Cara Bermain Kendang Sederhana

Cara Bermain Kendang Sederhana

Alat musik kendang sudah tak asing apalagi bagi pecinta musik dangdut. Alat musik yang dapat dipergunakan dengan cara dipukul dengan tangan dan merupakan alat musik yang terbilang sederhana hanya dengan tapak atau telapak tangan saja alat musik ini sudah bisa untuk mengiringi lagu.

Ada bagian di sisi kanan dan sisi kiri yang bisa ditepuk atau dipukul dengan telapak tangan kita, dan akan menghasilkan bunyi alat musik yang sangat nyaman didengar.

Baca juga  Belajar Gitar Lengkap: Cord, Kunci Dasar Gitar & Tipsnya
Cara Bermain Kendang Sederhana

Namun juga jika asal memukul saja, maka gak akan bisa enak didengar, harus dilakukan dengan cara atau teknik-teknik khusus bermain kendang, ada teknis mendasar cara bermain kendang yang bisa dijadikan referensi kita yang ingin belajar bermain kendang.

Berikut teknik-teknik dasar bermain kendang yang bisa kita pelajari.

Misalnya cara memukul kendang sendiri dengan memukul pada bagian tepi atau pingir kendang, dengan menggunakan empat jari kita, akan menghasilkan suara dhah, sedangkan memukul bagian tengah dengan tapak tangan serta semua jari-jari tangan kita sendiri akan menghasilkan Bunyi “thung”.

Baca juga  Alat Musik Sape Untuk Mengiringi Acara Suku Dayak Kalimantan

Sedangkan untuk bunyi tak pada bagian kendang kecil dengan jari-jari kita, ataua telapak tangan kiri kita, maka akan berbunyi nada tak. 

Pertama kali yang harus kita lakukan adalah tangan kita usahakan rileks dan jangan terlalu tegang harus luwes karena jari-jari akan aktif terus mengikuti ketukan lagu, hanya feeling dan perasaan sesuai dengan nada lagu, harus memukul secara bergantian dengan nada yang tidak membosankan.

Baca juga  Mengungkap Fakta Dibalik Arti Kesenian dan Alat Musik" Tarawangsa "Yang Wajib Anda Ketahui

Nah itu tadi teknik singkat bermain kendang yang bisa kita jadikan pertimbangan dan cara mempelajari bermain kendang khususnya bagi kalian pemuka yang baru sedang belajar.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Zaenal