Cara Efektif Mengatasi Android Bootloop Tanpa PC

Cara Efektif Mengatasi Android Bootloop Tanpa PC

semakin hari semakin berkembang, hal tersebut dibarengi dengan masalah yang timbul pada tersebut. Pada Handphone misalnya, dulu masalah pada handphone hanya seputar keyboard rusak, baterai cepat habis, dan lain sebagainya. Namun semakin berkembangnya tersebut, maka semakin banyak masalah yang timbul seperti bootloop, touch screen tidak berfungsi, dan masih banyak lagi.

Membahas soal gadget, kita bisa jauh dari yang namanya . Sistem Operasi pada yang paling banyak digunakan didunia, meskipun begitu tetap saja ia tidak luput dari masalah yang timbul. Masalah yang sering dirasakan oleh penggunakan yaitu Bootloop, dimana kita saat dihidupkan hanya menampilkan logo tidak mau menampilkan menu.

Baca juga  Bisnis Simpel Menarik dan Menguntungkan

Mengatasi Bootloop Tanpa PC

Pada umumnya masalah Bootloop terjadi karena Handphone yang tidak bisa masuk kedalam sistem software tersebut. Banyak hal yang membuat handphone gagal masuk kedalam sistem software , bisa kesalahan pengguna ataupun kesalahan sistem.

 

Restart

Bootloop terbagi menjadi dua bagian, bootloop ringan yang mudah diatasi, dan bootloop berat dimana untuk memperbaikinya kamu harus reset sistem tersebut. Untuk bagian bootloop ringan, masih bisa diatasi dengan cara restart handphone mu.

Caranya kamu bisa matikan terlebih dahulu, lepas semua yang terpasang pada handphonemu, diantaranya Sim Card, SD Card, dan Baterai. Namun jika handphone kamu menggunakan baterai tanam, kamu hanya perlu melepas Sim Card, dan SD Card.

Baca juga  Spesifikasi Minimal Agar Smartphone Bekerja Maksimal

Tunggu beberapa saat, setelah itu kamu bisa langsung nyalakan. Jika sudah masuk ke menu, kamu bisa langsung memasang sim card dan sd card kembali.

 

Recovery Mode

Pada umumnya yang terkena masalah Bootloop diharuskan untuk menghapus seluruh data yang ada pada sistem tersebut. Namun terkadang ada data penting yang tidak ingin kita hapus, oleh karena itu kamu harus mencoba Recovery Mode terlebih dahulu.

Baca juga  Aplikasi Karaoke Terbaik untuk Kamu yang Doyan Nyanyi

Cara masuk kedalam Recovery Mode sangatlah mudah, pastikan Android dalam keadaan mati, lalu tekan Volume Up dan Power secara bersamaan. Akan muncul sebuah menu, pilih Wipe Cache Partition, dan pilih Yes.

 

Factory Reset

Jika kamu telah mencoba Recovery Mode namun belum berhasil mengatasi Bootloop pada Android. Kamu bisa mencoba Factory Reset, dimana kamu mengatur ulang sistem android ke pengaturan pabriknya.

Factory Reset bisa dilakukan dengan menekan tombol Volume Up dan Power secara bersamaan saat keadaan mati. Lalu pilih Wipe Data/Factory Reset, terakhir pilih Yes.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

R Setiawan