Cara Cek Plagiarism dalam Skripsi

Cara Cek Plagiarism dalam Skripsi 1

Sebelumnya saya akan menjelaskan jenis-jenis plagiarism.

1. Plagiarisme ide atau gagasan

Plagiarisme yang satu ini sulit dibuktikan karena bersifat abstrak dan sangat besar kemungkinannya memiliki kesamaan dengan orang lain. Bentuk Dari plagiarism ini adalah saat tidak mencantumkan sumber dari adaptasi, gubahan, tafsir, terjemahan (dalam Undang-Undang Hak Cipta dinamakan karya turunan atau derivatif).

2. Plagiarisme kata demi kata

Plagiarisme ini adalah mengutip kata demi kata tanpa mencantumkan nama penulisnya. Bentuknya substantial, sehingga ide penulis benar-benar terambil. Banyak dijumpai pada karya tulis saat ini.

3. Plagiarisme sumber

Plagiarisme ini tidak menyebutkan nama penulis atau contributor lainnya. Hal ini sangat merugikan penulis dan contributor lainnya.

4. Plagiarisme kepengarangan

Plagiarisme ini berarti mengambil karangan yang telah orang lain tanpa izin. Untuk menghindari penjiplakan yang tidak kredibel. Atau penjiplakan tanpa unsur kesengajaan kamu dapat menggunakan aplikasi-aplikasi berikut :

1. Plagiarisma

Kelebihan plagiarisma adalah mendukung 190 bahasa. Kamu juga bisa memeriksa konten baik dengan menyalin teks yang akan diperiksa, menggunakan URL, dan mengunggah file dari perangkat. Cukup mudah bukan?

Adapun jenis file yang didukung oleh tools plagiarism aini adalah : HTML, TXT, DOC, DOCX, PDF, PDB, RTF, EPUB, FB2, XLSX. Kamu bisa mengaksesnya dengan gratis namun dengan limit tertentu setiap harinya.

2. Plagiarism checker

Aplikasi ini merupakan aplikasi online dengan limit tertentu setiap harinya juga. Sama dengan aplikasinya sebelumnya kamu dapat menyalin teks nya atau memasukkan alamat situs plagiarism yang ingin dicek.

3. Grammarly

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengecek tatanan Bahasa apakah sudah sesuai dengan kaidah penulisan yang benar atau tidak. Grammarly menjangkau pendeteksian 8000 halaman website. Kelebihan tool ini adalah bisa cek kesalahan penulisan, penyusunan kata, konsistensi dan sebagainya. Ini juga memberi skor tingkat plagiarism yang diberikan.

4. Copyleaks

Aplikasi cek plagiat online yang satu ini cukup popular. Aplikasi ini mampu mendeteksi konten plagiat dalam 100 bahasa.  Kelebihan tool ini adalah memberikan penilaian otomatis, terintegrasi dengan Ms Word dan Google Doc, serta mampu membandingkan dua konten tulisan sekaligus.

5. Playscan

Aplikasi ini cocok digunakan untuk mengetahui konten online yang diduplikat, jurnal ilmiah hingga dokumen. Untuk menggunakan alat ini  kamu bisa memakainya dengan menyalin teks di kotak pengecekan yang tersedia, menggunakan file dari desktop, atau menempelkan URL web dari konten yang ingin dicek. Kekurangan aplikasi ini adalah hanya tersedia dalam basis berbayar.

Jika kamu memang harus terpaksa menggunakan kata-kata dari orang lain jangan lupa sematkan tanda kutip dan kreditnya. Ini akan menghindari plagiarism.

Tambahan, jika dan hanya jika dosen memberikan  atau kampus menyediakan akun Turnitin secara gratis. Maka kamu bisa meminta password dan username akun student kepada dosen, tutor, atau instruktur. Kadang ada kampus yang memberikan pelatihan dalam penggunaan aplikasi yang satu ini, tergantung kebijakan kampus. Untuk Langkah selanjutnya kamu bisa mencari tutorial video dalam penggunaan aplikasi-aplikasi yang sudah saya jelaskan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu. Kalau kamu memiliki saran lain boleh tambahkan di kolom komentar ya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ganda Marina