnya cara berjualan. Karena menjadi percuma bahkan berdampak buruk bagi masa depan bisnis jika tujuan dari berbisnis adalah agar produk cepat laku lalu menghalalkan segala cara termasuk merugikan konsumen.

Cara berjualan yang baik adalah dengan tetap memperhatikan etika-etika bisnis, menjalankan proses pemasaran dengan benar dan tidak merugikan pihak lain serta membangun hubungan yang harmonis dan berkesinambungan dengan konsumen. Untuk itulah cara berjualan yang sesuai dengan etika bisnis berikut ini wajib untuk diketahui para pebisnis.

Bangun Hubungan yang Akrab dengan Konsumen

Jadikan konsumen tidak hanya sebagai target penjualan, tapi juga bagian dari bisnis yang Anda jalankan. Dengan cara demikian ada keterikatan emosi antara konsumen dengan produk yang Anda jual, atau bahkan dengan bisnis yang Anda jalankan.

Cara Berjualan yang Wajib Diketahui Pebisnis 1

Cara demikian cukup efektif dalam membangun loyalitas konsumen terhadap produk dan perusahaan, sehingga meskipun muncul produk baru yang menjanjikan kualitas lebih, sulit bagi konsumen tersebut untuk berpaling dari produk Anda yang selama ini dia pakai.

Bahkan saat perusahaan Anda meluncurkan produk baru, konsumen tersebut dengan senang hati akan membelinya meskipun masih belum tahu seberapa baik kualitas dari produk baru yang dia beli.

Promosi tanpa Harus Menyakiti

Cara Berjualan yang Wajib Diketahui Pebisnis 1

Cara promosi bisnis yang tepat akan dapat mendongkrak penjualan. Cara promosi yang tepat tersebut meliputi banyak hal, mulai dari pemilihan media, penempatan media sampai dengan konten yang digunakan untuk mengkampanyekan produk.

Tidak ada aturan tertulis tentang bagaimana membuat konten untuk promosi produk. Namun demikian, jangan sampai konten promosi dapat menimbulkan sakit hati, baik mereka yang membaca atau melihat konten promosi yang ditampilkan maupun membuat sakit hati kompetitor.

Untuk itu, dalam berpromosi cukup dengan mengenalkan dan menonjolkan keunggulan dari produk yang Anda jual dan jangan sampai menjelek-jelekkan produk kompetitor. Hindari pula kata-kata yang tidak sopan, merendahkan, melecehkan dan menimbulkan sakit hati siapapun.

 

Bangun Kredibilitas Lewat Kejujuran

Bisnis yang Anda bangun tidak untuk sementara waktu, tapi diharapkan dapat hidup selamanya. Untuk dapat mempertahankan keutuhan bisnis itulah dibutuhkan kredibilitas yang dibangun dari kepercayaan masyarakat, dan masyarakat akan memberikan kepercayaan jika bisnis yang Anda jalankan selama ini selalu jujur dalam memperkenalkan produknya dan dari cara jualan yang dilakukan.

Karena itu, sampaikan apa adanya kelebihan dari produk dan layanan bisnis Anda serta tidak perlu menutup-nutupi potensi kekurangan yang ada. Pastikan konsumen membeli produk Anda karena telah mengetahui kelebihan sekaligus kekurangan produk. Jangan membeli karena tertipu oleh kalimat manis yang Anda sampaikan atau karena melihat konten pada media promosi yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Bertanggung Jawab Terhadap Produk yang Dijual

Hindari strategi “Hit and Run” pada cara berjualan, karena strategi tersebut menunjukkan sikap yang tidak bertanggungjawab kepada konsumen terhadap produk dan bisnis yang Anda jalankan.

Saat Anda menjual sebuah produk, itu berarti Anda bertanggungjawab penuh terhadap produk tersebut, baik pada saat produk masih belum laku sampai dengan produk di tangan konsumen. Jangan lantas setelah berada di tangan konsumen, Anda lantas cuci tangan jika terjadi sesuatu yang terkait dengan kesalahan produksi.

Jika memang dalam akad jual-beli, ada perjanjian terkait garansi, maka berikan garansi tersebut sesuai dengan aturan yang telah disepakati bersama. Menjadi nilai tersendiri jika Anda juga memperhatikan after sales service terhadap produk yang Anda jual.

Itulah cara berjualan yang sesuai dengan etika bisnis yang wajib untuk diketahui para pebisnis, agar bisnis yang Anda jalankan dapat berkesinambungan. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments