Cara Melamar Kerja Melalui Email Supaya Lamaran Kamu Diterima


Cara Melamar Kerja Melalui Email Supaya Lamaran Kamu Diterima 1

Dalam kondisi seperti sekarang ini banyak perusahaan yang mengurangi karyawan karena terdampak pandemi Covdi-19, tak sedikit perusahaan yang memberhentikan pekerjanya lantaran mengalami kesulitan keungan dan tingkat produktivitas menurun.

Banyak orang yang kesulitan mencari pekerjaan, tak sedikit masyarakat yang terus berusahan mendapatkan pekerjaan lagi, meskipun saat ini untuk mencari lowongan pekerjaan sangat mudah bisa dengan cara online, bahkan mengajukan lamaran pekerjaan juga bisa melalui surat elektronik atau email.

Dengan mengirikan lamaran kerja melalui email, pencari kerja tidak perlu mendatangi langsung perusahaan yang dituju sehingga bisa menghemat biaya pengeluaran.

Namun yang menjadi kendala adalah saat melamar pekerjaan yang diinginkan, tidak sedikit para pencari kerja yang gagal atau ditolak lamarannya.

Banyak faktor yang menyebabkan surat lamaran kerja yang dikirimkan melali email ditolok bahkan mungkin tidak dibaca sama sekali oleh tim penyeleski kerja. Biasanya tidak ada subjek email, dokumen tidak lengkap atau faktor usia yang tidak sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Buat kamu yang sering gagal ketika melamar pekerjaan melalui email, berikut ini beberapa cara supaya lamaran pekerjaan kamu diterima meski dikirimkan melalui email.

1. Gunakan Foto Profil pada Email

Pastikan sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan, email kamu menampilkan foto kamu. Karena, foto profil dalam email sangat penting, denagn begitu perusahaan bisa mengetahui keseriusan kamu dalam melamar pekerjaan.

2. Menggunakan Nama Lengkap

Jika ingin mengirim lamaran pekerjaan melalui email, pastikan tercantum nama lengkap kamu, terutama pada alamat email. Hindari penulisan nama dengan panggilan singkat, dan nama yang ‘alay’ atau berlebihan, dan gunakan alamat email yang sesuai dengan nama kamu, jangan memakai alamat email dengan nama yang aneh atau sulit baca.

3. Subjek Email

Subjek email akan mempermudah tim penyeleksi perusahaan untuk melihat posisi apa yang kamu lamar. Jadi, sebelum mengirimkan lamaran via email, pastikan sesuaikan subjek email dengan posisi yang ingin kamu lamar, atau sesuai dengan perintah iklan lowongan kerja pada perusahaan tersebut.

4. Kalimat Pembuka Pesan

Tulis kalimat pembuka pesan pada email kamu, agar email yang kamu kirimkan terlihat lebih sopan terhadap perusahaan. Sampaikan maksud dan tujuan kamu dalam mengirim email.

Jangan lupa juga perkenalkan nama kamu di body teks email dan juga menuliskan ucapan salam, contohnya, Salam sejahtera untuk kita semua, Perkenalkan nama saya Eefendi, melalui email ini saya mengirimkan surat lamaran pekerjaan di perusahaan ini.

5. Format Berkas Lamaran

Berkas lamaran yang kamu kirim, sebaiknya digabungkan menjadi satu file dengan format PDF dan pastikan ukurannya tidak terlalu besar. supaya tim penyeleksi dari perusahaan lebih mudah mengunduh berkas lampiran lamaran kamu.

6. Urutan Berkas Lamaran

Saat mengirimkan email, cantmkan berkas-berkas lamaran di email sesuai dengan urutannya, supaya terlihat rapih dan mudah dibaca oleh pihak perusahaan.

Berikut ini susunan urutan saat melampirkan berkas lamaran via email:

  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Surat Lamaran Pekerjaan
  3. Scan Ijazah
  4. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Scan Sertifikat
  6. Scan Berkas Pendukung Lainnya.

Itulah tips mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email, selamat mencoba dan semoga berhasil.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Bangjek

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap