Cara Ini terbukti Efektif untuk Promosi Bisnis Properti


bisnis properti

Promosi bisnis properti masih sangat dibutuhkan, kendati permintaan akan hunian saat ini sangat besar, terlebih di kota-kota besar. Hal tersebut dapat dilihat dari dibangunnya rumah-rumah susun dan apartemen-apartemen disebabkan karena keterbatasan lahan sementara permintaan pasar sedemikian besar.

Meski angka permintaan sangat tinggi dan dari tahun ke tahun terus meningkat, namun ternyata masih saja ada developer yang gagal dalam memasarkan produknya. Bahkan tidak sedikit proyek-proyek yang gagal diserahterimakan kepada kembali karena berhenti di tengah jalan.

Jika kondisinya sudah sampai separah itu, maka nama baik pengembang yang dipertaruhkan, karena hal tersebut dipastikan bukan karena persoalan kurangnya permintaan pasar, melainkan karena ketidakberesan promosi bisnis properti yang dilakukan pengembang. Untuk mengatasi hal tersebut maka ada baiknya cara-cara promosi bisnis properti di bawah ini dipraktikkan di lapangan.

Memahami Kebutuhan Pasar

Cara Ini terbukti Efektif untuk Promosi Bisnis Properti 1

Apartemen atau perumahan memang dapat dibeli oleh siapapun yang bertempat tinggal dimanapun. Namun harus disadari bahwa prosentase pembeli perumahan yang paling besar radius tempat tinggalnya sekitar 5 km dari lokasi proyek. Kalaupun ada yang tinggal jauh dari lokasi proyek, hal tersebut karena kondisi tertentu sehingga jumlahnya bisa dihitung dengan jari.

 

Untuk itu sebelum melangkah ke promosi properti, bahkan sebelum meletakkan batu pertama untuk mengawali proses pembangunan, harus terlebih dahulu dilakukan survey terhadap kondisi masyarakat yang tinggal dalam radius 5 km dari lokasi proyek. Pelajari betul seperti apa kondisi masyarakat, mulai dari demografinya, profesinya, tingkat penghasilan rata-rata sampai dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Dengan cara itu akan dapat diketahui kemampuan daya beli masyarakat, sehingga dapat diputuskan jenis rumah seperti apa yang dapat diterima oleh masyarakat dan dengan kisaran harga berapa?

Jika kemampuan daya beli masyarakat dalam membeli perumahan kurang dari Rp.500 juta, maka jangan berharap perumahan yang dijual seharga Rp.1 miliar bisa laku, meski promosi bisnis properti telah dilakukan dengan gencar dan dengan berbagai macam cara.

Untuk itu, daripada memaksakan harga yang tinggi dengan konten yang mewah, akan lebih baik jika menurunkan harga meski konsekuensinya harus mengubah konten seperti desain, bahan, warna dan sebagainya agar harga dapat ditekan lebih murah.

 

Brand Activation

Cara Ini terbukti Efektif untuk Promosi Bisnis Properti 2

Setelah harga disesuaikan dengan kemampuan dan daya beli masyarakat, barulah promosi bisnis properti bisa dilangsungkan dengan gencar, salah satu diantaranya dengan menggelar brand activation atau aktivasi merek yang dilakukan lewat serangkaian aktifitas menarik yang rutin digelar di kantor pemasaran atau di lokasi proyek, misalnya sebulan sekali dengan tema yang selalu berbeda setiap bulannya.

Dalam special event tersebut tentunya di lokasi acara dihiasi dengan berbagai macam billboard, spanduk, maket proyek, berbagai iklan yang dimuat di media cetak, televisi, media online dan sebagainya yang bertujuan untuk lebih mengenalkan customer terhadap proyek perumahan yang ditawarkan. Lewat cara ini, sales yang mengundang customer untuk datang ke lokasi acara akan lebih mudah dalam meyakinkan customer untuk merealisasikan pembelian.

Setelah aktivitas promosi selesai digelar, lakukan evaluasi secara menyeluruh untuk mengetahui efektivitas dari kegiatan promosi bisnis properti yang telah digelar. Dengan dilakukannya evaluasi, akan dapat diketahui media promosi mana yang paling efektif digunakan sehingga pengalokasian budget marketing lebih terarah dan tepat ke sasaran.

 

Pemanfaatan Media Promosi

Cara Ini terbukti Efektif untuk Promosi Bisnis Properti 3

Untuk dapat mendongkrak penjualan, pihak developer harus membangun hubungan baik dengan media pemberitaan, agar progres pembangunan dapat senantiasa terekspose dan pemberitaan tersebut akan sangat mendukung dalam promosi bisnis properti.

Selain pemberitaan melalui media massa, lakukan pula promosi secara intensif dengan menggunakan media digital,  karena bagaimanapun juga peran  internet saat ini tidak dapat diabaikan seiring dengan pesatnya pertumbuhan pengguna internet baik dengan menggunakan komputer maupun piranti mobile.

Demikian cara-cara promosi bisnis properti yang dapat dipraktikkan di lapangan, agar proyek tidak gagal serta terjual sebagaimana yang diharapkan. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap