Cara Kerja Recyclerview di Android


Cara Kerja Recyclerview di Android 1

Halo sobat koding. Sebelumnya gw mau cerita dulu nih, kemaren gw berkesempatan untuk interview kerja dengan salah satu startup terbesar di Indonesia. Dan ada salah satu pertanyaan yang menarik buat dibahas yaitu cara kerja recyclerview. Oiya sebelum itu apa itu RecyclerView dan bagaimana cara kerjanya.

RecyclerView adalah suatu grup tampilan untuk kontainer yang bisa digulir. Ini ideal untuk daftar item serupa yang panjang.

Kelas RecyclerView adalah versi ListView yang lebih canggih dan lebih fleksibel. Widget ini adalah kontainer untuk menampilkan rangkaian data besar yang bisa digulir secara sangat efisien dengan mempertahankan tampilan dalam jumlah terbatas. Tapi tau tidak ada juga cara manual untuk membuat list view seperti RecyclerView. Yap… caranya adalah dengan memperpadukan scrollview, horizontal view, dan item. Seperti dibawah ini untuk kodenya

Cara Kerja Recyclerview di Android 3

Dan hasilnya tidak jauh beda dengan memakai RecyclerView. Berikut tampilan yang terlihat:

Cara Kerja Recyclerview di Android 4

Setelah melihat cara yang manual pasti akan bertanya-tanya kenapa tidak memakai cara manual saja? toh sama-sama juga hasilnya. Nah mungkin apa yang dilihat sama tapi cara kerjanya berbeda dan tentu penggunaan memori. Cara manual tidak efektif kalau dari segi penggunaan untuk daftar data yang panjang. Oleh sebab itu, kita lebih baik menggunakan RecyclerView.

Kenapa RecyclerView? Saat kita menampilkan banyak item dalam daftar yang bisa digulir, sebagian besar item tidak terlihat. Misalnya, dalam daftar kata yang panjang atau banyak judul berita, pengguna hanya melihat sedikit item daftar untuk setiap kalinya.

RecyclerView digunakan untuk menampilkan daftar kata dari database

Atau, kita bisa memiliki kumpulan data yang akan berubah saat pengguna berinteraksi dengannya. Jika kita membuat tampilan baru setiap kali data berubah, itu juga membuat banyak tampilan, bahkan untuk kumpulan data yang kecil.

Dari perspektif kinerja, kita bisa meminimalkan jumlah tampilan yang disimpan pada titik tertentu (Memori), dan jumlah tampilan yang harus Anda buat (Waktu). Kedua tujuan ini bisa dicapai dengan membuat agak lebih banyak tampilan daripada yang bisa dilihat pengguna pada layar, dan buat cache serta gunakan kembali tampilan yang dibuat sebelumnya dengan data berbeda saat pengguna menggulir ke dalam dan ke luar tampilan.

Membuat cache tampilan RecyclerView

Pada RecyclerView hanya menggunakan tampilan dalam jumlah terbatas yang digunakan kembali saat tampilan tersebut tidak tampak di layar. Hal ini menghemat memori dan mempercepat pembaruan item daftar saat pengguna menggulir data, karena tidak perlu membuat tampilan baru untuk setiap item yang muncul.

Secara umum, RecyclerView menyimpan sebanyak mungkin tampilan item yang muat di layar, plus sedikit tambahan pada setiap akhir daftar untuk memastikan pengguliran berjalan cepat dan lancar.

Adapun komponen-komponen dari RecyclerView:

  • Data : Tidak penting dari mana asal data. Anda bisa membuat data secara lokal, seperti yang Anda lakukan dalam latihan, mendapatkannya dari database perangkat seperti yang akan Anda lakukan dalam praktik nanti, atau menariknya dari awan.
  • RecyclerView: Daftar gulir yang berisi item daftar.Instance RecyclerView sebagaimana didefinisikan dalam file layout aktivitas Anda akan bertindak sebagai kontainer tampilan.
  • Layout untuk satu item data:  Semua item daftar tampak sama, sehingga Anda bisa menggunakan layout yang sama untuk semuanya. Layout item harus dibuat secara terpisah dari layout aktivitas, sehingga satu per satu tampilan item bisa dibuat dan diisi data.
  • Pengelola layout: Pengelola layout menangani penyusunan (layout) komponen antarmuka pengguna dalam suatu tampilan. Semua grup tampilan memiliki pengelola layout. Untuk LinearLayout, sistem Android menangani layout untuk Anda. RecyclerView memerlukan pengelola layout eksplisit untuk mengelola susunan item daftar yang terdapat di dalamnya. Layout ini bisa vertikal, horizontal, atau berupa petak.Pengelola layout adalah instance dari Recyclerview.LayoutManager untuk menyusun layout item dalam RecyclerView.
  • Adapter: Adapter menghubungkan data Anda dengan RecyclerView. Adapter menyiapkan data dan cara menampilkan data dalam view holder. Bila data berubah, adapter akan memperbarui materi tampilan item daftar terkait dalam RecyclerView.Adapter juga merupakan ekstensi dari RecyclerView.Adapter. Adapter menggunakan ViewHolder untuk menampung tampilan yang menyusun setiap item dalam RecyclerView, dan mengikat data untuk ditampilkan dalam tampilan yang menampilkannya.
  • View holder: View holder memperluas kelas ViewHolder. View holder berisi tampilan informasi untuk menampilkan satu item dari layout item.View holder digunakan oleh adapter untuk menyediakan data, yang merupakan ekstensi dari RecyclerView.ViewHolder

Jadi kesimpulan yang bisa didapatkan pada pembahasan kali ini adalah pemakaian RecyclerView jauh lebih efektif dalam menampilkan daftar data yang panjang.

Mungkin itu dulu dari gw, semoga bermanfaat untuk kalian semua

See you..


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

silverTaurus11

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments