Cara Melatih Pola Pikir


Cara Melatih Pola Pikir 1

Mindset (Pola pikir) adalah cara menilai dan memberikan kesimpulan terhadap sesuatu berdasarkan sudut pandang tertentu. Pola pikir tersebut dihasilkan dari kebiasaan kita sehari-hari dalam melakukan suatu pekerjaan, ataupun memutuskan suatu hal untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dan pola pikir yang dimiliki setiap orang tentunya berbeda-beda, meskipun mereka terlahir dari ibu yang sama dan dibesarkan dalam satu keluarga yang sama. Walaupun pada kenyataannya pola pikir tiap orang berbeda-beda, pola pikir sendiri dapat dilatih dan dibentuk agar dapat membawa manfaat bagi diri kita pribadi juga orang lain.

Seperti dikutip dari Instagram @pondasisukses, berikut beberapa cara untuk melatih pola pikir yang bisa kita terapkan dalam keseharian kita.

1. Belajar

Cara Melatih Pola Pikir 3

Belajar menjadi cara pertama untuk melatih pola pikir. Karena dengan belajar kita bisa mengevaluasi diri kita sendiri mulai dari cara kita bertindak/ melakukan sesuatu, sampai dengan kesalahan apa saja yang telah membuat kita gagal, kemudian kita berusaha lagi dengan cara lain agar hasil yang didapat benar-benar sesuai keinginan. Nah, dalam proses mencoba lagi itulah pola pikir kita berubah. Pikiran kita dengan sendirinya mencari jalan, dari yang semula mungkin takut mencoba, terbiasa dengan cara kerja yang sederhana dan monoton, kemudian tertantang untuk mencoba cara lain yang lebih baik. Dan alangkah baiknya jika belajar dilakukan setiap hari, agar pikiran kita senantiasa aktif.

2. Keluar dari zona nyaman

Cara Melatih Pola Pikir 4

Cara berikutnya adalah keluar dari zona nyaman. Zona nyaman disini memiliki makna yang luas. Bisa berarti pindah tempat tinggal ke lingkungan yang lebih baik, atau pindah ke tempat kerja yang memiliki budaya juga lingkungan kerja yang lebih positif, atau bisa juga mencoba/ belajar hal-hal baru yang berbeda dengan jurusan saat kuliah. Apapun itu maknanya, keluar dari zona nyaman sangat diperlukan pada kondisi seperti sekarang ini. Pandemi yang berkepanjangan saat ini memaksa setiap orang untuk memiliki keterampilan lebih dari satu bidang demi mempertahankan hidup. Dari keadaan yang serba memaksa dan terbatas inilah pikiran kita dilatih secara otomatis untuk merubah polanya, dan mau tak mau harus mau meninggalkan zona nyamannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari setiap usaha yang telah dilakukan. Contoh sederhana, sebelum pandemi seseorang terbiasa berjualan makanan ringan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun saat pandemi melanda, seseorang tersebut harus memutar otak untuk melakukan pekerjaan lain selain berjualan makanan ringan guna memenuhi kebutuhan hidup.

3. Menulis semua impian

Cara Melatih Pola Pikir 5

Setiap orang pasti memiliki impian yang berusaha untuk diraih dan diwujudkan, entah bagaimanapun caranya. Dan impian tersebut sebenarnya adalah alat untuk mengukur kapasitas kita dalam bekerja, dan seberapa tinggi semangat kita untuk mewujudkan impian itu. Memang tidak semua impian bisa langsung terwujud dalam satu hari, semuanya membutuhkan waktu, dan semua melalui proses. Oleh karena itu, agar impian kita bisa sejalan dengan ritme hidup kita dan sesuai dengan perencanaan, kita perlu menuliskan impian itu dalam sebuah buku kecil. Dengan menuliskan semua impian itu, secara otomatis pikiran kita akan berjalan mencari cara bagaimana mewujudkan impian itu satu persatu. Dengan begitu hidup kita akan tetap berjalan dengan teratur.

4. Olahraga

Cara Melatih Pola Pikir 6

Olahraga sangat diperlukan dalam melatih pola berpikir. Mengapa demikian? Karena dengan berolahraga menggerakkan seluruh anggota badan, sirkulasi darah dan udara dari jantung ke otak berjalan dengan baik, maka otak akan tetap bisa berpikir dengan jernih dalam mencari jalan keluar dari setiap masalah. Olahraga memberikan ruang dan kesempatan pada tubuh dan kulit untuk mengganti sel-sel yang telah rusak dan mati dengan sel-sel baru yang lebih aktif, sehingga mampu memberi sinyal pada otak untuk berpikir lebih kreatif.

5. Perbanyak membaca koran

Cara Melatih Pola Pikir 7

Koran adalah salah satu sumber berita yang banyak dibaca oleh orang-orang diseluruh dunia. Dengan membaca koran kita bisa mengetahui lebih banyak kejadian yang sedang terjadi ataupun yang telah terjadi di bagian bumi lain. Saat membaca koran, tidak hanya indera penglihatan kita saja yang bekerja, namun mulut kita ikut membaca, hati kita ikut merasakan setiap kejadian yang ditulis di surat kabar, dan pikiran kita juga ikut berpikir, menganalisa,  bahkan menerawang setiap peristiwa yang diberitakan dalam koran tersebut. Oleh sebab itu, memperbanyak membaca koran juga menjadi salah satu cara untuk melatih pola berpikir.

6. Meditasi

Cara Melatih Pola Pikir 8

Cara yang terakhir untuk melatih pola berpikir adalah dengan meditasi. Dengan meditasi berarti kita mengistirahatkan pikiran kita sejenak dari rutinitas dan kerumitan hidup sehari-hari. Meditasi membantu otak kita untuk lebih tenang dalam berpikir, dan lebih siap dalam menjalani hari-hari esok, serta lebih terorganisir dalam mengambil suatu keputusan. Tidak tergesa-gesa, dan tidak dalam keadaan terpaksa. Bagaimanapun juga, kita tidak bisa memaksa pikiran kita untuk terus hidup dan aktif setiap harinya. Ada saatnya pikiran kita butuh istirahat dan asupan gizi seimbang agar sel-sel didalamnya mampu memperbarui diri agar kita juga bisa berpikir dengan jernih.

Itulah beberapa cara yang bisa saya bagi untuk melatih pola berpikir. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan sudahkah Anda melakukan salah satu atau dua diantara 6 hal diatas? 😀

 


Dewi Mariya Ulfah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap