Cara Cermat Atur Gaji Bulanan


Cara Cermat Atur Gaji Bulanan 1

Apakah kamu baru saja mendapatkan pekerjaan dan baru akan menerima gaji setiap bulannya? Atau kamu sudah lama bekerja dan terbiasa dengan gaji bulanan? Sepertinya siapapun yang sudah memiliki pendapatan pasti rasanya sangat bangga karena sudah bisa menjadi orang yang berpenghasilan untuk bisa menghidupi atau membiayai diri sendiri, keluarga dan lain sebagainya.

Perasaan senang saat mendapatkan gaji di awal bulan biasanya berbeda dengan perasaan di akhir bulan karena keadaan uang yang semakin menipis, bahkan terkadang habis begitu saja alias “gaji hanya numpang lewat” kalo kata peribahasanya. Mulai dari bayar sewa rumah, bayar cicilan ini dan itu, beli kebutuhan diri sendiri dan keluarga juga lain-lain yang biasanya tidak terasa perginya entah kemana saja.

Nah untuk membuat gaji bulanan kamu supaya teratur dan bisa dinikmati kapan saja, kamu harus pintar-pintar mengaturnya dengan sedemikian rupa, sehingga kamu tidak selalu makan nasi dengan mie atau nasi dengan kerupuk setiap akhir bulannya ya. Mungkin saat ini kamu statusnya masih sendiri, tapi bagi yang sudah memiliki keluarga, tips mengatur uang harus sangat diatur dengan baik, agar istri dan juga anak kita bisa terus bahagia dengan pendapatan yang kita miliki kapan saja.

Untuk mengatur gaji bulanan kamu lebih tepat, kamu bisa melihat tips dibawah ini.

1.Membuat anggaran pengeluaran

Cara Cermat Atur Gaji Bulanan 3

Jika kamu termasuk orang yang sangat boros, kamu perlu hati-hati dengan gaji bulanan yang kamu miliki. Karena, gaji yang kamu punya itu pasti habisnya akan sangat cepat. Entah itu beli baju, makan-makan, traktir sana sini atau membuat pengeluaran yang tidak penting dan lupa deh gaji yang ada habis dibelikan untuk keperluan apa saja.

Menghindari hal tersebut sekaligus kamu belajar cara berhemat, penting sekali untuk kamu agar bisa membuat anggaran pengeluaran dengan rinci. Kenapa demikian? Hal itu supaya apa yang kamu beli bisa terlihat, mana yang kamu butuhkan dan mana yang kamu inginkan. Kamu juga bisa lihat apa saja yang harus dibayar terlebih dahulu sebelum membeli yang lain-lain.

Dengan adanya anggaran, kamu juga bisa tahu, berapa kira-kira uang yang akan terpakai selama sebulan dan sisa dari uang yang bisa kamu simpan atau tabung. Jadi, buat anggaran dengan terperinci, supaya pengeluaran kamu masih sesuai dengan budget yang dimiliki.

2.Teratur membayar cicilan dan hutang

Cara Cermat Atur Gaji Bulanan 4

Hampir setiap orang bekerja, memiliki gaji, lalu dipakai gaji tersebut untuk membayar cicilan. Jika kamu memiliki cicilan, maka jangan lupa untuk membayarnya. Jangan sampai kamu lupa diri dengan terus menambah cicilan yang ada dengan cicilan-cicilan yang baru.

Jika seperti itu, bukannya kamu akan mapan, selama kamu bekerja kamu hanya menghabiskan waktu dan uang yang kamu punya hanya untuk membayar cicilan. Belilah sesuatu setelah cicilan tersebut lunas, atau kamu bisa membeli sesuatu yang masih sesuai dengan anggaran.

3.Buat rekening tabungan khusus

Cara Cermat Atur Gaji Bulanan 5

Mungkin kamu saat ini memiliki satu rekening bank untuk masuknya dan keluar uang, kamu juga memakai rekening tersebut saat melakukan pembayaran pada setiap transaksi belanja. Hal itu bisa membuat kamu sedikit pusing dengan uang yang kamu anggarkan untuk ini itu dan yang sebaiknya disimpan berapa.

Oleh karena itu, kamu perlu membuat rekening khusus untuk tabungan dan rekening khusus untuk bertransaksi. Resikonya apa jika memiliki dua rekening terpisah? Bisa saja kamu jadi terkena biaya adminnya jadi double karena memiliki dua rekening. Jika kamu mengirim dana ke rekening lainnya kamu juga terkena biaya admin. Tapi, saat ini sudah ada beberapa aplikasi atau perusahaan perbankkan yang memiliki pelayanan lebih baik, seperti bisa membuka akun lebih dari satu, memiliki biaya admin lebih kecil, bunga lebih besar, dan keuntungan lain yang akan membuat kamu tidak rugi.

Dengan melakukan tiga poin diatas, semoga saja kamu bisa benar-benar menerapkannya dengan baik ya, dan bisa lebih memilih mana yang kamu inginkan dan mana yang kamu butuhkan untuk kamu beli atau cicil, agar bisa menyimpan dan mengatur gaji bulanan dengan cermat. Selamat mencoba.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fina Fauziah

   

Penulis Artikel | Moderator Online | Content Creator | Voice Over

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap